8 Tips Memasak Nasi di Rice Cooker Supaya Lebih Wangi, Bikin Nafsu Makan Meningkat

25 February 2019, at 12:00
0
0
8 Tips Memasak Nasi di Rice Cooker Supaya Lebih Wangi, Bikin Nafsu Makan Meningkat

Untuk orang Indonesia, mengonsumsi nasi adalah sesuatu yang wajib ada saat makan. Nggak makan nasi, nggak kenyang. Betul?

Tapi, pernah nggak sih memiliki perasaan bosan makan nasi putih yang rasanya itu itu saja? Nah, ternyata ada beberapa tips menarik untuk memasak nasi di rice cooker agar beraroma wangi.

Kalau aroma nasi menjadi wangi, pasti nafsu makan akan bertambah dengan sendirinya. Berikut beberapa tipsnya khusus untuk kamu.

1. Memasak Nasi dengan Mentega

memasak nasi dengan mentega
spoonfulofbutter.com

Agar lebih praktis, kamu bisa menambahkan satu sendok mentega saat nasi dalam rice cooker sudah matang dan dapat diaduk. Mentega akan memberikan rasa gurih dan asin yang bikin nafsu makan bertambah.

Jangan lupa untuk mengaduknya kembali dan biarkan dalam rice cooker selama beberapa menit saja. Makan nasi dengan mentega dan kerupuk pun rasanya akan nikmat lho.

2. Tambahkan Irisan Daun Jeruk

menambahkan irisan daun jeruk
eatthegains.com

Daun jeruk memang sering kali ditambahkan saat memasak menu makanan pepes atau masakan yang mengolah ikan. Itu karena daun jeruk mampu memberikan aroma segar pada masakan.

Selain itu, daun jeruk dapat memberikan aroma yang awet menempel pada nasi. Taburkan sedikit irisan daun jeruk saat nasi sudah tanak dan tak perlu di aduk.

3. Beri Kayu Manis pada Nasi saat Memasak

menambahkan kayu manis pada nasi putih
sugarspiceandglitter.com

Ternyata menambahkan kayu manis pada nasi yang barusan matang, bisa memberikan aroma wangi yang lebih kuat. Tinggal beli saja kayu manis plastikan di pasar dengan harga Rp1.000,00 saja.

Lalu taruh di atas nasi dan tutup rice cooker. Buka setelah lima belas menit, maka nasi akan beraroma wangi sepanjang hari.

4. Memasak Nasi dengan Daun Pandan

memasak nasi dengan daun pandan
pinterest.com

Kalau cara yang ini terbilang cukup tradisional, yakni dengan menambahkan daun pandan ikat di dalam beras.

Daun pandan juga bukan hanya enak ditambahkan pada nasi, tapi juga pada kue maupun minuman.

Wangi aroma dan khasiatnya untuk tubuh yang tinggi, membuat daun pandan menjadi tambahan yang digemari oleh banyak orang.

Baca juga : Nggak Pakai Ribet, 8 Trik Ini Ampuh Awetkan Bahan Makanan Hingga Berbulan-bulan

5. Tambahkan Bawang Putih Goreng

tambahkan bawang putih goreng
thelittleepicurean.com

Selain menjadi bumbu halus pada makanan, bawang putih goreng juga bisa menjadi penambah aroma wangi pada nasi.

Dengan memberikan taburan bawang putih goreng pada nasi yang belum ditanak. Untuk yang tidak suka dengan rasa jenis umbi ini, boleh dengan hanya menaburkannya di atas nasi. Tujuannya supaya gampang saat menyisihkannya.

6. Memasak Nasi dengan Batang Serai

memasak nasi dengan batang serai
wikimedia.org

Ternyata batang serai atau Lemon Grass bisa ditambahkan saat memasak nasi. Sebelum dimasukkan, jangan lupa untuk menggeprek batang serai agar dapat memberikan aroma wangi yang maksimal.

Jangan lupa untuk membuangnya saat sudah matang. Tujuannya tentu supaya tidak ikut termakan juga.

7. Menambahkan Keju

menambahkan keju
thebeachhousekitchen.com

Kalau aroma harum keju pasti semua orang tak akan ada yang mampu menolaknya. Rasa gurih dan asam pada keju yang meleleh akan membuat ketagihan siapa saja yang menyantapnya.

Caranya dengan memarut keju di atas nasi, lalu aduk. Lelehan keju pasti bikin kamu jadi ingin makan banyak.

8. Memasak Nasi dengan Santan 

memasak nasi dengan santan
unsophisticook.com

Kalau memasak nasi dengan santan pasti sudah dilakukan oleh banyak ibu atau nenek saat menghidangkan makanan pokok ini di rumah.

Biasanya disebut dengan nasi uduk, gurih santan kental dicampurkan dengan beras bikin nendang di mulut. 

Terlebih kalau di tambahkan dengan berbagai rempah pilihan agar rasa lezatnya semakin nikmat. Seperti ketumbar dan cengkeh yang juga menjadi penambah aroma wangi pada nasi. 

Itulah delapan bahan masakan yang ternyata bisa menjadi penambah aroma wangi pada nasi. Gimana mau langsung mencobanya tidak?

0 Comment