800 Pendaki Terjebak di Rinjani karena Gempa Lombok, Begini Kabar Terbarunya

30 July 2018, at 05:35
1
0
800 Pendaki Terjebak di Rinjani karena Gempa Lombok, Begini Kabar Terbarunya

Pulau Lombok, pulau yang nggak jauh dari pulau Dewata ini memiliki banyak destinasi wisata mengagumkan. Mungkin sama dengan pulau Bali, Lombok juga memiliki pemandangan alam yang indah dengan pegunungan, pantai, bahkan gunung berapi tertinggi kedua se-Indonesia.

Gunung Rinjani berada di daerah Lombok Timur ini memiliki panorama indah yang menghipnotis para pendaki lokal maupun internasional. Bahkan kecantikannya pun membuat para pendaki pemula ingin ikut menaklukkan gunung tersebut.

Namun sayang, pada hari Minggu (29/07/18) kemarin gunung Rinjani diguncang gempa bumi yang membuat ratusan pendaki harus terjebak disana. Seperti apa kronologinya? Berikut penjelasan dibawah ini,

 

1. Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang wilayah Sumbawa

antaranews.com

Gempa Lombok berkekuatan 6,4 skala richter telah mengguncang pulau Lombok dan sekitarnya. Gempa itu terjadi pada pukul 06.47 WITA. Walaupun begitu, gempa tersebut tak berpotensi mendatangkan tsunami. Menurut BMKG setempat, gempa bumi itu berada di jarak 28 kilometer arah barat laut Lombok Timur, NTB. Tercatat hingga pukul 20.00 WIB ada 184 gempa bumi susulan yang masih terjadi. Melihat hal itu, seperti Lombok masih akan diguncang oleh gempa dengan kekuatan kecil. Adapun begitu, gempa Lombo menyebabkan ratusan para pendaki gunung Rinjani juga ikut merasakan getaran besar saat berada di atas gunung.

 

2. Ada sekitar 826 pendaki lokal maupun internasional yang ada di kawasan gunung rinjani saat gempa bumi

Suara.com

Menurut penuturan dari Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, ada sekitar 826 pendaki lokal maupun internasional yang melakukan pendakian sejak Jumat (27/07/18). Ada salah satu pendaki yang menyatakan juga bahwa saat berada di tengah kawasan gunung Rinjani, masih ada banyak orang yang terjebak disana.

 

3. Namun, hanya sekitar 150 pendaki yang berhasil turun. Sisanya masih terjebak

viva.co.id

Laporan sementara yang baru didapatkan adalah ada sekitar 115 pendaki yang sudah berhasil turun dari gunung Rinjani. Namun, masih belum bisa dipastikan berapa pendaki yang masih tersisa di sana. Kemungkinan, ada sekitar 400 orang. Semua pendaki itu berhenti dan terjebak di Danau.

 

4. Para pendaki yang terjebak dikarenakan tertutupnya akses turun karena tertutup bebatuan besar

kumparan.com

Semua pendaki yang nggak berhasil keluar dikarenakan tertutupnya akses jalur pintu Senaru dan Sembalun oleh bongkahan batu dan pasir. Itu diakibat karena gempa Lombok yang getarannya cukup besar saat dirasakan di puncak Rinjani. Adapun juga menurut pendaki yang berhasil keluar, dari danau yang ada di Rinjani. getaran yang cukup kuat dirasakan bahkan membuat sejumlah pendaki asing ikut berteriak Allahuakbar mengikuti pendaki lokal yang meminta keselamatan.

 

5. Adapun informasi yang didapatkan, ada satu pendaki yang tewas ditempat dan belum bisa dievakuasi

pontas.id

Kabar duka pun terdengar dari salah satu petugas di gunung Rinjani yang berada di sana bahwa ada satu pendaki yang meninggal dunia di puncak sana. Namun, belum diterima identitas dari jenazah tersebut karena terkendala alat komunikasi. Petugas yang ada di daerah bawah gunung Rinjani belum bisa mengevakuasi jenazah tersebut karena jalur pendakian yang masih tertutup longsor.

 

Sampai saat ini, pemerintah dan petugas setempat masih mengupayakan sekuat tenaga untuk menyelamatkan ratusan para pendaki yang ada di Gunung Rinjani. Gempa Lombok nggak hanya menyebabkan ratusan pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani, namun juga menyebabkan banyak korban meninggal dan ratusan bangunan roboh. Semoga ratusan pendaki dan warga Lombok tetap selamat dalam lindungan Tuhan yang maha esa.

0 Comment