8 Tips Perawatan Wajah Paling Tepat untuk Kulit Kombinasi

23 March 2019, at 11:00
0
0
8 Tips Perawatan Wajah Paling Tepat untuk Kulit Kombinasi

Mempunyai tipe kulit kombinasi memang cukup merepotkan. Karena dengan kata lain, kamu harus merawat kulit kering dan berminyak dalam waktu bersamaan.

Jenis kulit kombinasi ditandai dengan kondisi yang berminyak di area T-zone (dahi, hidung, dagu) dan kering di bagian pipi. Dan masalah yang biasanya muncul adalah pori-pori lebar, kulit tampak mengkilap, hingga jerawat.

Tapi dengan perawatan kulit kombinasi yang tepat, kamu bisa dapatkan wajah yang mulus bebas kilap lho. Penasaran gimana caranya? Yuk langsung simak tipsnya berikut ini!

1. Perlakukan tiap area wajah secara berbeda

perlakukan area wajah kombinasi secara berbeda
instagram.com/innisfreeofficial

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kulit kombinasi memiliki area T-zone yang rawan berminyak dan bagian pipi cenderung kering. Kamu pun harus memperlakukan keduanya dengan cara yang berbeda pula.

Untuk produk pelembab misalnya saja, aplikasikan mattifying moisturizer untuk area T-zone dan hydrating moisturizer yang bertugas memberi kelembaban ekstra pada pipi.

Alternatif lain, kamu bisa cari skincare khusus untuk kulit kombinasi.

2. Pilih pembersih wajah yang tepat

wanita menucui muka
hearstapps.com

Tips merawat kulit kombinasi selanjutnya adalah memilih pembersih wajah yang tepat. Baiknya gunakan produk makeup remover ataupun face wash yang berbahan dasar air.

Juga tanpa tambahan alkohol dan parfum. Karena produk pembersih jenis ini akan menuntaskan sisa kotoran di wajah tanpa membuatnya kering ataupun berminyak.

3. Cuci muka dengan air hangat

cuci muka dengan air hangat
hearstapps.com

Ada hal lain yang harus diperhatikan oleh pemilik kulit kombinasi saat mencuci muka. Yakni hindari air yang terlalu dingin atau panas.

Sebab, air yang terlalu panas atau dingin bisa menghilangkan minyak alami pada wajah dan membuat kulit terlalu kering. Sedangkan air hangat justru bisa membersihkan kotoran hingga tuntas bahkan yang menyumbat pori-pori sekalipun.

4. Jangan lewatkan penggunaan toner

wanita menggunakan toner wajah
instagram.com/innisfreeofficial

Salah satu fungsi penting toner adalah untuk menyeimbangkan pH dan melembabkan kulit. Untuk itu jangan pernah melewatkan penggunaannya.

Sebab, kulit kombinasi biasanya memiliki pH yang berbeda. Tapi perlu diingat, baiknya hindari toner mengandung alkohol.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Toner yang Sebenarnya untuk Wajah

5. Memilih sunscreen yang tepat

memakai sunscreen
instagram.com/innisfreeofficial

Dalam memilih produk suncreen atau tabir surya pun kamu perlu hati-hati. Karena tak sedikit produk yang justru menyebabkan produksi minyak semakin banyak.

Sebagai tips, gunakan suncreen dengan SPF minimal 30, berbahan dasar mineral, dan bebas minyak (oil free).

6. Rawat kulit kombinasi dengan clay mask

memakai clay mask
instagram.com/sensatiabotanicals

Masker wajah termasuk skincare tambahan yang penting untuk semua masalah kulit. Untuk merawat kulit kombinasi, baiknya gunakan clay mask terbaik atau masker tanah liat.

Clay mask adalah jenis masker yang paling tepat untuk kulit kombinasi karena efektif untuk membersihkan pori-pori sekaligus menyerap minyak berlebih yang ada di area T-zone tanpa menimbulkan iritasi.

7. Rutin melakukan eksfoliasi wajah

mengeksfoliasi wajah
dermstore.com

Cara merawat kulit kombinasi selanjutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah secara benar. Selain mengangat sel kulit mati, ritual ini mampu membersihkan pori dari sumbatan, mencegah jerawat, dan menghaluskan wajah.

Eksfoliasi wajah baiknya dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memakai produk dengan scrub yang lembut supaya tak merusak kulit.

Selain itu, eksfoliator dengan bahan asam hidroksi sangat cocok digunakan oleh kulit kombinasi.

8. Pilih skincare dengan kandungan vitamin A

skincare dengan kandungan retinol
theskincarecompany.com.au

Nah, tips yang terakhir ini juga tak kalah penting. Saat mencari skincare untuk kulit kombinasi, pilihlah yang mengandung vitamin A.

Retinol dan tretionin adalah jenis vitamin A yang mudah ditemukan dalam produk perawatan wajah. Namun, bila kamu sedang mengandung sebaiknya lebih hati-hati.

Karena retinol adalah salah satu kandungan skincare yang harus dihindari ibu hamil.

Itulah sederet tips yang bisa kamu coba sebagai cara merawat kulit kombinasi. Dengan begitu, kilap di wajah ataupun masalah lainnya bisa dihindari. Selamat mencoba!

0 Comment