Ada 4 Cara Menghindari Keracunan Makanan Saat Mencicipi Masakan

16 November 2018, at 16:00
1
0
Ada 4 Cara Menghindari Keracunan Makanan Saat Mencicipi Masakan

Sering kali para ibu-ibu mengoreksi rasa pada makanan dengan cara mencicipinya di satu ujung sendok makan. Namun pada saat mencobanya, perut tiba-tiba merasa mual dan tidak enak.

Parahnya lagi, timbul bercak merah disebagian kulit. Waduh kenapa ya?

Bisa jadi kamu keracunan makanan. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak hal, mungkin pisau yang kamu gunakan untuk memotong daging atau sayur adalah sama.

Tentu bakteri daging bisa berpindah dan mengakibatkan kamu sakit perut saat memakan potongan sayur. Tenang saja, berikut empat cara menghindarinya.

1. Jangan pernah meninggalkan bahan makanan selama berjam-jam

thebutcherstable.com

Meninggalkan bahan makanan dengan suhu ruangan tanpa diberi penutup bisa mendatangkan banyak bakteri. Kemudian bakteri itu akan bersarang di serat daging.

notesonaspanishvalley.files.wordpress.com

Bukan hanya bakteri saja yang akan berkembang, namun juga kadar racun dalam bahan makanan akan meningkat. Lebih baik buang bahan yang sudah dibiarkan di suhu ruangan. Kalau merasa sayang, sebaiknya simpan di dalam kulkas.

2. Masak daging ayam dengan matang

splendidtable.org

Banyak ahli yang mengatakan tentang cara memasak daging ayam dengan benar. Bahkan banyak koki professional yang juga mempraktikan cara memasak daging ayam hingga matang. Di beberapa tutorial video memasak juga banyak yang menampilkan cara memasak daging ayam dengan kulit bertekstur renyah. 

tablefortwoblog.com

Tanpa kita sadari, jika tetap melahap daging ayam setengah matang akan membuat bakteri campylobacter berkembang secara pesat. Parahnya lagi, bakteri ini menyababkan 500.000 kasus keracunan makanan di Inggris. Jadi, pastikan jika daging ayam yang akan kamu santap benar-benar matang ya.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan pada Saat Mengolah Ayam, Pernah Melakukannya?

3. Cucilah Buah dengan Bersih

healthyvoyager.com

Mencuci buah hingga benar-benar bersih ternyata juga penting. Usahakan mencuci buah tidak hanya ala kadarnya saja ya.

menshealth.com

Hal itu dikarenakan oleh pestisida yang menempel pada buah. Usahakan membersihkannya dengan air yang terus mengalir dan menggosok setiap bagian kulit buah. Maka dari itu, sangat penting dan dianjurkan sekali untuk mencucinya sebelum mengonsumsi.

4. Masih punya sisa makanan? Panaskan dengan api sedang

 

usateatsiptrip.files.wordpress.com

Mungkin diantara para ibu sangat menyayangkan sekali jika ada sisa makanan yang tak dimakan. Sudah pasti langsung disimpan dalam pendingin ya.

fredascottcreative.com

Memanaskan kembali sisa makanan dengan api sedang akan membunuh bakteri dan kuman yang sempat mengendap dalam makanan. Dan juga, bisa mengembalikan rasa lezat pada makanan itu sendiri.

Jadi gimana empat tips menghindari keracunan makanan pada saat memasaknya? Hayo, yang perutnya sempat merasakan sakit saat mencicipi menu makanan mulai sekarang wajib mengikuti tips di atas ya.

0 Comment