8 Trik Cepat untuk Memperbaiki Makeup yang Berantakan Tanpa Merusak Hasil Riasan

27 March 2019, at 13:03
0
0
8 Trik Cepat untuk Memperbaiki Makeup yang Berantakan Tanpa Merusak Hasil Riasan

Kesalahan dalam mengaplikasikan makeup bisa dialami siapa aja. Termasuk beauty enthusiast yang sudah pro dalam berdandan.

Selain itu, hasil makeup yang tadinya sempurna juga bisa berubah jadi berantakan seiring dengan berjalannya waktu.

Dan untuk 'menghapus' kesalahan makeup pun juga tak mudah. Karena kalau salah langkah, bisa-bisa hasil riasan yang sudah ada malah bertambah jadi amburadul.

Kalau kamu pernah mengalami dilema ini, Qupas sudah siapkan berbagai trik cepat yang bisa dicoba untuk mengoreksi kesalahan makeup tanpa merusak hasil riasan. Yuk simak deh caranya!

1. Membersihkan lipstik yang belepotan ke gigi

cara membersihkan lipstik yang belepotan
stylecraze.com

Lipstik yang belepotan sampai ke gigi pastinya bisa bikin malu. Kamu tentu saja bisa langsung membersihkannya menggunakan tisu.

Nah supaya hal memalukan seperti ini tak terulang lagi, kamu bisa mencegahnya dengan trik jari telunjuk. Yakni masukkan jari telunjuk ke mulut yang membentuk huruf O.

Baca juga: 8 Trik Sederhana Supaya Lipstik Nggak Belepotan Lagi di Gigi

Tahan jari telunjukmu di posisi ini selama 2-3 detik, lalu tarik kembali. Trik ini akan membersihkan lipstik di bagian bibir dalam yang biasanya akan menempel ke gigi.

2. Membersihkan lipstik yang keluar dari garis bibir

cara membersihkan noda lipstik
twitter.com

Karena suatu hal, riasan lipstik terkadang bisa belepotan hingga keluar garis bibir. Kamu bisa membersihkannya dengan tisu, namun dengan risiko base makeup yang sudah menempel indah di wajah bakalan ikut terhapus.

Untuk mengakalinya, bersihkan noda lipstik dengan hati-hati lalu balut area tersebut dengan concealer. Baurkan hingga benar-benar merata supaya riasanmu kembali flawless seperti semula.

3. Mengatasi warna blush on yang menor

cara mengatasi warna blush on yang berlebihan
instagram.com/tammia_indonesia

Mengaplikasikan blush on bisa membuat wajah jadi terlihat lebih segar dan awet muda. Namun tanpa disadari, terkadang jumlah yang dipoleskan terlalu banyak dan membuat hasil riasan malah terkesan berlebihan.

Kabar baiknya, kamu bisa mengatasi warna blush on yang menor tanpa harus menghapusnya. Yakni cukup bubuhkan translucent powder di atasnya secara perlahan hingga rona pipi jadi tak terlalu tajam.

4. Mengatasi warna foundation yang kurang merata

mengatasi warna foundation yang kurang merata
stylecraze.com

Karena kesalahan pemilihan shade foundation ataupun cara memakainya, hasil riasan terkadang jadi kurang natural. Tak jarang pula terjadi perbedaan warna di wajah dan di bagian leher.

Tapi tenang, kamu bisa memperbaikinya tanpa menghapus riasan lho. Yakni dengan 'mengencerkan' lapisan foundation dengan membaurkan sedikit pelembab ke wajah menggunakan jari.

Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa menambahkan foundation ke area leher dan telinga supaya warna riasan jadi terlihat merata.

Baca juga: Nggak Perlu Touch Up, Ini Tips Makeup Anti Luntur Saat Musim Hujan

5. Mengatasi makeup yang cakey

cara mengatasi makeup yang cakey
instagram.com/rollover.reaction

Riasan yang cakey rasanya seperti mimpi buruk di siang bolong. Kalau sudah begini, jangan pernah menimpanya lagi dengan bedak. Karena hal ini hanya akan memperburuk masalah.

Solusinya, kamu bisa semprotkan face mist atau produk setting spray andalanmu ke wajah dengan jarak sekitar satu lengan. Dengan cara ini, riasanmu bakalan kembali fresh dan oke lagi.

6. Bersihkan eyeshadow powder yang jatuh dengan selotip

cara membersihkan eyeshadow yang fallout
buzzfeed.com

Mengaplikasikan eyeshadow powder terkadang bisa mengotori area di bawah mata atau pipi. Kalau sudah begini, riasan justru bisa terlihat berantakan.

Nah, kamu bisa coba beauty hacks dengan selotip untuk mengangkat sisa eyeshadow powder yang jatuh di sekitar area wajah tanpa merusak hasil makeup.

Cukup tempelkan selotip kertas di bawah mata untuk membersihkan area yang kotor akibat eyeshadow powder yang fall out.

7. Mengatasi maskara yang menggumpal

mengatasi maskara yang menggumpal
bustle.com

Maskara yang menggumpal akan membuat bulu mata jadi gagal lentik. Kalau kamu sudah terlanjur memoleskannya, segeralah bersihkan dengan makeup remover untuk makeup waterproof sebelum formulanya benar-benar menempel.

Setelah itu, bersihkan kuas maskara memakai tisu. Baru kemudian gunakan lagi untuk memoles bulu matamu sampai terlihat tebal dan lentik sempurna.

8. Memperbaiki riasan alis yang terlalu tebal

tips memperbaiki riasan alis
instagram.com/focallurebeauty

Bagi para pemula, membentuk alis yang bagus bisa jadi PR tersendiri. Bila menggambar terlalu tebal, bisa-bisa penampilan malah mirip Sinchan.

Andaikan kamu mengalaminya, jangan buru-buru untuk menghapus hasil riasanmu. Cukup sapukan spoolie brush secara perlahan hingga tampilan alis jadi tak terlalu tebal dan terlihat natural.

Nah, itulah beberapa tips makeup yang bisa kamu coba untuk memperbaiki kesalahan atau hasil riasan yang berantakan. Percayalah, dengan waktu beberapa detik saja, penampilanmu bakalan kembali flawless.

0 Comment