8 Trik Mudah untuk Menghentikan Hobi Ngemil Supaya Tak Merusak Diet

06 December 2018, at 07:00
1
0
8 Trik Mudah untuk Menghentikan Hobi Ngemil Supaya Tak Merusak Diet

Mengonsumsi camilan atau ngemil memang penting dan bermanfaat bagi tubuh. Asalkan yang dikonsumsi adalah makanan yang menyehatkan.

Sayangnya, hasrat untuk ngemil makanan yang  banyak mengandung gula dan lemak biasanya lebih tinggi dan sulit dihentikan. Nah, hobi inilah yang bisa memicu berat badan untuk naik dan mendatangkan beberapa masalah kesehatan.

Akhirnya, usaha untuk mengontrol berat badan supaya ideal jadi gagal. Lalu bagaimana ya cara menghentikannya?

Khusus untuk kamu, berikut ini Qupas akan beri tahu trik mudah untuk menghentikan hobi ngemil supaya diet kamu berhasil. Langsung simak ya!

1. Mencium Aroma Jeruk atau Vanilla

wanita yang mencium aroma jeruk
buzzsnoop.com

Kamu mungkin akan sedikit heran dengan trik yang satu ini. Tapi, memang demikian adanya lho.

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2009 silam, ditemukan fakta bahwa keinginan untuk ngemil bisa berkurang hingga setengahnya sesaat setelah mencium aroma jeruk atau vanilla. Kalau nggak percaya? Coba buktikan sendiri deh!

2. Mengonsumsi Teh Hijau

wanita yang meminum teh hijau
imgcp.aacdn.jp

Saat kamu ingin ngemil, coba seduh teh hijau saja. Sebab, teh hijau diklaim mempunyai kandungan yang bisa menekan keinginanmu untuk makan camilan.

Selain itu, manfaat teh hijau bagi kecantikan juga banyak lho. Mengonsumsi minuman ini dinilai efektif untuk mengeluarkan racun, menyamarkan noda pada wajah, meningkatkan elastisitas kulit, bahkan efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Ganti Camilan dengan Buah Alpukat

wanita memakan buah alpukat
gloriousa.com

Keinginan untuk ngemil memang sangat sulit untuk dilawan. Nah, apabila tetap ingin makan sesuatu, coba ganti camilanmu dengan buah alpukat.

Konsumsi buah-buahan tentu baik untuk tubuh, tapi alpukat juga punya fungsi lain. Yakni bisa mengusir keinginanmu untuk ngemil.

Hal ini karena alpukat punya kandungan lemak monosaturated dengan konsentrasi yang cukup tinggi.

4. Makan Secara Teratur

wanita sedang makan siang
netdna-ssl.com

Ketika kamu melewatkan makan, hasrat untuk ngemil akan bertambah lebih besar. Maka dari itu usahakan untuk tetap makan tiga kali dalam sehari meski kamu sedang diet.

Makanlah dalam porsi cukup dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, tinggi protein, dan lemak baik. Dijamin keinginanmu untuk ngemil akan enggan muncul.

Baca juga: 9 Snack Anti Gendut yang Pas Banget Dinikmati di Kantor

5. Perbanyak Minum Air Putih

wanita minum air putih
healthline.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau minum air putih dalam jumlah banyak akan membuat perut terasa kenyang. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari camilan sekaligus mendapat tubuh yang lebih sehat.

Sebab, tubuh akan terhidrasi dengan baik dan kulit pun akan tampak lebih segar.

6. Rutin Berolahraga

wanita berolahraga
independent.co.uk

Selain mendukung program dietmu, olahraga juga bisa mengurangi keinginan untuk nyemil dengan mengontrol hormon ghrelin.

Hormon ghrelin diketahui bertugas untuk memberi sinyal lapar ke otak yang memicu kamu untuk makan lebih banyak.

7. Lakukan Meditasi

wanita sedang meditasi
ytimg.com

Stres adalah salah satu hal yang membuat keinginan nyemilmu lebih besar. Nah, supaya pikiran tetap rileks, coba sering-sering lakukan meditasi.

Salah satu teknik meditasi yang mudah adalah dengan mengatur pernafasan. Hal ini efektif membantu pikiranmu untuk fokus dan lebih tenang.

8. Hindari Begadang

wanita yang ngemil di malam hari
chronobiology.com

Begadang sudah pasti akan membuat tubuhmu jadi kurang sehat. Tapi lebih dari itu, kebiasaan ini akan mendorong seseorang untuk ngemil. Kamu pasti pernah mengalaminya kan?

Sebuah riset juga menunjukkan bahwa kurang tidur bisa membuat orang merasa lebih lapar pada siang harinya. Nah supaya kamu nggak mengalami hal ini, baiknya tidur dengan cukup. Paling tidak 8 jam setiap harinya.

Itulah sederet trik yang bisa kamu coba untuk mengentikan hobi ngemil. Atau bila ingin ngemil dengan aman dan tak merusak diet, pastikan untuk memilih camilan yang sehat ya!

0 Comment