Ada Manfaat Tersembunyi di Balik Rajin ke Pantai Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

20 March 2019, at 07:00
0
0
Ada Manfaat Tersembunyi di Balik Rajin ke Pantai Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Pantai merupakan tempat yang diidentikkan dengan ketenangan dan liburan. Menurut penelitian, tempat yang juga sering disebut sebagai “ruang biru” ini bisa membuat seseorang merasa nyaman seperti terhipnotis.

Pergi ke pantai di sela-sela kesibukan dan segala beban hidup maupun pekerjaan merupakan pilihan yang tepat. Alam akan membuat seseorang menjadi lebih rileks dan mendapatkan banyak manfaat, baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Memang ada banyak alam terbuka yang bisa menjadi destinasi liburan, namun beberapa manfaat ini akan kamu rasakan jika rajin pergi ke pantai.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Ini Tanda Kamu Stres dan Butuh Piknik!

1. Menghilangkan Stres

menghilangkan stres
pexels.com/@riciardus

Rajin pergi ke pantai akan membuatmu mengurangi stres akibat aktivitas dan kesibukan yang padat. Hal tersebut terjadi karena langit biru, air, ombak, dan bahkan pasir pantai akan membuatmu merasa lebih nyaman dan rileks.

Itulah mengapa tubuh akan melepaskan hormon seretonin dan stres pun akan menghilang.

2. Mengurangi Depresi

mengurangi depresi
pexels.com/@jacub-gomez-447561

Pergi ke pantai akan membantu menguarangi depresi dan kegelisahan yang kamu miliki. Ada sebuah perasaan lega ketika seseorang memandang laut yang sangat luas dan membuatnya terlihat kecil.

Hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan mental, oleh sebab itu membayangkan laut biasanya digunakan dalam latihan relaksasi.

3. Meningkatkan Kreativitas

meningkatkan kreativitas
pexels.com/@belart84

Menurut penelitian, berada di pantai dengan santai akan meningkatkan kreativitas seseorang. Hal ini karena termpat tersebut diselimuti dengan warna ketenangan yaitu biru.

Maka orang dapat dengan mudah membersihkan pikiran dan memecahkan masalah dengan cara yang lebih kreatif.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

meningkatkan kekebalan tubuh
pexels.com/@pixabay

Siapa sangka, rajin ke pantai dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Sinar matahari yang kaya akan vitamin D dapat membantu mencegah penyakit autoimun.

Selain itu kandungan mineral pada air laut juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengeluarkan racun-racun yang bersarang.

Baca Juga: Dianggap Jorok, Kebiasaan-Kebiasaan Ini Justru Meningkatkan Kekebalan Tubuh

5. Bagus untuk Kulit

bagus untuk kesehatan
pexels.com/@bayu-jefri-233070

Bukan hanya bisa menyehatkan mental saja, sering-sering pergi ke pantai juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, lho.

Pasir pantai yang halus ternyata merupakan exfoliator alami yang berfungsi seperti scrub untuk membersihkan kulit mati. Selain itu, sinar matahari yang terik di pinggir laut juga baik untuk penderita psoriasis.

Selain itu, garam dan kalium klorida dalam air laut juga membantu penyembuhan ruam kulit serta memberikan nutrisi pada kulit.

6. Mendapatkan Banyak Vitamin D

mendapatkan banyak vitamin d
pexels.com/@girlan-xm-889641

Mengunjungi pantai, terutama di pagi hari akan membuat seseorang mendapatkan banyak asupan vitamin D yang mampu menyehatkan tulang, rambut, dan juga organ lainnya.

Selain itu, udara pantai yang jauh dari ion negatif dapat menyeimbangakan hormon seretonin dan membuat stres berkurang serta tidur menjadi lebih nyenyak.

7. Membuang Racun dan Sehatkan Jantung

menyehatkan jantung
pexels.com/@belart84

Pantai dan air laut mengandung banyak sekali mineral seperti yodium yang mampu meningkatkan fungsi tiroid dan memperbaiki kekebalan tubuh.

Ruang biru tersebut juga memiliki kualitas detoksifikasi yang baik sehingga menghabiskan waktu dengan bermain atau berenang di pantai selama kurang lebih dua jam dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan menyehatkan jantung.

8. Menyembuhkan Infeksi

menyembuhkan infeksi
pexels.com/@rawpixel

Pernahkan kamu mendengar bahwa penyakit kulit dapat sembuh dengan mandi air laut? Hal ini karena di dalamnya terkandung garap dan mineral yang bersifat anti mikroba.

Sehingga berendam di pantai akan membuat berbagai infeksi tubuh sembuh, terutama yang menyerang bagian kaki.

Nah, itu dia 8 manfaat pergi ke pantai yang harus kamu ketahui. Sekarang tidak perlu ragu lagi untuk berlibur ke sana karena takut hitam dan lain sebagainya.

0 Comment