Agar Hidupnya Lebih Bahagia, Tanamkan Rasa Syukur pada Anak Mulai Sekarang

14 November 2019, at 17:00
0
0
Agar Hidupnya Lebih Bahagia, Tanamkan Rasa Syukur pada Anak Mulai Sekarang

Seseorang akan dikelilingi dengan kebahagiaan apabila bisa menerima atau mensyukuri hal-hal yang ia miliki. Maka dari itu, mengajarkan rasa syukur kepada anak sejak kecil merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Lantas, bagaimana sih caranya? Berikut ini beberapa tips parenting dari Qupas tentang menanamkan rasa syukur kepada anak yang bisa kamu terapkan di rumah.

1. Membiasakan untuk Mengucapkan Terima Kasih

bersyukur
serpromise.org

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengajarkan anak tentang rasa syukur adalah dengan membiasakan mengucapkan terima kasih kepada orang lain dalam kehidupan sehari-hari sejak dini.

Ajarkan si kecil untuk berterima kasih mulai dari hal-hal kecil seperti kepada seseorang yang membantunya menyisir rambut, atau kepada bapak satpam yang membukakan gerbang untuknya di sekolah.

Jadikanlah hal tersebut sebagai kebiasaan yang bukan sekadar basa-basi, namun ungkapan dari hati. Berikan pemahaman pada anak bahwa bantuan sekecil apapun adalah anugerah yang perlu disyukuri. Dengan demikian, ucapan terima kasih itu akan lebih bermakna dan berarti.

2. Membantu dan Berbagi dengan Orang Lain

mengajarkan berbagi
peace-rehabilitation.org

Selain membiasakan anak untuk mengucapkan terima kasih, orang tua juga bisa mengajarkan si kecil untuk bersyukur dengan memberikan bantuan atau berbagi dengan orang lain.

Berikan konsep yang menyenangkan tentang membantu dan berbagi dengan orang lain pada anak sehingga ia terbiasa dan senang melakukan hal tersebut.

Secara nggak langsung, hal tersebut akan menumbuhkan rasa syukur pada buah hati atas hidupnya yang berkecukupan dan masih bisa memberikan bantuan dan berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan.

3. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

belajar bersyukur
amicuslaw.com.au

Setiap orang tua tentu saja nggak ingin melihat anaknya kesulitan. Meskipun demikian, terlalu memanjakan buah hati dan menuruti segala keinginannya hanya akan membuat si kecil kurang menghargai segala sesuatu yang dimiliki.

Sesekali menolak permintaan anak nggak ada salahnya kok. Hal tersebut akan membuatnya belajar untuk bersabar dan bersyukur.

Baca Juga: Takut Anak Jadi Egois? Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Menghindarinya

4. Membuat Daftar Syukur

membuat daftar syukur
123rf.com

Selain itu, kamu juga bisa mengajak anak membuat daftar hal-hal yang patut disyukuri. Dengan demikian, buah hati akan terbiasa menghargai berbagai hal, sekecil apapun itu.

Buatlah daftar yang sederhana, misalnya karena hari itu nggak hujan, atau hari itu diberikan kesehatan, atau karena makan kenyang, dan lain sebagainya.

5. Menjadi Contoh

keluarga bahagia
fototechnix.com

Selama menerapkan empat hal di atas, orang tua juga perlu mengimbanginya dengan memberikan contoh bersyukur secara nyata kepada buah hati.

Misalnya, saat meminta anak berterima kasih kepada orang lain maka orang tua pun perlu melakukan hal tersebut kepada buah hati. Bagaimana pun, anak akan mengambil contoh dari orang terdekat mereka sehingga kamu perlu menunjukkan yang terbaik.

Jadi bagaimana Sobat Qupas, nggak terlalu sulit kan untuk menanamkan rasa syukur pada si kecil sejak dini? Yuk mulai dari sekarang!

0 Comment