Ada Banyak Variasinya, Ternyata Ini Perbedaan Bakso-Bakso di Seluruh Indonesia

25 July 2018, at 12:00
3
0
Ada Banyak Variasinya, Ternyata Ini Perbedaan Bakso-Bakso di Seluruh Indonesia

Istilah bakso berasal dari bahasa Hokkien, Bak-So yang berarti daging giling yang umumnya terbuat dari daging babi. Namun, karena penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim maka kebanyakan bakso di sini terbuat dari daging halal seperti daging ayam, sapi, maupun ikan.

Di Indonesia bakso dapat ditemukan dengan mudah baik di kelas restoran hingga penjual keliling dan di kaki lima. Setidaknya ada tiga kota yang terkenal dengan kuliner baksonya yakni Malang, Solo, dan Wonigiri. Ketiga kota tersebut memiliki ciri khas bakso sesuai dengan daerahnya masing-masing. Bakso Malang umumnya disajikan dengan olahan lain seperti pangsit dan tahu bakso dengan kuah yang cenderung lebih bening dan ringan, sedangkan bakso Wonogiri dan Solo dipadukan dengan kuah dengan aroma kaldu sapi yang kuat sehingga membuat banyak orang ketagihan.

 

Berikut ini beberapa variasi dan perbedaan bakso-bakso yang ada di seluruh Indonesia yang wajib kamu tahu sebelum menikmati kelezatannya.

 

Bakso urat

 

foody.id

Bakso urat adalah salah satu jenis bakso yang memiliki tekstur kenyal dan sedikit berserat dengan isian urat  atau tendon serta daging tetelan kasar dari sapi.

 

Bakso tenis

 

investigasi.org

Disebut dengan bakso tenis atau bola tenis, sebab bakso ini memiliki ukuran yang jumbo menyerupai ukuran bola tenis dengan isian telur ayam yang unik.

 

Bakso Malang

 

yopiefranz.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bakso Malang berasal dari Kota Malang yang punya keistimewaan penyajian lengkap dengan mie kuning, tahu bakso, siomay, dan juga gorengan.

 

Bakso Solo

 

oomph.com

Bakso Solo dan Wonogiri memiliki ukuran yang lebih kecil dengan isian yang juga tidak selengkap bakso Malang dengan kuah rasa sapi yang kuat dan terdapat irisan daging sapi atau tetelan. Di beberapa tempat, bakso Solo juga disajikan dengan sayuran sawi segar sebagai pelengkapnya.

 

Bakso balungan

 

tandapagar.com

Dimasak dan disajikan dengan menambahkan balungan atau tulang, bakso balungan merupakan salah satu kuliner khas dari daerah Demak, Jawa Tengah. Banyak orang menggemari bakso balungan karena ada sensasi kenikmati saat menggerogoti serpihan daging pada potongan tulang.

 

Bakso bakar

 

cookpad.com

Bakso bakar adalah jenis bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung tanpa arang serta disajikan bersama bumbu kacang atau bumbu kecap dan kuah kaldu yang hangat.

 

Bakso tahu goreng

 

Jenis bakso ini banyak dijumpai di Kota Bandung. Terbuat dari daging sapi yang dikombinasikan dengan tahu lalu digoreng saat disajikan.

 

Itulah ketujuh jenis bakso yang populer di Indonesia, yang mana favoritmu?

0 Comment