8 Tips Menggelar Pesta Pernikahan di Musim Hujan agar tetap Berkesan

20 November 2018, at 17:00
1
0
8 Tips Menggelar Pesta Pernikahan di Musim Hujan agar tetap Berkesan

Turunnya hujan di hari pernikahan memang terdengar seperti mimpi buruk. Segala sesuatu yang sudah dipersiapkan di hari H menjadi nggak sesuai ekspektasi.

Siapa sih yang ingin ada hal kurang sesuai rencana di hari penting seperti pernikahan?

Untuk mengatasinya, banyak pasangan pengantin yang memilih untuk melaksanakan pernikahan di gedung. Memang sih hal ini terbilang aman.

Tapi begitu hujan, pasti ada hal-hal kecil yang terkadang terlewat dan bisa saja menghambat kelancaran acara.

Apa saja sih contohnya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini! Siapa tahu ada beberapa hal yang masih terlewat di pesta pernikahanmu nanti.

1. Tetap berpikir positif

ilustrasi suasana hati pengantin saat musim hujan
theknot.com

Banyak yang menilai kalau hujan seperti momok yang menakutkan bagi pasangan pengantin. Padahal sebenarnya ini adalah pertanda suatu keberkahan.

Jadi nggak perlu untuk berpikir buruk tentang datangnya hujan tepat di hari pernikahan.

Sukses atau tidaknya suatu acara sebenarnya nggak hanya tergantung dengan cuaca. Tapi dari pikiran positif masing-masing.

Bahkan sebenarnya rintik hujan yang turun bisa menambah suasana romantis di hari pernikahan. Setuju?

2. Lokasi pernikahan

tempat pernikahan di musim hujan
pinterest.com/willowdale

Sebelum menggelar acara pernikahan, kamu juga perlu memikirkan soal lokasi. Misalnya seperti tempat berlangsungnya akad dan resepsi.

Apakah keduanya di satu tempat atau justru berbeda? Pikirkan lagi soal ini, apalagi ketika pernikahan dilaksanakan di musim hujan.

Mungkin saat kemarau lebih memudahkanmu untuk berpindah tempat. Tapi bagaimana saat hujan tiba?

Kamu harus memikirkan soal transportasi dari tempat akad ke lokasi resepsi. Jangan terlalu jauh karena hal ini bisa menjadi kacau saat hujan turun.

Ingat, bukan hanya kamu dan pasangan saja yang akan hadir di pernikahan. Keluarga maupun kerabat lain pun turut serta kan?

3. Lantai kayu

lantai kayu untuk pernikahan di musim hujan
hawaiianrents.com

Sebagian besar pasangan pengantin di Tanah Air memilih untuk menggelar pernikahan outdoor dengan menyewa tenda.

Memang hal ini cukup efektif dalam menangani masalah hujan. Tapi bagaimana dengan area taman seandainya menjadi becek atau bahkan tanah yang menjadi tergenang di air?

Tenang saja, kamu bisa mengantisipasinya dengan membuar wooden floor alias lantai kayu di dalam tenda. Dengan demikian, tamu tetap merasa nyaman tanpa harus memikirkan sepatu atau baju yang kotor.

4. Akses masuk tamu

ilustrasi akses masuk tamu pernikahan di musim hujan
orangegirl.com

Saat hujan turun mendadak di hari pernikahanmu, jangan lupa juga memikirkan para tamu. Air yang turun dari langit bisa membuat mereka basah ketika turun dari kendaraan.

Supaya tamu tetap nyaman saat hadir di pernikahanmu, lebih baik susun panitia untuk menyambut mereka dengan payung saat hujan tiba.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi jalan menuju ruangan dengan atap tertutup sehingga tamu nggak kehujanan saat menuju pelaminanmu.

Baca juga: Tips Mempersiapkan Dekorasi Pelaminan, Agar Pernikahanmu Makin Berkesan

5. Sepatu resepsi

sepatu pernikahan di musim hujan
danacubbageweddings.com

Pengantin wanita mana yang nggak ingin terlihat anggun di hari pernikahannya? Tapi ketika cuaca nggak mendukung, mood bisa memburuk meski penampilan sudah terbilang oke.

Ketika pernikahanmu digelar tepat pada musim hujan, sebaiknya hindari menggunakan heels yang berhak tinggi seperti stilleto. Sebab jenis sepatu ini akan membuatmu kesulitan saat berjalan.

Apalagi ketika ada genangan air atau bahkan tanah area halaman yang menjadi lokasi pernikahanmu.

Jadi sebaiknya gunakan sepatu yang aman dan nyaman. Misalnya yang punya alas datar dan tidak terlalu tinggi.

6. Make up

ilustrasi makeup pernikahan di musim hujan
blog.glamcorner.com.au

Seorang pengantin wanita memang seharusnya menjadi sorotan di hari pernikahan. Bukan justru sebaliknya.

Meski turun hujan, pastikan kamu tetap tampil maksimal dan memesona di hadapan para tamu yang datang.

Ingatkan juga pada MUA-mu untuk memberi riasan serba waterproof dan menggunakan primer dalam setiap riasan. Hal ini untuk meminimalisir risiko make up-mu jadi luntur karena hujan.

7. Makanan

ilustrasi katering untuk pernikahan di musim hujan
thejehancatering.com

Saat menggelar pesta pernikahan di musim hujan, lebih baik meminta saran dari vendor katering untuk jenis, keamanan dan penyajian makanan.

Pertimbangkan juga segala kemungkinan buruk yang terjadi. Misalnya seperti minimnya tamu undangan yang nggak hadir tepat di resepsi.

Jadi kamu nggak perlu membuang banyak makanan di pesta pernikahan nanti.

8. Jasa pawang hujan

ilustrasi pernikahan di musim hujan
pinterest.com/theph0tographer

Nggak bisa dipungkiri kalau di Indonesia percaya akan kemampuan pawang hujan untuk mengantisipasi turunnya hujan selama acara pernikahan berlangsung.

Segala ritual dan doa, pawang hujan ini dipercaya dapat menghalau turunnya hujan dan dialihkan ke tempat lain.

Sebenarnya sah-sah saja kalau kamu berencana menggunakan jasa mereka di pesta pernikahanmu nanti. Tapi perlu diingat, cara ini bisa saja nggak sepenuhnya berhasil mencegah turunnya hujan.

Itulah serangkaian tips ala Qupas untukmu yang menggelar acara pernikahan di musim hujan. Siapa tahu bisa menjadi ide untuk mengantisipasi situasi saat cuaca nggak mendukung.

Untuk itu, nggak ada salahnya menyiapkan dari sekarang dan mulai membicarakan dengan vendor supaya impian pernikahanmu bisa sesuai rencana. Setuju?

0 Comment