Agar Kasus Sulli Nggak Terulang, Begini Cara Berkomunikasi dengan Orang Depresi

17 October 2019, at 00:00
0
0
Agar Kasus Sulli Nggak Terulang, Begini Cara Berkomunikasi dengan Orang Depresi

Kabar duka datang dari aktris sekaligus penyanyi, Sulli, yang ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri di kediamannya beberapa hari yang lalu.

Polisi mengatakan bahwa mantan personel girlband f(x) tersebut diduga melakukan bunuh diri karena depresi berat yang dideritanya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Sulli seringkali mendapatkan komentar negatif dari netizen, khususnya di media sosial.

Hal tersebut bahkan sempat membuat perempuan 25 tahun itu rehat dari dunia hiburan pada tahun 2014. Sulli mengaku sudah lelah secara fisik dan mental menghadapi komentar jahat serta rumor yang nggak benar tentangnya.

sulli
instagram.com/jelly_jilli

Nggak berhenti di sana, artis cantik tersebut juga sempat mendapatkan perawatan intensif akibat gangguan mental yang dialaminya. Mirisnya, meskipun sudah berterus terang dan meminta pertolongan, masih banyak saja orang yang melemparkan komentar negatif kepada Sulli.

Depresi sendiri bukanlah perubahan suasana hati yang normal. Lebih dari itu, gangguan mental ini membuat seseorang merasa putus ada dan penyakit ini nggak boleh disepelekan.

Meskipun para ahli belum mengetahui secara pasti penyebab depresi, namun komentar negatif atau lingkungan yang nggak mendukung bisa menjadi salah satu faktornya lho. Nggak hanya Sulli, depresi bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau status sosial.

depresi
pexels.com/@topheemarquez

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kamu juga memiliki seorang teman atau orang dekat yang mengalami depresi atau mengatakan bahwa ia ingin bunuh diri.

Baca Juga: Tanda-tanda Mentalmu Nggak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

Menghadapi orang depresi memang bukan hal yang mudah. Ketidaktahuan dan kepekaan yang kurang mungkin membuatmu melontarkan kata-kata yang justru keliru.

Agar kasus Sulli nggak terulang lagi, sebaiknya kamu memerhatikan cara berkomunikasi dengan orang depresi berikut ini.

menghadapi orang depresi
123rf.com

Beikut ini beberapa kalimat yang harus dihindari saat berbicara dengan orang depresi:

  • “Ada orang lain yang nasibnya lebih buruk dari kamu.”
  • “Aku tahu apa yang kamu rasakan, aku juga sudah pernah mengalaminya.”
  • “Berhenti mengasihani dirimu sendiri!”
  • “Ini salahmu sendiri, berusahalah lebih keras!”
  • “Kamu depresi? Kok nggak kelihatan?”

penderita depresi
123rf.com

Sebaliknya, kalimat-kalimat positif seperi di bawah ini yang sebaiknya kamu katakan:

  • “Kamu nggak sendirian menghadapi ini, aku akan selalu ada untukmu karena aku menyayangimu.”
  • “Meskipun aku nggak benar-benar bisa tahu apa yang kamu rasakan, tetapi aku akan ada saat kamu membutuhkan orang untuk bercerita, menangis, atau pelukan.”
  • “Kamu ingin sebuah pelukan?”
  • “Kamu berharga untukku, aku nggak akan meninggalkan atau mengabaikanmu.”
  • “Maaf kamu harus menderita begini, kamu sudah melakukan yang terbaik. Terima kasih sudah mau bertahan.”

Baca Juga: Hati-Hati Depresi! Media Sosial Bisa Pengaruhi Kesehatan Mentalmu

Saat berbicara dengan orang depresi, sebaiknya dengarkan segala keluh-kesahnya, jangan membandingkan dengan dirimu atau orang lain.

Kamu nggak akan pernah bisa memahami perasaannya, sehingga lebih baik berikan kata-kata positif dan penuh kasih sayang untuk membantunya. Semoga Sobat Qupas dan orang-orang terdekat selalu terhindari dari masalah kesehatan mental, ya!

0 Comment