8 Wisata Magelang yang Buka Selama 24 Jam, Puas Liburan Tanpa Dikejar Waktu

16 February 2019, at 11:00
0
0
8 Wisata Magelang yang Buka Selama 24 Jam, Puas Liburan Tanpa Dikejar Waktu

Magelang adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mungkin banyak dikenal orang sebagai lokasi berdirinya Candi Borobudur. Setuju?

Eits! Tapi ternyata Magelang bukan hanya soal Borobudur saja. Masih banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan di sini. Khususnya soal wisata alamnya.

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana kabupaten ini dari sisi yang berbeda, coba deh intip rekomendasi wisata ala Qupas di bawah ini. Menurut info, jam bukanya juga selama 24 jam, lho!

1. Punthuk Setumbu

wisata di magelang punthuk setumbu
instagram.com/sassychris1

Ada di ketinggian 400 mdpl, Punthuk Setumbu merupakan tempat favorit traveler untuk menyaksikan kecantikan sunrise di Magelang. Dari sini, kamu pun akan menyaksikan beberapa pemandangan eksotis, seperti:

  • Gunung Merapi yang menampilkan kegagahannya
  • Gunung Merbabu dengan semburat cahaya mentari
  • Candi Borobudur yang diselimuti kabut putih di pagi hari

Tapi, untuk mencapai puncaknya kamu masih harus mendaki selama kurang lebih 15 menit. Wisata Magelang ini sendiri buka setiap hari Senin-Jumat pukul 04.00-17.30 WIB.

Baca juga: Sudah Mampir ke Wisata Magelang yang Instagenik Ini?

Pst! Khusus Sabtu sampai Minggu alias akhir pekan, Punthuk Setumbu akan buka selama 24 jam. Wah, asyik nih bisa malam mingguan di sini sambil menikmati romantisnya matahari terbit.

Lokasi Punthuk Setumbu: Dusun Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Punthuk Setumbu: Rp15.000,00 per orang (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Punthuk Mongkrong

wisata magelang punthuk mongkrong
instagram.com/patrishiela

Wisata di Magelang yang punya ketinggian sekitar 624 mdpl ini diklaim sebagai Punthuk tertinggi daripada lainnya, seperti:

  • Punthuk Setumbuk
  • Punthuk Sukmoyo
  • Punthuk Gupakan

Ada di puncak perbukitan, Punthuk Mongkrong akan menyajikan pemandangan super cantik, seperti Candi Borobudur, Gunung Merapi hingga Merbabu.

Salah satu spot favorit bagi para traveler di wisata yang buka hingga 24 jam ini adalah jembatan berbentuk V yang menjorok ke perbukitan. Hmm, yakin nih nggak pengen mampir ke sini?

Lokasi Punthuk Mongkrong: Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Punthuk Mongkrong: Rp3.000,00 per orang (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Gunung Telomoyo

gunung telomoyo magelang
instagram.com/mad_scape

Gunung Temoloyo pas untuk para pendaki pemula. Bahkan kamu juga bisa menggunakan motor hingga ke puncak gunung yang tingginya sekitar 1.894 mdpl ini. Tentu saja semua itu tergantung jalur yang kamu pilih.

Cari sunrise cantik ala Magelang? Gunung Temoloyo pastinya juga akan menampilkannya padamu. Bahkan juga pemandangan matahari tenggelam juga bisa kamu saksikan dengan latar belakang:

Lengkap banget ya? Jadi nggak sabar pengen hunting foto di Gunung Telomoyo ini kan?

Lokasi Gunung Telomoyo: Desa Ngablak, Grabag, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Gunung Telomoyo: Rp5.000,00 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Gunung Andong

tempat wisata magelang gunung andong
instagram.com/arichaniago

Kalau tempat wisata di Magelang satu ini adalah salah satu gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Ketinggiannya hanya 1.463 mdpl. Rute pendakiannya pun cukup landai dan puncaknya bisa dicapai hanya sekira 2 jam saja.

Selain pemandangan gunung, panorama sunrise juga bisa kamu dapatkan ketika mendaki wisata gunung nan mempesona ini. Masih kurang puas menikmati pemandangan alam? Kamu bisa mendirikan tenda di sekitar puncaknya.

Lokasi Gunung Andong: Desa Ngablak, Grabag, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Gunung Andong: Izin mendaki perlu budget Rp3.000,00; Peniripan barang dengan biaya Rp3.000,00 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Misteri Terpecahkan! Ternyata Gunung Jawa Tengah Ini....

5. Gardu Pandang Mangli

gardu pandang mangli magelang
instagram.com/d.v.g.l.n.t

Gardu pandang ini letaknya di lereng Gunung sumbing dan ada di ketinggian 1.570 mdpl. Jalan untuk menuju ke tempat wisata di Magelang ini memang terjal. Jadi siap-siap sabar dan tetap waspada selama perjalanan.

Background pemandangan hijau, Gunung Sumbing hingga pegunungan megah lainnya serta hamparan perkebunan warga kian menyejukkan mata dan terasa pas saat difoto.

Puas berpose, kamu juga bisa mampir ke kebun stroberi milik warga dan memetik buahnya sendiri. Tentu ada budget tambahan, ya!

Lokasi Gardu Pandang Mangli: Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Gardu Pandang Mangli: Rp5.000,00 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Puncak Giyanti

wisata magelang puncak giyanti
instagram.com/indahw__

Puncak Giyanti ada di lereng Gunung Sumbing. Ketinggiannya memang hanya 1.200 mdpl saja. Tapi jangan salah! Pemandangan dari sini nggak kalah cantik dari wisata dataran tinggi lainnya.

Ditambah dengan latar belakang pemandangan hijau karena banyak pepohonan, tentu membuat wisata Magelang ini makin memesona. Yakin nih, akan melewatkannya begitu saja?

Lokasi Puncak Giyanti: Desa Balesari, Windusari, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Puncak Giyanti: Rp5.000,00 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

7. Desa Wisata Wanurejo

tempat wisata di magelang desa wisata wanurejo
instagram.com/trikaloko

Tempat wisata Magelang ini letaknya di sekitar Candi Borobudur. Di sini, kamu bisa menyewa homestay sambil berkeliling desa atau melakukan kegiatan-kegiatan menarik lainnya, misalnya:

  • Keliling desa naik andong atau sepeda onthel
  • Belajar membatik
  • Membuat kerajinan gerabah
  • Menikmati sajian kuliner khas Desa Wisata Wanurejo, dan lain sebagainya

Kalau kamu beruntung, di waktu-waktu tertentu juga akan diadakan atraksi budaya berupa kesenian-kesenian tradisional, seperti Kuda Lumping, Topeng Ireng, Ketoprak, Sendratari dan lain sebagainya.

Mampir di desat wisata cantik ini nggak lengkap rasanya tanpa memborong oleh-oleh berupa kerajinan tangan yang banyak tersedia di toko suvenir sekitar. Menarik ya?

Lokasi Desa Wisata Wanurejo: Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Desa Wisata Wanurejo: Sewa kamar Rp200.000,00-Rp500.000,00; Paket kelas kerajinan Rp50.000-Rp200.000,00 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

8. Bukit Tidar

wisata magelang bukit tidar
instagram.com/dimas_kustoro

Pesona area perbukitan di Magelang memang nggak pernah habis. Seperti di Bukit Tidar yang tingginya mencapai 503 mdpl. Suasana asri dengan pohon pinus dan cemara di sekitarnya semakin membuat wisata ini kian cantik.

Di sini terdapat tangga khusus untuk menuju puncaknya sehingga mempermudah pengunjung. Sambil melihat pemandangan sekitar yang cantik, kamu juga bisa mampir ke makam Syekh Subakir dan Kyai Semar yang dipercaya merupakan leluhur warga Magelang.

Lokasi Bukit Tidar: Magersari, Kota Magelang, Jawa Tengah

Harga tiket masuk Bukit Tidar: Rp3.000,00 (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Wisata-wisata di atas adalah salah satu bukti bahwa Magelang punya sejuta pesona. Bahkan bukan hanya terletak pada Candi Borobudurnya saja.

Tapi juga ada di wisata Magelang yang jam bukanya selama 24 jam seperti yang sudah Qupas jelaskan di atas. Tertarik untuk mampir?

0 Comment