Ada dalam Produk Kecantikanmu, 8 Bahan Kosmetik Ini Ternyata Masih Diragukan Kehalalannya

17 June 2019, at 18:00
0
0
Ada dalam Produk Kecantikanmu, 8 Bahan Kosmetik Ini Ternyata Masih Diragukan Kehalalannya

Sekarang ini memang sudah cukup banyak brand kecantikan lokal yang bersertifikasi halal. Tapi terkadang, kamu justru lebih cocok memakai produk impor yang belum bisa dipastikan kehalalannya.

Nah supaya lebih aman, kamu harus lebih aktif untuk memeriksa kandungannya. Bahan kosmetik ataupun skincare yang tergolong nggak halal adalah yang menggunakan mikroba hasil rekayasa genetika dan melibatkan gen manusia atau hewan haram seperti babi.

Selain kandungan yang sudah dipastikan haram tersebut, ada pula beberapa bahan kosmetik yang baiknya dihindari karena masih diragukan kehalalannya. Apa saja?

1. Plasenta

plasenta bahan kosmetik haram
instagram.com/innisfreeofficial

Plasenta adalah bahan yang disinyalir bisa mempertahankan kekenyalan kulit. Biasanya ditemukan dalam produk pelembab wajah, sabun mandi, body lotion, hingga lipstik.

Bahan ini akan menjadi haram apabila diambil dari manusia dan hewan haram. Kamu pun perlu berhati-hati, karena plasenta juga sering disamarkan dengan nama 'protein'.

Tapi apabila plasenta yang digunakan diambil dari hewan yang halal dan diperoleh melalui persalinan, berarti boleh dipakai oleh muslim.

2. Gliserin

bahan kosmetik gliserin
instagram.com/mediheal_official

Bahan yang satu ini juga sangat familiar di telinga karena digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Mulai dari sabun mandi, pelembab, masker, sunscreen, lipstik, dan masih banyak lagi.

Gliserin sendiri berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Biasanya diperoleh dari hidrolisis lemak atau minyak dari tumbuhan dan hewan.

Mengapa masih diragukan kehalalannya? Karena akan jadi bersifat haram bila berasal dari lemak hewan yang haram.

3. Kolagen

kolagen dalam skincare
instagram.com/laneige_kr

Kolagen biasanya mudah ditemukan dalam skincare anti aging. Karena seperti yang diketahui, senyawa ini sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit.

Sebenarnya kolagen bisa diambil dari jaringan ikat kulit babi, biri-biri, kambing, atau sapi. Sayangnya, bahan yang berasal dari babi lebih sering digunakan dalam produk kosmetik.

Hal ini karena kolagen dari babi dinilai lebih bagus dan ekonomis.

4. AHA

skincare aha
instagram.com/innisfreeofficial

Alpha Hydroxy Acid atau lebih dikenal dengan AHA memang sedang hype dipakai untuk bahan skincare. Asam ini bekerja dengan sangat baik untuk mengelupas sel kulit mati di permukaan wajah.

Meski chemical exfoliator ini biasanya diambil dari tebu, almond, dan anggur, tapi kamu juga patut waspada karena pembuatan AHA ada yang melibatkan media yang berasal dari hewan yang belum tentu halal.

Baca juga: Mengenal Kehebatan AHA, BHA, dan PHA, Asam dalam Skincare yang Bikin Wajah Flawless

5. Vitamin

vitamin dalam skincare
instagram.com/luxcrime_id

Bahan yang satu ini banyak ditemukan dalam produk perawatan wajah, tubuh, juga rambut. Sayangnya ada beberapa vitamin yang kurang stabil.

Dan untuk menstabilkannya biasanya diperlukan gelatin yang berasal dari babi ataupun hewan haram lainnya. Inilah yang harus kamu waspadai.

6. Hormon

skincare anti aging
instagram.com/laneige_kr

Hormon estrogen, ekstrak timus, dan melantonin biasanya ditemukan dalam skincare anti aging. Fungsinya sendiri bisa membuat penggunanya jadi terlihat lebih segar dan awet muda.

Akan tetapi, hormon yang dipakai umumnya diambil dari hewan. Sehingga perlu dipastikan lagi halal atau tidaknya.

7. Allantoin

kandungan allantoin
instagram.com/holikaholika_official

Allantoin dan turunannya mampu bekerja dengan baik dalam mempertahankan kelembaban kulit juga mengatasi iritasi. Bahan ini bisa ditemukan dalam deodoran, pelembab wajah, pasta gigi, shampo anti ketombe, hingga produk anti iritasi untuk bayi.

Sedangkan asalnya, Allantoin yang aman dan boleh digunakan bisa diperoleh dari benih gandum, cacing tanah, dan komponen organik lainnya.

Namun kamu perlu hati-hati juga karena ada Allantoin yang diambil dari janin makhluk hidup, air seni anjing, juga hewan haram lainnya.

8. Lanolin

efek lipstik glossy
instagram.com/etudehouseofficial

Lanolin digunakan untuk menamai sejenis minyak atau lemak yang biasanya beradal dari hewan. Kamu bisa menemukannya dalam produk lotion, skincare pemutih wajah, dan pemberi efek glossy pada lipstik.

Bahan kosmetik ini akan menjadi haram kalau proses penyembelihan hewannya menyimpang dari syariah Islam.

Nah, itulah 8 bahan kosmetik yang perlu kamu waspadai karena masih dipertanyakan sifat halalnya. Coba cek deh, ada apa nggak di dalam produk skincare dan makeup-mu?

0 Comment