Qupas Travel

Agrowisata Kaligua, Tempat Wisata di Brebes yang Membuatmu 'Feeling Good'

06 March 2020, at 04:00
Agrowisata Kaligua, Tempat Wisata di Brebes yang Membuatmu 'Feeling Good'

Wisata bertema alam bisa dibilang nggak akan ada matinya. Seperti Agrowisata Kaligua yang berada di Brebes, Jawa Tengah.

Kebun teh satu ini menjadi salah satu wisata favorit traveler berbagai kalangan, termasuk generasi milenial. Apa sih yang membuatnya banyak disukai banyak pengunjung? Simak langsung ulasan di bawah ini, ya!

1. 'Feeling Good'-nya Brebes

Wisata Kebun Teh Kaligua (Foto: instagram.com/novemlawalata)
instagram.com/novemlawalata

Beberapa hari belakangan, dunia pariwisata dihebohkan dengan keberadaan padang savana di Jawa Timur. Tepatnya di Desa Manduro, Ngoro, Mojokerto.

Kemudian, bekas tambang di Jawa Timur tersebut mendadak diserbu oleh pengunjung saking cakepnya. Apalagi ada pemandangan Gunung Penanggungan. Sayang, Savana Manduro atau 'Feeling Good' tersebut sempat ditemukan banyak sampah karena ulah traveler nggak bertanggung jawab.

Nah, buat kamu yang berada di Jawa Tengah dan mulai resah karena penasaran dengan padang rumput tersebut, nggak perlu khawatir. Karena kamu bisa menikmati keindahan 'Feeling Good' ala Brebes, yaitu Agrowisata Kaligua.

2. Warisan Belanda yang tetap lestari

Kaligua Brebes (Foto: instagram.com/ayu_wiyanto)
instagram.com/ayu_wiyanto

Beda dari Savana Manduro, tempat wisata di Jawa Tengah ini merupakan salah satu warisan Belanda yang masih lestari sampai sekarang.

Destinasi ini sebenarnya adalah kebun teh milik PTPN IX yang didirikan tahun 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda. Kemudian sempat dikelola oleh pengusaha bernama Van De Joeng.

Berada di sini, kamu juga berkesempatan untuk melihat dari dekat proses pembuatan teh hitam khas Kaligua, lho. Mulai dari proses pelayuan daun, penggilingan, sampai proses akhir, ataupun menikmati kesegaran minuman tersebut juga bisa kamu lakukan.

3. Bukan sekadar kebun teh

Kebun Teh Kaligua (Foto: instagram.com/adeyilhamzt)
instagram.com/adeyilhamzt

Agrowisata Kaligua bisa dibilang bukan sekadar kebun teh. Karena kamu juga bisa melihat keindahan alam lainnya di sini, seperti panorama matahari pagi yang memancar di lereng Gunung Slamet.

Selain itu, di sini juga tersedia wahana seru seperti flying fox, perahu bebek untuk keliling kolam, dan spot-spot menarik lainnya. Ada pula beberapa tempat wisata di sekitar kebun teh yang bisa kamu kunjungi, seperti Gua Jepang dan Tuk Bening.

Baca juga: 5 Umbul di Boyolali yang Tawarkan Sensasi Berenang di Kolam Tradisional

4. Wisata murah di Brebes

Agrowisata Kaligua (Foto: instagram.com/iman91270)
instagram.com/iman91270

Bisa dibilang, Agrowisata Kaligua adalah salah satu wisata murah di Jawa Tengah, khususnya Brebes. Karena cuma bayar Rp8 ribu, kamu sudah bisa masuk di destinasi ini.

Kalau ingin liburan ke Gua Jepang maupun Tuk Bening, masing-masing wisata tersebut mematok tarif tiket sebesar Rp3 ribu saja. Tapi ingat, info bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung kebijakan dari pengelola ya!

5. Cara ke Kebun Teh Kaligua

Feeling Good Brebes (Foto: instagram.com/wulandary.amoy)
instagram.com/wulandary.amoy

Kebun Teh Kaligua berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Untuk menuju ke wisata ini, pastikan kondisi kendaraanmu sangat fit. Ini karena jalan yang akan kamu lewati berbatu.

Rute menuju ke arah perkebunan ini nggak terlalu sulit. Patokannya dari pertigaan Kaligua (dekat Flyover Kretek). Dari sini, kamu bisa belok kanan dengan menempuh jarak sekitar 15 kilometer.

Well, itu dia ulasan singkat tentang Agrowisata Kaligua yang akan membuatmu 'Feeling Good'. Gimana, dari foto-fotonya, nggak kalah cakep sama Padang Savana Manduro kan?