8 Tips agar Makeup Tahan Lama pada Wajah Berminyak saat Liburan Tahun Baru

10 December 2018, at 09:00
3
0
8 Tips agar Makeup Tahan Lama pada Wajah Berminyak saat Liburan Tahun Baru

Pemilik kulit berminyak pasti paham dengan betapa sulitnya mempertahankan makeup agar tetap nempel di wajah. Karena tak peduli mau musim panas atau hujan, riasan yang cantik bisa seketika bertransformasi menjadi kilang minyak.

Hal ini tentunya menyebalkan, apalagi sebentar lagi libur akhir tahun. Rencana untuk dapatkan foto kece bisa kacau kalau makeup luntur.

Nah, supaya kamu nggak mengalaminya, Qupas punya tips untuk wajah berminyak supaya makeup bisa tahan lama saat liburan tahun baru nanti. Simak langsung ya!

1. Gunakan Pembersih Khusus Wajah Berminyak

mencuci muka
istockphoto.com

Sebelum memulai berdandan, tentu kamu harus memastikan wajah bebas dari minyak dan segala kotoran dengan membersihkannya menggunakan sabun muka.

Nah, untuk tipe wajah berminyak baiknya memilih face wash yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid. Karena dua bahan ini efektif untuk membantu mengurangi produksi sebum.

2. Kompres Wajah dengan Es Batu

kompres muka dengan es batu
avoskinbeauty.com

Kamu mungkin sudah tahu kalau es batu bisa membantu memangkas tampilan pori-pori. Tapi mengompres wajah dengan es batu sebelum berdandan ternyata bisa membuat makeup jadi awet lho.

Caranya juga sangat mudah. Bungkus es batu pada kain atau handuk, lalu kompres ke wajah. Kamu bisa lakukan hal ini selama lima hingga sepuluh menit.

3. Gunakan Pelembab Wajah

menggunakan pelembab
rd.com

Penggunaan pelembab sangat penting untuk semua jenis kulit, apalagi kulit berminyak. Karena bila dilewatkan, produksi minyak akan bertambah lebih parah.

Nah, untuk pemilik wajah berminyak, baiknya gunakan pelembab yang bertekstur gel atau lotion yang ringan agar wajah tak terkesan semakin mengkilap.

4. Gunakan Primer

make over primer
femaledaily.com

Primer adalah rahasia dibalik riasan yang sempurna. Sebab alat makeup ini bisa mengatasi berbagai kekurangan pada wajah dan membuat hasil riasan jadi halus juga tahan lebih lama.

Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak tentunya tak boleh melewatkan penggunaan primer. Khususnya pada daerah T-zone (dahi, hidung, dagu) yang sering memproduksi minyak berlebih.

Baca juga: Rekomendasi Primer Berkualitas Harga 100 Ribuan untuk Tampilan Makeup yang Lebih Halus

5. Hindari Penggunaan Concealer pada Area Mata

menggunakan concealer pada mata
wordpress.com

Beberapa wanita suka memanfaatkan concealer sebagai pengganti primer mata. Tapi tahukah kamu, cara ini bisa menimbulkan creasing (kerutan) dan membuat riasan mata cepat pudar.

Maka dari itu, gunakan primer yang memang khusus untuk mata. Eye primer akan menyerap minyak penyebab creasing dan riasan mata bisa awet.

6. Hindari Penggunaan Bedak yang Tebal

menggunakan bedak terlalu tebal
adorebeauty.com.au

Mungkin banyak yang meyakini kalau mengaplikasikan bedak dengan tebal akan membuat wajah bebas dari kilap. Sayangnya hal ini tak sepenuhnya benar lho.

Sebab, penggunaan bedak secara berlebihan justru akan merangsang pori untuk memproduksi sebum. Jadi, gunakan bedak secukupnya saja dan pilihlah bedak tabur, karena formulanya lebih bersahabat dengan wajah berminyak.

7. Pilih Kosmetik yang Oil-free dan Tahan Lama

kosmetik oil free
blushingnoir.com

Pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya memilih berbagai produk kosmetik yang berlabel oil-free, non-comedogenic, waterproof, smudgeproof, dan long wear. Baik itu foundation, primer, sunscreen, bedak, ataupun alat makeup mata lainnya.

Meski terkadang harganya cukup menguras kantong, namun produk-produk ini tak akan mengecewakan. Sebab, formulanya akan mengurang produksi minyak dan membantu makeup tetap betah nempel di wajah cantikmu.

8. Selalu Siapkan Setting Spray

memakai setting spray
avoskinbeauty.com

Nah, yang terakhir dan tak boleh dilewatkan, selalu siapkan setting spray di tas kamu. Bagi yang belum familiar dengan produk ini, setting spray adalah pelapis makeup dengan tekstur cair yang fungsinya membuat riasan bertahan lama.

Setting spray bisa disemprotkan setelah selesai mengaplikasikan makeup atau kapanpun kamu membutuhkannya. Meski bentuknya cair, setting spray akan kering dengan sendirinya dan tak mengubah tekstur riasan sama sekali. Wajib dibawa saat liburan bukan?

Nah, itulah 8 tips untuk pemilik wajah berminyak supaya makeup kamu tak mudah luntur. Liburan tahun baru dijamin tambah menyenangkan!

0 Comment