Agar Si Kecil Nggak Kecanduan Game Online Seperti Anak Inul Daratista, Terapkan Ini Yuk Bun!

04 December 2019, at 19:00
0
0
Agar Si Kecil Nggak Kecanduan Game Online Seperti Anak Inul Daratista, Terapkan Ini Yuk Bun!

Baru-baru ini, muncul permberitaan tentang penyanyi dangdut Inul Daratista yang mendapatkan tagihan mencapai Rp65 juta dari game online yang dimainkan oleh anaknya. Wah, jumlah yang cukup fantastis ya?

Anak kecanduan bermain game memang merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orang tua zaman sekarang. Lantas, bagaimana ya cara mencegahnya?

Supaya nggak mendadak tagihan dengan jumlah yang bikin Bunda hampir pingsan, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar anak nggak kecanduan game.

1. Batasi Waktu Bermain Game

kecanduan game
coffscoastadvocate.com.au

Pertama-tama, orang tua sebaiknya nggak membebaskan anak begitu saja untuk mengakses game online. Berikan batasan dan aturan yang jelas terkait dengan waktu bermain.

Perbolehkan si kecil bermain game dengan waktu yang wajar yaitu selama 1 jam sehari pada hari biasa dan 2 sampai 3 jam saat weekend.

2. Simpan Gadget dan Pasang Password

gawai
theukdomain.uk

Selain membatasi waktu bermain, orang tua juga sebaiknya menyimpan gadget dengan baik karena benda tersebut merupakan media si kecil untuk bermain game online.

Sebaiknya, jangan sembarangan meletakkan gawai di tempat yang mudah dijangkau buah hati. Kamu juga perlu memasang password yang sulit di tebak sehingga anak nggak bisa bermain diam-diam dan harus meminta izinmu terlebih dahulu.

3. Lakukan Kegiatan Menyenangkan dengan Anak

keluarga
shermanlakeymca.org

Mengurangi waktu bermain game anak kemungkinan besar akan membuatnya menjadi lebih mudah bosan. Maka dari itu, ada baiknya apabila orang tua mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Kamu bisa mengajak buah hati untuk menonton film bersama, piknik di alam terbuka, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Kegiatan Menyenangkan Ini Bisa Tingkatkan Kedekatan Anak dan Orang Tua Lho!

4. Berikan Ketegasan

anak kecanduan game
skillastics.com

Beberapa orang tua mungkin nggak tega kalau sudah melihat si kecil muram atau bahkan tantrum saat nggak diperbolehkan bermain gawai atau game. Akan tetapi, kamu harus tegas supaya si kecil nggak kecanduan.

Menurutinya sekali akan membuat anak terus melakukan hal yang sama agar tetap diperbolehkan bermain lho.

5. Jadikan Bermain Game Sebagai Hadiah

anak bermain game
gmbox.ru

Orang tua juga bisa membuat peraturan dan menjadikan game sebagai hadiah untuk mencegah si kecil kecanduan. Misalnya, buah hati hanya boleh bermain game apabila sudah melakukan tugas yang telah ditentukan bersama.

Berikan tugas yang mudah-mudah saja Bunda, seperti membereskan mainannya, membereskan tempat tidur, mengerjakan PR dan lain sebagainya. Tegaskan juga bahwa ia nggak boleh bermain game kalau hal-hal tersebut belum dilakukan.

6. Berikan Contoh

parenting
cheekychops.ca

Ini merupakan hal paling penting yang harus kamu lakukan sebagai orang tua apabila nggak mau buah hati kecanduan bermain gawai bahkan game online. Berikan contoh pada anak secara nyata.

Coba perhatikan lagi deh, apakah kamu terlalu banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget? Kalau iya, si kecil juga pasti menirunya lho.

Jadi itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah si kecil kecanduan bermain game, terutama game online.

0 Comment