8 Trik Menanam Sampah Dapur, Biar Nggak Perlu Beli Bahan Masakan Lagi

02 March 2019, at 10:00
0
0
8 Trik Menanam Sampah Dapur, Biar Nggak Perlu Beli Bahan Masakan Lagi

Sering membuang sisa bahan masakan? Wah, ada baiknya sekarang hindari menyingkirkan sampah dapur ya. Pasalnya, sisa bahan masakan seperti sayuran ternyata masih bisa tumbuh kembali lho.

Jelas saja, pasti akan membantumu untuk berhemat karena tak perlu lagi membeli bahan masakan seperti sayur dan rempah-rempah di pasar.

Berikut trik menanam sampah dapur yang bisa kamu lakukan di belakang rumahmu.

1. Menanam Sisa Daun di Dalam Air

Menanam Sisa Daun di Dalam Air
youtube.com/naturalways

Ada sembilan daun herbal yang bisa digunakan untuk ditanamkan kembali. Tiga diantaranya adalah daun basil, daun kemangi, dan daun mint.

Direndam dalam sebuah botol penuh dengan air, selang beberapa hari diujung batangnya pasti akan keluar akar. Setelah itu, baru bisa dipindah di tanah sebagai medianya.

2. Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang Putih dan Bawang Merah
balconygardenweb.com

Punya bawang putih yang melimpah di rumah? Nah, kamu bisa mengakali dengan menanamnya di pot yang bisa ditaruh di sudut dapur.

Nantinya bawang akan mengeluarkan tunas daunnya. Setelah itu, langsung tanam di tanah. Daun bawang ini lah yang bisa kamu gunakan untuk menambah cita rasa pada masakan.

3. Menanam Wortel di Dalam Mangkuk

menanam wortel di dalam mangkuk
gardeningknowhow.com

Untuk menanam kembali ujung paling atas dari wortel dalam ruangan ada dua cara, yaitu dengan menggunakan koran ataupun air. Hanya perlu semangkuk air dengan wortel di atasnya.

Tunggu hingga tumbuh batang dan daun di atasnya. Lalu pindahkan di tanah dalam sebuah pot. Tak lama dari itu, wortelpun akan tumbu besar dan segar.

4. Batang Serai

menanam batang serai
gardeningknowhow.com

Menanam potongan batang serai di dapur juga bisa menumbuhkannya kembali. Akar baru akan tumbuh selama 2 hingga 3 minggu ke depan.

Baru taruh di pot berisikan tanah di bawah sinar matahari. Maka selama satu bulan kedepan, kamu nggak perlu lagi beli bahan masakan ini di pasar.

Baca juga : 8 Bahan Alami ini Hasilkan Warna Hitam pada Makanan, Ide Memulai Bisnis Kuliner Nih

5. Menanam Sisa Potongan Jahe

menanam sisa potongan jahe
stocksy.com

Sama dengan teknik menanam bahan masakan sebelumnya. Untuk menumbuhkan kembali jahe, hanya dengan merendamnya selama semalaman.

Setelah itu, pindahkan di sebuah pot dengan tanah dan pupuk agar lebih cepat tumbuh.

6. Nanas

menanam nanas di dalam rumah
nutrigift.com

Dengan memotong bagian paling atas nanas, kamu sudah bisa menumbuhkannya kembali di pot. Pastikan nanas masih dalam keadaan memiliki daun.

Sehingga nanas akan tumbuh lebih cepat dan tak perlu menunggu lama. Selain itu, dengan memasukkannya ke dalam segelas air terlebih dahulu dapat mempercepat pertumbuhan akar.

7. Menanam Sayur di Dalam Botol Bekas

menanam sayur di dalam botol bekas
tanamania.com

Bertanam dengan cara tanam hidroponik juga memiliki beberapa metode, kali ini kamu bisa menanamnya dengan cara metode berdiri. Iris bagian botol menjadi dua bagian, atas dan bawah.

Bagian botol yang bawah sebagai tempat air dan siklus udara. Posisi dari bagian botol yang atas dipasang terbalik. Itu sebagai tempat untuk bibit tanaman dan arang sekam.

8. Lemon Balm

bahan masakan lemon balm
icreativeideas.com

Sama dengan menanam kemangi, lemon balm juga tak sulit untuk menumbuhkannya kembali. Hanya dengan menaruhnya di sebuah gelas dengan air setengah.

Dalam 2-3 hari akar lemon balm pun akan tumbuh. Dengan begitu nantinya tanaman lemon balm akan tumbuh banyak dan bermekaran.

Itulah 8 trik untuk menumbuhkan kembali sisa bahan masakan agar tak sia-sia dibuang ke tempat sampah. Tentunya, bikin kamu irit lho karena nggak perlu lagi beli bahan. Ya nggak, sobat Qupas?

0 Comment