9 Fakta Menarik Bakpia Pathok yang Jadi Warisan Budaya Indonesia, Biar Nggak Cuma Tahu Rasanya Saja

20 November 2018, at 12:00
1
0
9 Fakta Menarik Bakpia Pathok yang Jadi Warisan Budaya Indonesia, Biar Nggak Cuma Tahu Rasanya Saja

Kalau pergi jalan-jalan ke Yogyakarta pasti bawa pulang oleh-olehnya bakpia pathok. Memang ada banyak camilan dan buah tangan khas Yogyakarta yang bisa dibawa pulang. Namun tetap bakpia pathok juaranya.

Selain karena rasanya yang manis legit dan banyak aneka isiannya, di balik itu semua bakpia pathok punya fakta menarik dan kisah dibalik itu semua loh. Simak yuk, biar makin banyak tahu.

1. Jadi Warisan Budaya tak Benda

bakpia pathok
bakpiamutiarajogja.com

Bakpia Jogja adalah warisan budaya tak benda dari Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri oleh masyarakat Yogyakarta. Penobatan ini diumumkan pada tanggal 27 Oktober 2016 yang lalu.

2. Bukan asli dari Yogyakarta

asal bakpia pathok
instagram.com/bakpiajogjamurah

Walau bakpia menjadi warisan budaya tak benda, namun asal usul dari camilan legit ini bukanlah berasal dari Yogyakarta ataupun Indonesia loh.

Menurut Profesor Murdijati, guru besar FTP Universitas Gadjah Mada, bakpia adalah kuliner hasil akulturasi negara China dan daerah Jawa.

3. Nama aslinya Adalah Tou Luk Pia

nama asli bakpia pathok
instagram.com/bakpia.andong

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Nama asli camilan ini adalah Tou Lok Pia yang menggunakan dialek Hokkian yang berarti kue daging.

Awalnya isiannya memang daging babi. Namun, karena menyesuaikan budaya yang ada di Yogyakarta diganti dengan kacang hijau halus yang manis.

4. Menjadi Makanan yang Sempat Ditolak oleh Masyarakat

masa kelam bakpia pathok
instagram.com/bakpiapia

Sebelum isiannya diganti dengan kacang ijo halus, isi kue ini dulunya masih menggunakan daging babi. Lalu makanan ini ditolak dan dihindari oleh para warga setempat.

Apalagi dengan latar belakang warga China yang menjualnya. Namun setelah diperkenalkan, semakin banyak pula pembeli bakpia pada waktu itu hingga sekarang ini.

5. Asal Usul Bakpia Pathok

asal usul bakpia pathok
sukita.info

Nama Bakpia Pathok adalah sebuah merk dagang yang paling terkenal di Yogyakarta. Rasa dan kualitasnya yang sudah tak perlu lagi diragukan cukup membuat banyak orang kembali untuk membelinya lagi.

Nama Pathok sendiri diambil dari sebuah jalan, pathuk. Namun, kini nama tersebut berubah menjadi Jalan KS Tubun.

Baca juga : 8 Restoran Di Jogja Ini Ramah Anak, bisa Untuk Ultah juga

6. Kampung Sanggrahan jadi Kampung Pembuat Bakpia

asal pembuat bakpia pathok
instagram.com/gembulfoodie

Sanggrahan menjadi Kampung Bakpia yang sudah terkenal sejak tahun 1980-an.

Rata-rata warganya adalah pembuat bakpia rumahan di Yogyakarta yang sudah tergabung dalam sebuah koperasi.

Selanjutnya mereka menitipkannya kepada para pedagang yang ada di Pasar Beringharjo dan Malioboro. Dalam satu hari, per orang bisa menjual 100 dus bakpia.

7. Alasan Mengapa Bakpia Pathok Selalu Menggunakan Angka

alasan bakpia pathok menggunakan angka
dejogjaadventure.com

Alasannya adalah arti dari angka 75 atau 25 melambangkan nomor rumah yang memproduksi bakpia. Jadi Pathok diambil dari nama jalan.

Lalu angka setelahnya merupakan angka nomor rumah untuk menjadi pembeda dan orang yang membeli tidak salah beli. Menarik ya?

8. Pernah Masuk dalam Catatan Rekor Muri

bakpia pernah masuk rekor muri
instagram.com/idclassicfood

Jauh sebelum dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda, bakpia Yogyakarta pernah tercatat di Museum Rekor Indonesia.

Itu karena pernah dibuat bakpia dengan diameter 2,6 m dengan garis lingkar mencapai 8,25 m dan memiliki berat 5 ton. Untuk memasaknya saja membutuhkan dua puluh sembilan juru masak.

9. Kini Bakpia juga Menjadi Kuliner yang Dilirik oleh Para Artis Indonesia

kuliner bakpia pathok
instagram.com/puas_magz

Bukan hanya merambah ke bisnis roti-rotian, para artis Indonesia pun juga merambah ke bisnis bakpia. Dua diantaranya ada penyanyi cantik Syahrini dan aktor tampan Baim Wong yang punya kedai bakpia di Yogyakarta. Wah, sudah pernah mencobanya belum nih?

Itulah sembilan fakta menarik tentang bakpia yang mungkin baru kamu ketahui. Rasanya yang enak dan digemari oleh banyak orang sekarang ini, ternyata memiliki masa kelam hingga ditolak warga setempat. Tapi pada akhirnya diterima dan menjadi kuliner khas Jogja yang wajib dibawa pulang.

0 Comment