8 Tips Memilih Olahraga Sesuai Karaktermu Biar Nggak Berhenti di Tengah Jalan

30 August 2018, pada 07:40
1
0
8 Tips Memilih Olahraga Sesuai Karaktermu Biar Nggak Berhenti di Tengah Jalan

Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah menerapkan pola hidup sehat yang mencakup pola makan, istirahat yang cukup, serta rutin berolahraga. Yap, beberapa cara itu memang telah terbukti bisa memberikan kebugaran dan kesehatan sehingga terhindar dari berbagai ancaman pada fisik maupun mental.

Bicara tentang pola hidup sehat, tentu saja mengonsumsi makanan sehat serta beristirahat yang cukup terbilang mudah dilakukan. Namun, bagaimana dengan olahraga? Sebab, sampai saat ini tidak sedikit orang yang sering mengabaikan olahraga dengan berbagai alasan, seperti lelah, malas, bahkan tidak ada waktu karena sibuk dengan pekerjaan.

salah satu olahraga yang banyak digemari
instagram.com/reebok/

Padahal, olahraga sangat penting dilakukan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita, anak kecil hingga olahraga. Olahraga sendiri merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan gerakan atau teknik tertentu dan dengan tujuan tertentu pula.

Sebab, kebanyakan orang saat ini berolahraga hanya untuk menurunkan berat badan, bukan untuk menjaga kesehatan. Jadi, ketika berat badannya sudah turun, maka dia tidak akan melakukan olahraga kembali.

olahraga menguji kekuatan otot
instagram.com/reebok/

Tentu saja hal itu tidak dibenarkan. Sebab, olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan atau diet saja, tapi masih ada segudang manfaat lainnya, seperti melancarkan peredaran darah, melancarkan sirkulasi udara, menguatkan organ di dalam tubuh, mengatasi stres, menguatkan tulang dan otot, serta meningkatkan sistem imun.

Dengan melihat betapa pentingnya olahraga tersebut, apakah kamu masih enggan untuk berolahraga?

Yap, rasa malas memang menjadi faktor utama penyebab kebanyakan orang tidak berolahraga. Berangkat dari kasus tersebut, membuat para pakar kesehatan melakukan penelitian lanjut tentang seluk-beluk olahraga yang meliputi alasan mengapa banyak orang menjadi malas berolahraga, padaha mereka tahu bahwa olahraga sangat penting manfaatnya.

olahraga membutuhkan konsistensi
instagram.com/reebok/

Dari penelitian dan survei seperti dikutip dari laman SteptoHealth, dijelaskan bahwa ada satu faktor yang memengaruhi seseorang menjadi malas berolahraga. Faktor itu adalah jenis olahraga yang dipilih tidak tepat dengan karakter dan kepribadiannya.

Hal ini cukup menarik, ada fakta baru yang ternyata tidak pernah disadari sebelumnya, yakni olahraga juga butuh penyesuaian pada karakter diri sehingga setiap orang bisa semangat dalam melakukannya.

Nah, agar lebih jelas, berikut adalah beberapa karakter yang bisa disesuaikan olahraga menjadi lebih menyenangkan dan bersemangat.

Baca juga : 5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

1. Tipe Penuntut

yoga
pexels.com

Jika kamu adalah orang yang memiliki karakter penuntut, maka olahraga seharusnya kamu pilih adalah olahraga yang tidak mengandalkan banyak tenaga dan pikiran. Salah satu olahraga yang cocok buatmu adalah yoga. Kenapa demikian? Sebab, ketika kamu memilih olahraga keras, maka kamu tidak akan tenang dan sering malah mengeluh akibat rasa lelah yang terlampau sering.

2. Tipe Gugup

tipe gugup
pexels.com

Selanjutnya, jika kamu adalah tipe orang yang suka gugup, maka olahraga yang dibutuhkan adalah olahraga melatih mental dan dilakukan dalam ruangan. Hal ini penting dan harus diperhatikan, kamu adalah orang yang gugup dan mudah grogi, jadi jangan pernah memilih olahraga di luar ruangan atau keramaian. Adapun beberapa olahraga yang bisa kamu pilih seperti yoga, tai chi, senam, dan sebagainya yang penting di dalam ruangan.

3. Tipe Agresif

tipe agrasif
pexels.com

Kemudian, jika kamu adalah tipe orang yang memiliki sifat agresif, maka kamu harus memilih olahraga yang memiliki tantangan. Ada banyak jenis olahraga yang menantang, misalnya tinju, karate, berenang, dan lari cepat. Sebab, kamu yang agresif akan lebih enerjik dan sangat bersemangat ketika melakukan hal yang menantang.

4. Tipe Bertanggung Jawab

tipe bertanggung jawab
pexels.com

Ternyata, tanggung jawab tidak cuma penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga sangat penting dalam urusan olahraga. Orang-orang yang bertanggung jawab biasanya akan melakukan apapun sampai selesai. Oleh karenanya, orang-orang tersebut sangat cocok melakukan olahraga yang memiliki level tertentu, misalnya lari. Sebab, dalam olahraga lari, ada beberapa level atau tahapan yang harus dilalui dengan proses yang tidak mudah dan dibutuhkan tanggung jawab tinggi.

5. Tipe Humoris

tipe humoris
pexels.com

Kemudian, jika kamu adalah orang yang memiliki sifat humoris, jangan pernah melakukan olahraga yang monoton. Sebab, kamu akan bosan dibuatnya. Jadi, pilihlah beberapa olahraga yang dilakukan bersama tim dan bisa diimprovisasi sebebasnya, seperti bulu tangkis, sepak bola, voli, dan sebagainya. Nantinya, kamu bisa bertingkah jenaka saat sedang melakukan olahraga itu.

6. Tipe Keras Kepala

tipe keras kepala
pexels.com

Kalau karakter yang satu ini memang butuh perhatian khusus dalam pemilihan jenis olarhaga. Sebab, orang yang keras kepala cenderung tidak bisa menerima kritik atau arahan dari orang lain. Oleh karenanya, olahraga yang cocok adalah jenis olahraga yang tidak membutuhkan teman atau pelatih khusus, seperti bersepeda atau lari tunggal.

7. Tipe Banyak Bicara

tipe banyak bicara
pexels.com

Jika kamu merasa punya karakter cerewet, alias banyak bicara. Maka kamu harus memilih olahraga yang dilakukan bersama tim. Sebab, ketika kamu melakukan olahraga seorang diri, kamu akan merasa bosan yang teramat sangat. Salah satu olahraga yang cocok buatmu adalah fitnes di pusat kebugaran. Nantinya di pusat kebugaran kamu bisa berbincang-bincang sembari latihan.

8. Tipe Pemikir

tipe pemikir
pexels.com

Lantas, jika kamu adalah seseorang dengan tipe pemikir, maka kamu harus melakukan olahraga yang lebih banyak mengandalkan otak, daripada fisik. Salah satu jenis olahraga itu adalah catur. Sebab, saat bermain catur, kamu akan sangat betah karena keahlianmu adalah berpikir. Begitu juga sebaliknya, saat kamu mengeluarkan banyak tenaga fisik, kamu akan menjadi malas dan enggan melakukannya lagi.

Nah, itulah beberapa karakter dan kepribadian seseorang yang bisa dipadukan dengan jenis olahraga. Ada yang mau nambahin?

0 Komentar