9 Oasis Tercantik di Dunia, Siap-Siap Dibuat Terpukau!

09 October 2018, pada 06:49
0
0
9 Oasis Tercantik di Dunia, Siap-Siap Dibuat Terpukau!

Bicara soal suasana di gurun, nggak sedikit dari kalian pasti akan membayangkan betapa panasnya saat berada di sana. Tapi dengan adanya oasis, semua yang ada di benakmu itu akan sirna.

Oasis sendiri merupakan daerah hijau nan subur yang terisolasi di tengah gurun. Bukan hanya bermanfaat untuk sumber kehidupan, wilayah yang biasanya ada di sekitar mata air ini juga merupakan bagian penting dari jalur
perdagangan dan transportasi di daerah padang pasir.

Bahkan di dunia ini ada cukup banyak oasis yang menawarkan pemandangan cantik. Nggak heran kalau kawasan di gurun ini sering dikunjungi wisatawan.

Nggak percaya? Siap-siap, karena Qupas akan menunjukkanmu oasis di seluruh dunia yang dijamin membuatmu takjub!

1. Oasis Huacachina

oasis huacachina peru
chooseachallenge.org

Lihatlah, betapa cantiknya pemandangan Huacachina di tengah gurun dan area pemukiman ini. Terlebih lagi saat gemerlap lampu juga ikut menerangi oasis yang terletak di wilayah Ica, barat daya Peru.

Area yang juga disebut sebagai oasis Amerika ini bukan hanya menawarkan pemandangan indahnya saja. Wilayah ini juga merupakan rumah bagi ratusan penduduk.

Bahkan oasis ini juga menjadi resor untuk warga setempat dan menjadi tujuan wisata bagi kalian yang ingin menikmati seluncur pasir dan ride dune buggies. Tertarik untuk berkunjung?

Mumpung di sekitarnya ada penginapan murah dengan harga mulai 100 ribuan rupiah saja. Jadi nggak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati kecantikan Oasis Huacachina deh.

2. Wadi Bani Khalid

wadi bani khalid oman
instagram.com/ricschnupp

Bukan rahasia umum lagi kalau negara di Timur Tengah adalah surganya oasis terindah. Salah satunya adalah Wadi Bani Khalid yang berlokasi di Oman.

Sepanjang tahun, air mengalir dari sumber alami yang terletak di bagian atas lembah. Hal inilah yang membuat pohon-pohon di sekitarnya tumbuh subur dan sumber air jernih melimpah di oasis ini.

Yakin nggak ingin liburan ke sini? Apalagi ada penginapan di dekat area wisata dengan harga mulai 400 ribuan rupiah.

3. Oasis Timia

oasis timia nigeria
pinterest.com.au/blancheirene

Ini dia oasis dengan pemandangan cantik yang terletak di Nigeria, tepatnya terletak 6 jam dari kota Agaden. Pohon palem maupun buah-buahan seperti jeruk dan delima pun bisa kamu temukan di sini.

Jangan hanya membayangkan kalau kamu akan menikmati satu wisata saja saat di sini. Pasalnya ada destinasi liburan menarik lain di sekitar Oasis Timia.

Contohnya seperti air terjun di kota terdekat, Tuareg dan ada pula bekas Benteng Prancis dekat reruntuhan Kota Assodé. Menarik kan?

4. Oasis Chebika

oasis chebika tunisia
flickr.com/meleshkoalex

Kalau kalian sudah pernah melihat "Star Wars: A New Hope", pasti nggak akan asing lagi dengan Oasis Chebika. Sebab area ini adalah lokasi syuting film keren tersebut.

Letaknya di kaki Pegunungan Djebel el Negueb, Tunisia. Perlu kamu ketahui, masyarakat setempat juga menjulukinya sebagai "Qasr el-Syams", yang dalam Bahasa Arab berarti "Benteng Matahari".

Tertarik untuk berkunjung? Mumpung ada penginapan di daerah Tunisia yang harganya mulai dari 700 ribuan rupiah.

5. Oasis Maranhao

oasis maranhao brazil
instagram.com/maykovinicius

Oasis ini terletak di negara bagian Maranhão, Brazil. Karena terletak persis di luar cekungan Amazon, wilayah ini bisa menampung air dan membentuk laguna cantik dengan beragam warna.

Menariknya lagi, kawasan ini juga dirancang menjadi taman nasional oleh pemerintah setempat, yakni bernama Lencois Maranhenses. Bahkan selain sebagai lokasi wisata, area ini juga merupakan rumah bagi orang-orang Indian
Caeté, lho.

Jadi tertarik untuk berkunjung? Apalagi ada hotel di sekitarnya dengan harga mulai 600 ribuan rupiah.

Baca juga: 6 Desa Terindah Ala Negeri Dongeng, Ada di Indonesia Juga

6. Oasis Ziz

oasis ziz maroko
instagram.com/cjbrzk

Ada satu lagi nih oasis yang letaknya di Gurun Sahara, Maroko. Pemandangan cantik tentu akan kamu dapatkan di sini.

Bahkan bukan hanya menawarkan pemandangan cantik saja. Area ini juga terkenal dengan kurmanya yang lezat.

Ingin mencobanya? Mumpung ada penginapan di sekitarnya dengan harga mulai 700 ribuan nih.

7. Danau Bulan Sabit

danau bulan sabit china
rubeliba.blogspot.com

Nggak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah, di China juga ada oasis yang bisa kamu saksikan. Tepatnya ada di Gurun Gobi, Danau Bulan Sabit akan memikatmu dengan pesonanya.

Sesuai dengan namanya, bentuk danau ini memang seperti bulan sabit. Jadi nggak heran kalau kawasan wisata ini banyak menarik perhatian wisatawan.

Terlebih lagi kalian juga bisa menunggangi unta dan mengendarai ATV di padang pasir sambil berkeliling di oasis. Menarik kan?

Yuk nabung unuk bisa ke sini! Apalagi banyak penginapan di sekitarnya dengan harga mulai 100 ribuan rupiah saja.

8. Oasis Herðubreiðarlindir

oasis herðubreiðarlindir islandia
nonnitravel.is

Siapa yang akan menyangka kalau oasis cantik ini ada di wilayah Eropa. Tepatnya di puncak Gunung Herðubreið, dataran tinggi Iceland, kalian akan melihat kecantikan Herðubreiðarlindir.

Namanya juga oasis, jadi lokasinya juga berada di gurun bernama Ódáðahraun. Uniknya lagi, ternyata Herðubreiðarlindir ini terbentuk akibat letusan Gunung Trölladyngja.

9. Danau Ubari

oasis ubari libya
pandotrip.com

Kalau kamu biasanya akan melihat danau di sekitar pegunungan, kali ini berbeda dengan Ubari. Sebab kawasan wisata alam yang merupakan bagian dari Kota Erg Awbari ini berada di tengah Gurun Sahara.

Uniknya lagi, konsentrasi garam di danau ini juga sangat tinggi dan sama seperti Laut Mati. Jadi kalian bisa mengapung saat berada di atasnya.

Area ini pun merupakan pusat pertemuan dan aktivitas perdagangan bagi penduduk setempat. Mereka akan berkumpul di tepi danau untuk menjual suvenir dan barang lainnya.

Itulah beberapa oasis tercantik yang ada di dunia versi Qupas. Lokasinya pun bukan hanya ada di wilayah Timur Tengah saja.

Bahkan ada pula oasis yang letaknya di wilayah Asia Timur. Jadi nggak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmatinya deh.

0 Komentar