8 Warung Makan Sunda di Jakarta untuk Mengobati Rindu di Tanah Rantau

06 October 2018, at 08:00
0
0
8 Warung Makan Sunda di Jakarta untuk Mengobati Rindu di Tanah Rantau

Orang sunda yang saat ini sedang merantau ke daerah orang, terkadang akan mengalami rasa kangen yang begitu kuat dari dalam diri. Entah itu pada kampung halaman, sanak keluarga, maupun kulinernya yang selalu nempel di lidah.

Nggak heran deh, demi menghapus rasa kangen dari dalam diri banyak yang membuka tempat makan sunda di Jakarta. Dengan rasa yang tentunya khas banget dan nggak berbeda dari masakan di kampung halaman. Mau mampir?

1. Talaga Samperiun

talaga samperiun
instagram.com/hobijajan

Talaga Samperiun punya menu masakan sunda dengan olahan seafood. Maklum saja ciri khas masakan Sunda memang dari kesegaran sayurannya seperti sayur asem, lalapan, ataupun tumis. Restoran di Jakarta ini menyediakan deretan kuliner Sunda.  

Selain itu juga, ada Gurame Parahyangan yang terbuat dari gurame goreng tepung dengan sambal ijo dan sayuran mendahnya yang segar saat disantap. Kalau ingin makan menu yang berkuah bisa mencicipi gurame garang asem dengan kuah pedas dan cabai yang direbus utuh. Menggoda banget deh.

Untuk harganya relatif seperti harga restoran seafood di Jakarta lainnya, sekitar 50-100 ribu rupiah saja. di Sana juga kamu bisa merasakan makan di sebuah gubug dengan kolam penuh ikan di bawahnya.

Berlokasi di : Jalan Lingkar Luar Barat, Puri Indah.

Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

2. Gubug Mang Engking

gubug mang engking
instagram.com/mcguenda

Dari nama restorannya saja pasti sudah semua, kalau ini adalah restoran Sunda. Gubug-gubug lesehannya menambah kesan ala sunda banget. 

Adapun masakannya juga olahan seafood, ayam bakar dan goreng, tumis sayur, dan aneka sambal. Kuliner Sunda memang terkenal dengan aneka sambalan yang pedas dan bervariasi. Seperti sambal cibiuk, terasi, dan hejo.

Harganya terjangkau sekali, hanya mulai dari tiga puluh lima ribu rupiah saja. Kalau datang ke sini, jangan lupa mengajak teman asikmu. Agar lebih seru lagi.

Berlokasi di : Green Office Park BSD City, Jalan Grand Boulevard BSD.

Buka dari : 10:00-21:00 Wib.

3. Sambal khas Karmila

sambal khas karmila
instagram.com/photohenhen

Masih nggak jauh dari sambal. Restoran yang satu ini punya aneka sambal yang disajikan khusus dalam satu piring. Buat kamu yang spicy lovers langsung saja deh datang ke sini.

Untuk menu ayam bakarnya saja, kamu bisa menikmatinya dengan empat jenis sambal. Diantaranya adalah sambal ijo, sambal terasi, dan sambal combrang. Tenang, merasa ada yang kurang? Pastinya ya. Selalu ada lalapan dalam sepiring menunya.

Kalau enggan memakan menu bakaran ayam, bisa pilih menu teri tempe dengan cabai hijau. Bisa juga dengan sambal kluwak hitam pekat yang pedas. Kalau sambal yang satu itu pasti belum pernah mencoba.  

Berlokasi di : Jalan KH.Abdullah Syafei no.45, Tebet.

Buka dari : 09:00-22:00 Wib.

4. Ikan Bakar Cianjur

ikan bakar cianjur
instagram.com/surabayafoodies

Tempat makan ala Sunda yang selanjutnya ada di sini. Menunya hampir sama dengan menu seafood yang ada di restoran Sunda lainnya. Yang membedakan adalah cara memasaknya.

Salah satunya adalah ikan gurame goreng tepung yang digoreng dengan minyak kelapa sawit yang banyak. Sebelum digoreng, ikan lebih dulu dicelupkan ke dalam telur kocok agar lebih kulit dan daging gurame nggak hilang.

Yang membuatnya beda dari interior ruangan adalah disediakan kursi dan meja untuk menikmati masakan Sunda ini. Jadi yang ingin duduk lesehan bisa memilih restoran ini sebagai tempat singgah untuk makan.

Berlokasi di : Jalan Batu Tulis Raya no.39, Gambir, Jakarta Pusat.

Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

Baca juga: 7 Tempat Makan Lesehan di Jakarta, Kulineran Santai dan Menikmati

5. Riung Sunda

riung sunda
instagram.com/linagloriousfood

Kalau lagi ke Mal di Jakarta, khususnya di daerah Central Park, Lippo Mall, atau SCBD bisa juga mampir ke resto yang satu ini. dengan konsep buffet yang bisa puas kamu ambil sesuai hati.

Dijamin deh rasa kangenmu seketika akan terlampiaskan. Dari menu ayam goreng, terong balado, atau cumi sambal ijo. Semuanya tersedia dengan rasa pedas menggigit lidah.

Walau makannya di Mal, tapi suasana dan rasanya akan membawamu terbang ke kampung halaman. Untuk harganya cukup 200 ribu rupiah per dua orang saja.

Berlokasi di : Central Park Mall, dan 2 Mall lainnya.

Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

6. Taman Santap Rumah Kayu

taman santap rumah kayu
instagram.com/yuri_travel_note

Mau menikmati masakan Sunda di restoran yang berbeda? Kalau iya, kamu bisa langsung aja ke sini.

Restoran ini memberikan pengalaman menyantap menu masakan Sunda dalam kabin pesawat. Pasti seru bukan?

Walau begitu, menu masakannya terbilang sederhana seperti gado,gado, genjer cah polos, dan kailan cah sapi. Dengan harga rata-rata cuman dua puluh delapan ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Lodan Timur II no.7, Ancol.

Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

7. Sajian Sambara

sajian sambara
instagram.com/gaga_antariksa

Sambara ini bisa jadi restoran Sunda yang ramah keluarga. Mengapa? Karena mengatur tempat duduk yang sedekat mungkin. Memungkinkan para pengunjung duduk lebih berdekatan. Untuk anak-anak juga bisa berlarian karena ruangannya yang cukup luas.

Adapun juga, menu Sunda disini disiapkan buffet. Jadi tinggal ambil sendiri. Kalau kamu ingin menyantap menu makan yang masih hangat, bisa minta tolong untuk digorengkan kembali. Istimewa bukan?

Menawarkan menu daging/jeroan dengan harga mulai dari dua puluh ribu rupiah saja. Kalau untuk menu ikan bisa dipesan dengan harga diatas empat puluh ribu rupiah.

Berlokasi di : Jalan Cipete Raya no.14, Fatmawati.

Buka dari : 10:00-22:00 Wib.

8. Rumah Makan Saung Kuring

rumah makan saung kuring
instagram.com/separuhakulemak

Warung Sunda di Jakarta yang ramah keluarga selanjutnya adalah Saung Kuring. Menawarkan harga yang bisa dijangkau oleh banyak orang, namun tetap memberikan layanan yang oke banget. Pelayannya cepat.

Restoran ini memiliki kolam ikan yang memungkinkan para pelanggannya bisa memberi makan ikan selagi menunggu pesanan datang. Wah, jadi pengalaman makan yang menarik banget.

Bukan hanya tempat makannya yang ramah untuk keluarga, namun juga harganya yang bersahabat. Murah meriah, per menu dihargai lima puluh ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan KH. Sholeh Iskandar no.9, Tanah Sareal.

Buka dari : 10:00-21:30 Wib.

Wah, kalau restoran di Sunda menyajikan menu masakan yang enak dengan sambal yang menggiurkan seperti ini bikin ingin mampir terus. Kalau nggak mau jauh dan ribet datang langsung ke lokasi makan, bisa pesan online kok. Maknyus deh!

0 Comment