Air Terjun Dua Warna dan 5 Wisata Serupa di Sumatera Utara yang Instagenik

07 October 2018, at 09:00
0
0
Air Terjun Dua Warna dan 5 Wisata Serupa di Sumatera Utara yang Instagenik

Air Terjun Dua Warna bukan satu-satunya objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Sumatera Utara. Masih ada beberapa tempat menarik yang sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke sini.

Tentu pemandangan yang ditawarkan pun nggak kalah memukau. Guyuran air terjun hingga hamparan tumbuhan hijau, area perbukitan hingga tebing akan kamu temukan.

Bahkan ada pula air terjun yang alirannya langsung mengarah ke danau. Dijamin akan membuatmu nggak tahan untuk berenang.

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Air Terjun Sampuran Efrata

air terjun sampuran efrata sumatera utara
instagram.com/n.dy11

Saat mendengar Pulau Samosir, mungkin yang terbayang olehmu adalah Danau Toba. Tapi ternyata masih ada objek wisata di wilayah ini, yakni Air Terjun Sampuran Efrata.

Lokasinya ada di Desa Solok Dolok, Kecamatan Harian dan berjarak 20 kilometer dari pusat Kota Samosir. Rute untuk menuju lokasi wisata pun terbilang sulit.

Sebab jalan sedikit rusak serta terdapat beberapa tikungan tajam. Meski begitu, pemandangan cantik akan tersaji di hadapanmu selama perjalanan.

Kamu pun nggak perlu khawatir tersesat. Hal ini karena petunjuk sudah jelas atau kamu bisa bertanya pada warga sekitar.

Sesampainya di Desa Solok Dolok, kamu masih perlu waktu 10 menit berjalan untuk menuju ke lokasi wisata. Kamu pun hanya perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan di rumah warga.

air terjun sampuran efrata
instagram.com/theweekendwarrior.id

Tarifnya mulai dari dua ribu rupiah (motor) dan lima ribu rupiah (mobil). Sangat terjangkau, kan?

Apalagi kamu bisa menikmati kecantikan air terjun yang tingginya mencapai 26 meter dengan lebar 10 meter ini. Debit airnya pun sangat deras sehingga perlu hati-hati saat ingin mendekat.

Beberapa fasilitas seperti toilet dan pondok kecil juga tersedia di sini meski belum dikelola secara maksimal. Walau demikian, dijamin nggak akan menyesal saat liburan ke Air Terjun Sampuran Efrata.

2. Air Terjun Dua Warna

air terjun dua warna
instagram.com/ongkishn

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Lokasinya pun berada persis di kaki Gunung Sibayak.

Kalau kamu berangkat dari Kota Medan, jarak yang harus ditempuh menuju Sibolangit adalah sekitar 75 kilometer. Dari pusat kecamatan, lokasi air terjun pun masih cukup jauh.

Di wisata ini, kamu bisa melihat keindahan air terjun yang punya gradasi warna berbeda, yakni putih keabu-abuan dan biru muda.

Nggak heran namanya adalah Air Terjun Dua Warna. Kamu pun pasti akan terpesona begitu melihat fenomena alam di sini.

air terjun dua warna sumatera utara
instagram.com/rusmanabdulhamid

Hal menarik lainnya adalah kesejukan yang akan kamu rasakan begitu tiba di lokasi. Hal ini tentu karena objek wisata ini terletak di ketinggian 1.270 meter di atas permukaan laut.

Selain bisa bermain dengan percikan air, kamu juga bisa berenang, bersantai atau hanya sekedar hunting foto. Bahkan kamu juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda di area wisata.

Untuk bisa masuk ke area wisata, kamu perlu menyediakan budget senilai dua puluh lima ribu rupiah. Mengingat jalur masuknya menyerupai kawasan petualangan di dalam hutan, sebaiknya pakai jasa guide lokal.

Kamu pun cukup menyediakan budget mulai dari 100 ribu sampai 300 ribu rupiah. Harga ini masih belum pasti dan bisa didiskusikan lagi kok.

Jadi sudah siap bertualang?

3. Air Terjun Sigura Gura

air terjun sigura gura
instagram.com/rachmanrambe

Selain Air Terjun Dua Warna, ada lagi objek wisata serupa yang pasti akan membuatmu kagum. Bahkan ketinggiannya mencapai 250 meter.

Air Terjun Sigura Gura namanya. Terdapat tebing-tebing menjulang tinggi serta tumbuhan liar yang bisa kamu lihat saat berada di sini.

Objek wisata yang didapuk sebagai air terjun tertinggi di Indonesia ini terletak di Halado, Pintu Pohan Merant, Kabupaten Toba Samosir. Jarak dari Kota Medan pun sekitar 250 kilometer.

Nggak sulit untuk mencapai objek wisata ini. Apalagi Kabupaten Toba Samosir menjadi tujuan wisata bagi turis lokal maupun luar negeri.

air terjun sigura gura sumatera utara
instagram.com/imampadligunawan23

Untuk bisa masuk ke objek wisata ini, kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah per orang. Tentu saja biaya ini super terjangkau.

Apalagi selain bisa menikmati keindahan alamnya, ada beragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah arung jeram.

Sungai di sekitar kawasan Air Terjun Sigura Gura pun memiliki arus cukup deras dengan kontor bebatuan. Tentu saja hal ini yang menjadikannya cocok untuk lokasi arung jeram.

Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Jangan Salah, 5 Air Terjun Bidadari Ini Ada di Beberapa Lokasi di Indonesia

4. Air Terjun Sipiso Piso

air terjun sipiso piso
instagram.com/reza.picture

Air Terjun Sipiso Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Letaknya pun berjarak 24 kilometer dari Kota Kabanjahe.

Untuk bisa mencapai lokasi, kamu bisa menggunakan rute dari Medan menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe. Waktu tempuhnya pun sekira 2 jam.

Sesampainya di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan menuju ke Danau Toba dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Dari sini, kamu pun masih butuh perjuangan untuk bisa mencapai lokasi air terjun.

air terjun sipiso piso sumatera utara
instagram.com/aldymf_

Apalagi kalau kamu ingin menikmati sensasi percikan air terjun. Ada sebanyak 500 anak tangga lebih yang harus kamu lewati untuk bisa mencapai dasar.

Tapi sebelum turun ke dasar, lebih baik mengunjungi gardu pandang yang berada di puncak bukit. Di sinilah titik pangkal dari Air Terjun Sipiso Piso.

Dijamin kamu akan menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan. Jadi siapkan saja kameramu untuk mengabadikannya.

Cukup sediakan budget senilai lima ribu rupiah per orang, kamu sudah bisa masuk ke lokasi wisata. Dengan biaya ini, kamu pun bisa menikmati suasana air terjun tanpa dibatasi waktu.

5. Air Terjun Sikulikap

air terjun sikulikap
instagram.com/fiqrifadia02

Ingin menikmati wisata air terjun secara gratis? Air Terjun Sikulikap adalah jawabannya.

Lokasinya berada di Jalan Jamin Ginting KM 5,4 Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Mertelu, Kabupaten Karo. Dari Medan, kamu pun perlu melakukan perjalanan ke arah Mertelu.

Dari gerbang perbatasan Kabupaten Deli Serdang, kamu bisa mengikuti petunjuk yang ada untuk menuju objek wisata. Area hutan dan jurang pun akan kamu lewati di perjalanan ke Air Terjun Sikulikap.

Tapi jangan khawatir, sebab aksesnya bisa dilalui motor dan mobil. Kendaraanmu pun bisa diparkir di penataan yang ada di sekitar pintu masuk air terjun.

air terjun sikulikap sumatera utara
instagram.com/fiqrifadia02

Dari sini kamu bisa berjalan kaki dan melewati anak tangga untuk menuju lokasi air terjun. Dari pintu masuk, jaraknya sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

Kamu pun sebaiknya tetap hati-hati saat melewati jalanan. Hal ini karena akses cukup licin dan ditumbuhi lumut.

Meski begitu kamu nggak akan menyesal datang ke objek wisata ini. Apalagi bisa melihat air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter secara gratis.

Nuansa alam hingga kesejukan yang ada di sini pun dijamin akan membuatmu betah. Tapi perlu diingat, kamu hanya bisa mengunjunginya dari pukul 06.00-20.00 WIB.

6. Air Terjun Situmurun

air terjun situmurun
instagram.com/wandiecugivano

Objek wisata ini terletak di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kabupaten Toba Samosir. Di sini kamu bisa melihat air terjun dengan ketinggian sekitar 70 meter yang jatuh langsung ke Danau Toba.

Jadi kalau punya niatan untuk loncat maupun berenang, bisa kamu coba di Air Terjun Situmurun. Tentu hal ini siap menguji adrenalinmu.

Tapi jangan khawatir kalau kamu nggak punya cukup keberanian untuk loncat atau berenang. Tinggal siapkan kamera dan pose terbaik, kamu pun sudah bisa membawa oleh-oleh terbaik.

air terjun situmurun sumatera utara
instagram.com/ammarlubiss

Jarak objek wisata ini dari pusat Kota Balige (Ibukota Kabupaten Toba Samosir) adalah sekitar 70 kilometer. Kamu pun bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Balige atau Prapat yang terletak di Desa Binangalom.

Tarif sewanya pun sekitar 500 ribu sampai 600 ribu rupiah per kapal. Cukup murah kan?

Apalagi kalau kamu menyewanya bersama beberapa orang. Dijamin liburanmu akan lebih hemat.

Nah, sudah tahu kan kalau bukan hanya Air Terjun Dua Warna yang bisa kamu nikmati saat liburan ke Sumatera Utara? Ternyata masih banyak wisata serupa yang dijamin akan menarik perhatianmu.

Apalagi tarif masuknya terjangkau dan bahkan ada wisata gratis. Jadi tinggal siapkan kamera dan pose terbaikmu agar liburan makin menyenangkan.

0 Comment