Agar Tetap Selamat Selama Berwisata Menjelajah Alam, 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan

17 July 2018, at 10:53
2
0
Agar Tetap Selamat Selama Berwisata Menjelajah Alam, 4 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan

Mengingat banyaknya risiko yang mungkin akan terjadi di alam bebas, banyak hal yang harus diperhatikan oleh para penjelajah sebelum melakukan wisata alam. Di antaranya adalah melakukan berbagai persiapan yang matang  agar perjalanan terasa nyaman dan aman. Nah, buat kamu yang berencana melakukan liburan dengan melakukan wisata menjelajah alam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut ini.

 

pexels.com

 

Perencanaan yang matang

 

Mengingat medan yang akan dilalui adalah alam bebas, sebaiknya segala perencanaan dipersiapkan dengan matang agar mempersempit risiko terjadinya hal yang berbahaya dan membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Menjelajah alam bebas tanpa memikirkan keselamatan diri bukanlah sikap yang terpuji, demi keamanan bersama sebaiknya semua dipersiapkan dengan baik.

 

Persiapan penjelajahan

 

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan penjelahan, termasuk persiapan secara mental. Artinya, seorang penjelajah tidak boleh mudah putus asa saat menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan di alam terbuka. Selain itu, bagi mereka yang akan menjelajah alam juga diwajibkan memiliki keterampilan yang baik terutama tentang kondisi cuaca saat itu, rute perjalanan yang akan ditempuh, teknik penjelajahan, dan tentang alat-alat yang digunakan untuk menjelajah, agar tetap selamat dan aman saat perjalanan.

 

Kondisi fisik yang baik

 

Menjelajah alam tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, medan yang akan dilalui seringkali membutuhkan stamina dan fisik yang kuat agar dapat terlewati dengan lancar Jadi, menjaga fisik agar tetap sehat dan prima merupakan kunci utama dalam melakukan penjelajahan alam.

 

Memahami etika penjelajahan

 

Selain melakukan berbagai persiapan yang terkait dengan kondisi fisik, seorang penjelajah wajib memahami etika-etika penjelajahan di alam bebas, seperti dilarang memetik bunga atau tanaman yang dilindungi, menangkap hewan liar, atau mengambil bebatuan untuk dijadikan oleh-oleh semata dan juga meninggalkan jejak berupa sampah yang berserakan. Di samping itu penting juga untuk mengetahui norma-norma dan kaidah yang dianut oleh masyarakat di sekitar lokasi penjelajahan.

 

Itulah beberapa hal yang sebaiknya perlu diperhatikan sebelum melakukan wisata menjelajah alam. Jika semuanya dapat dipersiapkan dengan baik, niscaya perjalanan akan lebih aman dan menyenangkan.
0 Comment