8 Wisata di Indonesia Ini Ternyata Bekas Tambang, Cantik Banget!

23 February 2019, at 09:00
0
0
8 Wisata di Indonesia Ini Ternyata Bekas Tambang, Cantik Banget!

Lokasi bekas tambang mungkin sering dipandang sebelah mata. Bahkan terkadang sebagian besar orang akan berpikir jika tempat ini tampak miris dengan meninggalkan 'kecacatan' yang nggak bisa diobati.

Tapi anggapan itu nggak sepenuhnya benar. Masih ada keindahan yang bisa kamu dapatkan dari lokasi bekas tambang tersebut.

Nggak percaya? Coba deh intip dulu wisata di Indonesia yang Qupas rekomendasikan berikut ini. Pasti kamu akan terpesona.

1. Brown Canyon

wisata semarang brown canyon
instagram.com/maulanaony

Nggak kalah dari Amerika, Semarang punya destinasi wisata yang nggak kalah memikat. Brown Canyon namanya. Tempat ini memang bekas tambang. Tapi bukan berarti harus disepelekan.

Lihat saja potret beberapa traveler yang pernah berkunjung ke kawasan batu padas yang merupakan bekas pertambangan pasir di Semarang ini. Warna tanah yang kecoklatan semakin menambah keeksotisan wilayah ini.

Ingin melihat cantiknya sunset dan sunrise? Tentu saja bisa. Tapi selalu ingat untuk hati-hati saat liburan ke wisata Semarang ini. Sebab beberapa waktu lalu dikabarkan jika Brown Canyon Semarang sempat longsor.

Lokasi Brown Canyon: Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk Brown Canyon: Gratis (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Bukit Jaddih

wisata madura bukit jaddih
instagram.com/setapakkecil

Melipir ke Jawa Timur, ada Bukit Jaddih yang pesonanya nggak kalah memikat. Tempat ini merupakan wisata Madura yang juga bekas tambang namun sampai kini populer sebagai destinasi liburan.

Baca juga: Hits Banget! Tempat Wisata di Madura Ini Kalahkan Pesona Bali

Di sini terdapat bukit kapur dan goa kecil. Ada pula danau berwarna biru yang begitu memesona. Bahkan semua tempat ini bisa kamu jadikan sebagai spot foto.

Untuk bisa sampai di tempat wisata Bangkalah ini, kamu bisa menggunakan mobil maupun motor. Khusus pengendara roda 2, ada  jalur alternatif yang bisa dilalui, yakni melewati Jalan Raya Labang bisa dilewati.

Sementara untuk kamu yang membawa mobil, jalur melalui Kota Bangkalah adalah satu-satunya akses.

Lokasi Bukit Jaddih: Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 

Jam buka: Setiap hari mulau pukul 06.00-17.00 WIB

Tiket masuk Bukit Jaddih: Rp2.000,00 dan parkir Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Tebing Breksi

wisata jogja tebing breksi
instagram.com/karmilaknew

Tebing Breksi dulu juga merupakan lokasi tambang batuan alam. Tapi sejak tahun 2014, kegiatan eksploitasi tersebut dihentikan. Sampai akhirnya tempat ini menjadi salah satu wisata di Jogja yang cukup populer.

Wisata Jogja ini bukan hanya sembarang bukit kapur. Sentuhan ukiran artistik, mulai dari wayang hingga naga pun membuat Tebing Breksi kian menarik.

Satu lagi, yakni adanya anak tangga yang bisa kamu gunakan untuk melihat indahnya sunrise maupun sunset di Jogja. Siapa sih yang enggan untuk menyaksikan pemandangan alam yang eksotis ini?

Lokasi Tebing Breksi: Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 05.30-21.00 WIB

Tiket masuk Tebing Breksi: Dana sukarela dan membayar parkir senilai Rp2.000,00 (motor) dan Rp5.000,00 (mobil) (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Bukit Jamur

wisata gresik bukit jamur
instagram.com/ocha_ocha_ocha_

Wisata Indonesia yang juga merupakan bekas tambang selanjutnya adalah Bukit Jamur di Gresik. Tempat ini dulunya adalah bekas galian penambangan kapur yang beroperasi di tahun 1992-2008.

Seiring berjalannya waktu, bekas tambang seluas 3 hektar ini juga terkikis oleh angin sehingga membentuk sebuah batang. Unik ya?

Untuk bisa sampai di tempat wisata Gresik ini, kamu hanya memerlukan waktu perjalanan selama kurang lebih 42 menit saja. Tertarik mampir?

Lokasi Bukit Jamur: Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB

Tiket masuk Bukit Jamur: Gratis, tapi sediakan budget untuk parkir sebesar Rp3.000,00 (motor) dan Rp10.000,00 (mobil) (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Sudah Mampir ke Wisata Gresik yang Kekinian Ini?

5. Danau Blingoh

wisata jepara danau blingoh
instagram.com/adam9aluh

Danau Blingoh menjadi salah satu bukti bahwa alam juga bisa beradaptasi. Berawal dari kerusakan penambangan, seiring berjalannya waktu justru mulai terbentuk tempat yang istimewa ini.

Lokasi bekas penambangan batu kapur ini pun kini menjadi danau dengan air berwarna hijau toska. Pas banget deh untuk acara hunting foto.

Lokasi Danau Blingoh: Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Jam buka:-

Tiket masuk Danau Blingoh:-

6. Danau Kaolin

wisata belitung danau kaolin
instagram.com/mariaequita

Belitung bukan hanya terkenal dengan Pantai Tanjung Pandan. Ternyata ada lagi objek wisata di wilayah ini yang sayang untuk kamu lewatkan. Sebut saja Danau Kaolin.

Meski pada kenyataannya wisata di Belitung ini merupakan bekas tambang, tapi bukan berarti pesonanya nggak memikat para traveler. Buktinya banyak orang yang mengambil potret mereka di kawasan Danau Kaolin.

Akses menuju wisata Danau Kaolin Belitung cukup mudah karena berada di tepi jalan. Dari pusat Kota Tanjung Pandan, kamu dapat menempuhnya kurang lebih selama 15 menit berkendara saja. Tertarik untuk mampir?

Lokasi Danau Kaolin: Perawas, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Jam buka: 24 jam

Tiket masuk Danau Kaolin: Gratis (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

7. Danau Biru Sawahlunto

wisata indonesia danau biru sawahlunto
instagram.com/shvalilla_

Kini tempat ini memang menjelma menjadi danau dengan air biru yang menyejukkan mata. Tapi siapa sangka jika dulunya destinasi wisata tersebut merupakan bekas galian batu bara.

Objek wisata di Sumatra Barat yang dikenal dengan nama Danau Bacan ini letaknya hanay 13 kilometer dari Kota Sawahlunto. Minat untuk mampir?

Lokasi Danau Biru Sawahlunto: Tumpuak Tangah, Talawi, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk Danau Biru Sawahlunto: Rp5.000,00 merupakan tarif resmi wisata (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

8. Tebing Koja

wisata tangerang tebing koja
instagram.com/idhayhidayat

Tebing Koja dulu juga merupakan bekas galian pasir di Tangerang. Namun sekarang justru menjadi tempat wisata yang hits di kalangan traveler.

Sebutan lain Tebing Koja juga sangat unik, yakni Kandang Godzilla. Nggak seseram namanya, justru tempat ini memikat dengan pemandangan alam hijau berhiaskan area tebing menjulang tinggi.

Ditambah lagi genangan air hujan membuat wisata Tangerang ini kian unik. Di sana juga dibangun jembatan bambu sederhana dan persewaan perahu untuk membuat pengunjung keliling danau tersebut. Menarik kan?

Lokasi Tebing Koja: Desa Cireundeu, Solear, Tangerang

Jam buka: Setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk Tebing Koja: Rp2.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Wow! Tempat Wisata di Tangerang Ini akan Membuatmu Serasa di Negeri Dongeng

Nah, itulah deretan wisata di Indonesia yang ternyata dulu adalah sebuah lokasi bekas tambang. Cantik kan?

Mungkin bisa juga jadi inspirasi bagi pemerintah maupun pemuda-pemudi Tanah Air untuk memanfaatkan wilayahnya menjadi tempat unik seperti yang sudah Qupas ulas di atas. Khususnya daerah bekas penambangan, ya!

0 Comment