Air Terjun Coban Rondo dan 5 Wisata Lain di Malang yang Adem di Hati

08 October 2018, at 14:19
0
1
Air Terjun Coban Rondo dan 5 Wisata Lain di Malang yang Adem di Hati

Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu destinasi liburan populer di Malang. Kesejukan dan panorama alam yang ditawarkan memang selalu sukses memanjakan mata.

Tapi tahukah kamu kalau bukan hanya Coban Rondo saja yang bisa kamu tuju saat berada di Kota Apel? Bahkan pesonanya juga nggak kalah cantik dari wisata air terjun ini.

Nggak percaya? Siap-siap, karena kali ini Qupas akan menunjukkanmu beberapa wisata air terjun di Malang dengan daya pikatnya yang khas.

Dijamin kamu akan takjub dan nggak sabar ingin segera liburan. Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Coban Sewu

coban sewu
instagram.com/cobansewu

Saat berada di Coban Sewu, dijamin kamu akan terpesona. Pasalnya air terjun satu ini punya banyak sumber air yang meluncur dengan cantiknya dari tebing hingga ke dasar.

Hal inilah yang membuat objek wisata ini dinamakan coban sewu, dimana berarti air terjun seribu. Unik banget ya?

Wisata di Malang ini juga dikenal dengan nama Coban Tumpak Sewu dan Tumpang Sewu. Hal ini karena aliran airnya tampak seperti bertumpuk-tumpuk satu sama lain.

Lokasinya ada di Besukcukit, Sidorenggo, Ampelgading. Dari Malang, jaraknya sekitar 65,8 kilometer dan bisa ditempuh selama 2 jam 9 menit berkendara.

coban sewu malang
instagram.com/octacatic

Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, kamu bisa menuju ke arah selatan. Rutenya dimulai dari Tirtoyudo-Dampit-Turen-Ampelgading-Pronojiwo.

Meski perjalanan cukup panjang, namun rasa lelah akan terbayar begitu sampai di lokasi wisata. Terlebih lagi, di sepanjang perjalanan kamu akan melihat panorama alam yang cantik.

Menariknya lagi, kamu hanya perlu menyediakan budget sebesar lima ribu rupiah saja untuk bisa masuk ke wisata ini, lho. Sangat terjangkau kan?

Tunggu apa lagi? Buruan liburan ke Coban Sewu mumpung buka setiap hari!

2. Air Terjun Coban Rondo

air terjun coban rondo
instagram.com/sunchase.journey

Sudah nggak diragukan lagi kalau Coban Rondo menjadi destinasi liburan favorit. Baik turis lokal maupun mancanegara pun tampak antusias dengan wisata di Malang ini.

Pesona Coban Rondo juga semakin menakjubkan karena ketinggiannya mencapai 84 meter serta debit air yang cukup besar. Ditambah lagi dengan pemandangan cantik di sekitarnya.

Jangankan pemandangan dan spot foto cantik. Beragam aktivitas seru bisa kamu lakukan di sekitar Coban Rondo, seperti:

  • Berkemah
  • Trekking
  • Mengendarai sepeda gunung
  • Menunggangi kuda
  • Mengendarai kereta kelinci
  • Fun tubing
  • Paint ball

Lokasi air terjun ini ada di Jalan Coban Rondo, Pandesari, Pujon. Dari Malang, jaraknya pun sekitar 29,5 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam 19 menit berkendara.

air terjun coban rondo malang
instagram.com/bu_bud

Selama perjalanan, kamu akan menemui tanjakan landai maupun tajam. Bahkan area perbukitan dengan pemandangan cantik juga akan kamu jumpai.

Nggak perlu takut tersesat untuk menuju ke sini. Pasalnya sudah tersedia papan petunjuk yang cukup jelas.

Untuk tiket masuk, kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai tiga puluh tiga ribu rupiah per orangnya. Terjangkau kan?

Apalagi kamu akan puas berlama-lama di objek wisata yang buka selama 24 jam. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan ini!

3. Coban Pelangi

coban pelangi
instagram.com/napluntot

Selain Air Terjun Coban Rondo, masih ada lagi nih objek wisata serupa di Malang yang bisa kamu kunjungi. Pesonanya juga nggak kalah menarik. 

Bukan hanya ada air terjun yang mengalir dengan indahnya. Panorama alam disertai tebing yang ditumbuhi dengan beragam tanaman hijau akan memanjakan matamu.

Karena letaknya tepat di kaki Gunung Semeru, hawa sejuk tentu akan kamu rasakan saat berada di sini. Apalagi Coban Pelangi berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut.

Lokasinya ada di Dusun Ngadas, Poncokusumo. Dari Malang, jaraknya sekitar 78 kilometer.

Untuk bisa sampai di Coban Pelangi, kamu perlu ke arah timur menuju Kecamatan Tumpang. Ikuti petunjuk jalan ke Gunung Semeru dan Bromo.

coban pelangi malang
instagram.com/makushoda

Dari kawasan ini, akses jalan masih terbilang mudah. Tapi begitu sampai di Desa Gubuk Klakah, hambatan akan kamu temui.

Jadi pastikan dulu kondisi rem dan kendaraanmu prima saat berada di area ini. Selanjutnya ambil arah ke Gunung Semeru dan Bromo.

Sekitar 10 kilometer dari Gunung Semeru dan Bromo, Coban Pelangi akan kamu temui. Tapi perjuangan masih terus berlanjut karena kamu masih harus jalan kaki sejauh 1 kilometer untuk bisa sampai ke objek wisata.

Kamu pun perlu menyediakan budget senilai tiga ribu rupiah untuk bisa masuk ke objek wisata. Selain itu ada pula biaya parkir sebesar lima ribu rupiah (motor) dan sepuluh ribu rupiah (mobil).

Terjangkau kan? Apalagi kamu bisa berkunjung setiap hari ke Coban Pelangi.

Baca juga: 10 Spot Foto di Museum Angkut Malang yang Paling Cakep untuk Instagrammu

4. Coban Jahe

coban jahe
instagram.com/timur.laut

Coban Jahe terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung. Jaraknya pun sekitar 23 kilometer dari Malang.

Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, kamu bisamenuju ke arah timur. Lebih jelasnya, ikuti arah ke Gunung Semeru dan Bromo.

Selama 45 menit perjalanan dari Jalan Adi Sucipto dengan melewati Desa Blimbing akan kamu lalui sebelum tiba di Tumpang.

Nggak jauh dari gerbang Kecamatan Tumpang, kamu akan menemukan petunjuk arah ke Coban Jahe. Dari sini, jarak objek wisata adalah sekitar 7 kilometer.

Di sini, kamu akan melihat kecantikan air terjun yang meluncur dari ketinggian 45 meter. Debit airnya yang cukup deras pun sehingga menciptakan kolam alami di bawahnya.

coban jahe malang
instagram.com/bintangaurel

Tapi jangan coba-coba untuk mandi tepat di bawah air terjun ya!

Selain panorama alam yang begitu memukau, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru di sini, seperti flying fox. Cocok banget untuk kamu yang suka dengan tantangan.

Menariknya lagi, harga tiket masuk di objek wisata ini cukup terjangkau, yakni senilai lima ribu rupiah saja. Terjangkau kan?

Apalagi kamu bisa puas berada di objek wisata ini dari pukul 08.00-16.00 WIB.

5. Coban Tangkil

coban tangkil
instagram.com/naufalhanif_fa

Coban Tangkil punya daya tarik tersendiri. Kondisinya pun masih alami karena masih belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Untuk bisa sampai ke air terjun, pilih arau menuju Tumpang dari arah Malang. Dari sini, kamu bisa pilih jalur ke Coban Jahe karena letaknya searah.

Bahkan kamu masih perlu jalan kaki dengan jarak sekitar 3 kilometer dengan melewati aliran sungai kecil di atas Coban Jahe.

coban tangkil malang
instagram.com/rifkydoglekk

Meski akses menuju ke objek wisata ini sulit, tapi kamu nggak akan pernah menyesal untuk mengunjunginya.

Selain punya panorama alam yang begitu memikat, tiket masuk ke air terjun ini masih gratis. Menarik kan?

Terlebih lagi, kamu bisa bebas berkunjung ke sini. Tapi ingat, tetap jaga kebersihan saat berada di Coban Tangkil ya!

6. Sumber Pitu

sumber pitu
instagram.com/mohammedhabsyie

Sumber Pitu memang unik. Apalagi sumber airnya berjumlah tujuh dengan aliran yang nggak begitu deras.

Objek wisata ini pun masih alami dan tersembunyi karena berada di tengah hutan. Jadi nggak heran kalau masih belum begitu banyak orang yang mengetahui air terjun ini.

Lokasinya sendiri ada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon dan berada di ujung barat Malang. Untuk bisa ke lokasi wisata ini, kamu pun akan melewati jalan utama Malang-Jombang-Kediri.

Selanjutnya ikuti jalur tersebut sampai menemukan pertigaan di sebelah utara Patung Sapi Pujon. Dari sini, kamu juga aka menjumpai pertigaan Ringin Punden.

Pilih arah ke kiri ke arah barat sampai masuk ke Desa Pujon Kidul. Kalau sudah sampai, ini artinya lokasi air terjun sudah semakin dekat.

sumber pitu malang
instagram.com/verdiarr

Perjalananmu pun masih terus berlanjut. Sekitar 7 kilometer jaraknya dari pemukiman terdekat untuk menuju ke lokasi.

Pastikan kondisi kendaraanmu tetap prima karena akses jalan yang cukup sulit. Kamu pun masih harus menempuh pejalanan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer.

Bahkan kamu harus mendaki untuk bisa sampai ke wisata air terjun ini. Jadi sebaiknya pastikan kondisi tubuhmu juga fit.

Meski akses sangat menantang, tapi kamu nggak akan menyesal saat datang ke sini. Apalagi tiket masuknya masih gratis. Tertarik untuk berkunjung?

Itulah beberapa objek wisata serupa Air Terjun Coban Rondo yang bisa jadi pilihan untuk destinasi liburanmu. Panorama alam yang memikat hingga tantangan juga akan kamu dapatkan.

Selain itu, ada  juga wisata gratis di Malang. Tunggu apa lagi? Yuk meluncur ke wisata air terjun yang sudah Qupas rekomendasikan ini!

1 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
08/10 - 15:16
Cuban Talun juga bagus min ?