9 Kuliner Semarang Otentik, Carinya Hingga Blusukan ke Pasar

13 September 2018, at 10:13
0
0
9 Kuliner Semarang Otentik, Carinya Hingga Blusukan ke Pasar

Jalan-jalan di sekitar Jawa Tengah, emang sayang kalau melewatkan kuliner tradisionalnya yang enak. Kaya dengan bumbu rempah-rempah dan isianya yang meluber hingga ke pinggir piring. Salah satu juaranya adalah kuliner Semarang yang sukses bikin siapa saja langsung jatuh hati.

9 kuliner khas Semarang ini memang wajib dicicipi dan diadu dengan aneka kuliner daerah lain. Apalagi mencari tempat penjualnya yang bikin kamu hingga blusukan ke pasar-pasar. Konon rasanya lebih otentik dan harganya juga terjangkau daripada beli di pusat oleh-oleh lho!

Baca juga: 8 Kuliner Magelang yang Khas, Ada yang Buka Hingga Tengah Malam

1. Lumpia Gang Lombok

lumpia gang lombok
instagram.com/gitoeste

Jangan bilang ke Semarang deh, kalau belum pernah mencoba jajanan khas Semarang. Lumpia dengan isian rebung muda, telor, dan udang ini paling enak dimakan dengan saus dan daun bawang. Gurih kriuk dari kulit lumpianya yang membuat banyak wisatawan rela menanti panjang demi bisa menggigitnya.

Berlokasi di : Gang Lombok no.11, Pasar Johar Semarang.

Buka dari : 08:00-17:00 Wib

2. Soto bangkong

soto bangkong
instagram.com/makanharusenak

Nama soto ini diambil dari nama jalan tempatnya berada. Warung makan ini sudah ada sejak 1950an, nggak salah kalau termasuk kuliner Semarang legendaris paling dicari. Kuah soto bening dan irisan tomat segar memang menjadikannya ciri khas soto yang lain daripada yang lain. Disediakan pula sate jeroan yang gendut-gendut alias potongannya besar-besar. Dimasak dengan bumbu kecap manis yang nggak bikin rasa kemanisan di lidah.

Berlokasi di : Ruko Bangkong Plaza, Semarang.

Buka dari : 07:00-22:00 Wib

3. Gule Kambing pak Sabar

gule kambing pak sabar
instagram.com/kisahkulinerku

Gule kambing yang satu ini memiliki rasa lezat khas Semarang. Menjadi menu andalan yang paling dicari oleh para wisatawan, potongan daging kambing yang besar menggoda. Mampu membuat siapa saja yang memakannya lupa kolesterol dalam tubuh. Dijual di warung tenda bongkar pasang yang Indonesia banget, langsung aja deh. Mampir ke warung tenda pak Sabar.

Berlokasi di : Jalan Kusumawardani Samping Disnaker, Semarang.

Buka dari : 08:00-15:00 Wib

4. Bakmie Jawa

bakmie jawa
instagram.com/yuni_emma

Bakmie jawa yang menjadi andalan kuliner Semarang yang enak dan menghangatkan tubuh. Ada dua varian sajiannya, berkuah dan goreng. Tinggal pilih sesau selera sobat Qupas. Umumnya isiannya dari sayuran, telur rebuh, suwiran ayam, tomat, dan taburan bawang goreng yang kriuk. Dijamin deh nendang lidah banget.

Berlokasi di : Jalan Wotgandul Dalam no.177, Gabahan, Semarang.

Buka dari : 11:00-21:00 Wib

Baca juga: 5 Makanan dengan Nama 'Solo' ini bikin Kamu Langsung Kepengen

5. Pisang Plenet

pisang plenet
instagram.com/bayeme.lariss

Camilan khas Semarang ini terbuat dari pisang bakar dan ditekan-tekan hingga pipih. Nama plenet berartikan penyet atau ditekan dalam bahasa Indonesia. Pisang bakar ini punya banyak taburan manis yang bisa kamu pilih sesuai selera. Harganya hanya 6ribu rupiah saja per porsi, murah dan mengenyangkan.

Berlokasi di : Kawasan Gajah Mada, Semarang.

Buka dari : 24jam.

6. Kue Leker Paimo

kue leker paimo
instagram.com/travelranger.id

Biasanya kalau kue leker di daerah lain isiannya hanya pisang cokelat atau keju. Di Semarang, kue leker diberi isian keju mozarella, daging sapi, dan irisan seledri. Pasti mengenyangkan ya. Kriuk-kriuk leker yang tipis dan renyah juga bisa sobat Qupas pesan dengan aneka rasa yang lainnya.

Berlokasi di : Jalan Karang Anyar no.37, Brumbungan, Semarang.

Buka dari : 10:00-17:00 Wib

7. Tahu Gimbal

tahu gimbal
instagram.com/kakilimasemarang

Tahu gimbal ini jadi menu kuliner Semarang yang paling laris selanjutnya. Isinya ada lontong, tahu goreng, peyek udang goreng serta sayuran lalu disiram kuah kacang dan ditaburi bawang goreng yang kres. Dilengkapi dengan kerupuk dan kacang tanah goreng juga, makin nikmat ditambah sambal pedas. Menu makanan sehat yang wajib dicoba, apalagi dengan harga 15ribu rupiah saja.

Berlokasi di : Jalan Plampitan no.54, Bangunharjo, Semarang.

Buka dari : 10:00-16:00 Wib

8. Babat Gongso

babat gongso
instagram.com/nisasukarso

Babat gongso juga menjadi menu Kuliner Semarang yang wajib dicoba. Menu jeroan sapi ini diolah dengan bumbu kecap manis citarasa khas Jawa Tengah. Diolah secara tradisional dengan tungku dan bara api, menghasilkan rasa empuk dan gurih. Semangkuknya dihargai sekitar 15ribu rupiah saja. Tapi jangan banyak-banyak ya karena jerohan mengandung kolesterol tinggi.

Berlokasi di: Jalan Badak V, Pandean Lamper, Semarang

Buka dari: 18:00-23:00 Wib

9. Nasi Gandul

nasi gandul
instagram.com/herlin.lay/

Nasi gandul juga jadi menu kuliner Semarang yang berkuah dan menghangatkan. Dihidangkan di atas daun pisang sebagai alas dan nasi hangat pulen yang khas. Kenyang perut dan puasin hati food hunter banget. Pesan minumnya bisa pilih jeruk nipis yang akan menyeimbangkan menu olahan daging sapi yang terkadang mengandung lemak dan kolesterol tinggi di beberapa bagiannya.

Berlokasi di: Jalan Dokter Cipto no.12, Bugangan, Semarang.

Buka dari: 16:30-21:30 Wib

Itu dia menu kuliner Semarang yang wajib dicoba saat berlibur ke Jawa Tengah, biar lidah sobat Qupas juga bisa merasakan masakan manis, legit, dan gurih. Harganya yang murah meriah tetap hemat dan bisa coba beberapa menu sekaligus. Yuk kapan mampir ke kota lumpia?

0 Comment