8 Wisata di Sepanjang Jalur Pantura, Pilihan Tempat Berlibur Selama Perjalanan Mudik

26 May 2019, at 16:00
0
0
8 Wisata di Sepanjang Jalur Pantura, Pilihan Tempat Berlibur Selama Perjalanan Mudik

Jalur Pantura dikenal sebagai salah satu rute mudik yang paling padat. Seenggaknya ada 5 provinsi yang dilewati di sepanjang pesisir pantai utara Jawa ini, seperti Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Buat para pemudik yang lewat jalur ini, ada beberapa tempat wisata menarik untuk dikunjungi sambil melepas lelah setelah perjalanan jauh. Mau tahu dimana saja? Yuk simak info dari Qupas berikut!

Baca juga: 5 Wisata di Purworejo Ini Makin Hits di Libur Lebaran!

1. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah
instagram.com/hendratanzil

Tempat ibadah sekaligus wisata religi ini bisa dibilang adalah salah satu masjid unik yang ada di Indonesia. Selagi di Semarang, kamu bisa mampir ke destinasi ini untuk beribadah atau mengagumi kemegahan bangunannya.

Perlu kamu tahu nih, arsitektur masjid ini dibuat dengan memadukan gaya Jawa, Islam, dan Romawi. Bisa dilihat dari 25 pilar yang ada di pelataran masjid menyerupai Koloseum Athena.

Pilar-pilar tersebut berhiaskan indahnya kaligrafi. Sedangkan angka 25 disimbolkan sebagai jumlah dari nabi dan rasul.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah : Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah

2. Pantai Kelapa Tuban

pantai kelapa tuban
instagram.com/ellasaputri1104

Salah satu pantai di sepanjang Tuban juga bisa jadi pilihan tempat untuk beristirahat saat dalam perjalanan mudik. Destinasi ini punya area parkir motor yang cukup luas. Sayangnya, untuk mobil kurang begitu luas.

Untuk bisa masuk ke pantai utara dengan pasir putih serta pohon kelapanya ini, kamu perlu menyediakan budget kurang lebih senilai Rp5.000,00.

Bukan cuma bisa menikmati suasana pantai yang syahdu, di wisata Tuban ini kamu juga bisa hunting foto di beberapa spot yang ikonik, seperti jembatan kayu atau area lainnya.

Lokasi Pantai Kelapa : Jalan Gresik No.KM.1, Kepoh, Panyuran, Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

3. Masjid Menara Kudus

menara makan sunan kudus
instagram.com/raspradin

Masjid kuno yang dibangun oleh Sunan Kudus sekitar tahun 1549 Masehi (956 Hijriah) ini pun nggak kalah menarik untuk dijadikan pilihan tempat berlibur. 

Masjid di Jawa Tengah ini bisa dibilang unik karena punya menara yang serupa dengan bangunan candi. Bahkan mungkin bangunan ini bisa mengingatkanmu pada sejarah masuknya Islam ke tanah Jawa yang nggak terlepas dari peran Wali Sanga, khususnya Sunan Kudus.

Lokasi Masjid Menara Kudus : Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah

4. Pantai Karang Jahe

pantai karang jahe rembang
instagram.com/qoqoy_argaro

Pantai Karang Jahe juga jadi salah satu wisata di sepanjang Jalur Pantura yang bisa kamu singgahi. Keunikan destinasi ini terletak pada pohon cemara yang ditanam di sepanjang pesisirnya.

Kamu pun cukup menyediakan budget sekitar Rp5.000,00 sampai Rp10.000,00 untuk tiket masuk plus parkir kendaraan. Beragam fasilitas juga sudah disediakan, seperi musala, warung, area outbound, dan lain sebagainya.

Untuk bisa sampai di pantai ini, kamu perlu waktu sekira 16 menit berkendara dari pusat Kota Rembang melalui Jalan Raya Pantura.

Pantai Karang Jahe : Jalan Rembang-Lasem, Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah

Baca juga: Wisata di Magelang Ini Buka Selama 24 Jam, Cocok untuk Tempat Istirahat Selama Mudik

5. Batang Dolphin Center

batang dolphin center
instagram.com/cintiaretno

Mudik bareng keluarga dan bawa anak kecil? Coba deh mampir ke Batang Dolphin Center. Saat menempuh rute mudik arah Semarang dan Tuban, kamu akan lewat Kota Batang. Jadi area wisata ini nggak bikin kamu melipir terlalu jauh dari lintasan mudik.

Kamu pun perlu menyediakan biaya sekitar Rp20.000,00 untuk bisa masuk ke pusat pelestarian lumba-lumba ini. Ingin foto bareng hewan-hewan lucu ini? Biayanya mulai dari Rp15.000,00 saja, lho.

Hanya dengan kocek Rp 20 ribu saja, kamu sudah bisa masuk ke pusat pelestarian lumba-lumba ini. Murah meriah dan pastinya edukatif.

Lokasi Batang Dolphin Center : Jalan Pantai Sigandu-Ujungnegoro, Kidanglor, Klidang Lor, Kecamata Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

6. Makam Sunan Kalijaga

makam sunan kalijaga
instagram.com/vinaarsa

Sambil beristirahat sejenak, kamu dan keluarga bisa sekalian ziarah ke Makam Sunan Kalijaga yang ada di Demak. Dari Kota Semarang, arahnya ke timur dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam berkendara.

Selain dikenal saksi, Sunan Kalijaga juga terkenal 'Mandi Pangucape' (ucapannya manjur). Konon apapun yang keluar dari mulutnya bisa terwujud. Mungkin hal inilah yang membuat banyak orang datang ke Makam Sunan Kalijaga.

Banyak yang percaya bahwa datang dan berdoa di pusara ini bisa dilancarkan rezekinya, dinaikkan jabatannya, dimudahkan jodohnya, cepat mendapatkan apa yang diinginkan, membuat hati tenang, dan dijauhkan dari segala persoalan hidup.

Lokasi Makam Sunan Kalijaga : Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 

7. Pantai Alam Indah

pantai alam indah
instagram.com/nadilla_rizky_m

Begitu lelah melanda di perjalanan mudik, kamu bisa mampir ke Pantai Alam Indah. Di sini kamu bisa relaksasi di pinggir pesisir sambil menikmati semilir angin maupun bermain air.

Pantai di Tegal yang dilewati para pemudik di Jalur Pantura ini punya berbagai fasilitas, seperti waterboom, wisata berkuda, penyewaan sepeda, sampai area bermain anak. Tiket masuknya pun murah, yaitu sekitar Rp3.000,00.

Saat lelah melanda, singgah ke daerah wisata bisa jadi salah satu cara istirahat yang menyenangkan. Apalagi kalau bisa ngaso di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin dan bermain air.

Lokasi Pantai Alam Indah : Kota Tegal, Jawa Tengah

8. Museum Batik Pekalongan

museum batik pekalongan
instagram.com/rahmiahsn
Mudik pakai kendaraan pribadi? Jangan sia-siakan kesempatan untuk mampir ke Museum Batik Pekalongan. Di sini kamu bisa melihat langsung produksi batik Pekalongan yang terkenal, lho.

Ada banyak model batik yang bisa dilihat di sini. Bahkan kamu juga bisa ikut belajar membatik dengan bimbingan para ahli. Tiket masuknya cuma sekitar Rp5.000,00, lho.

Lokasi Museum Batik Pekalongan : Jalan Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Nah, itu dia sederet wisata di sepanjang Jalur Pantura yang bisa jadi alternatif liburanmu bersama keluarga selama perjalanan mudik. Sambil istirahat, istirahatkan pikiran dan badan jadi lebih asyik.

0 Comment