Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam di Bali yang Punya Sejuta Pesona

19 April 2019, at 11:00
0
0
Air Terjun Kanto Lampo, Wisata Alam di Bali yang Punya Sejuta Pesona

Ada banyak wisata di Bali yang mungkin masih asing kamu dengar. Seperti Air Terjun Kanto Lampo yang ada di Gianyar.

Beda dari air terjun di Bali yang lain, destinasi ini pun punya keunikan tersendiri. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: Air Terjun di Bali Ini Tersembunyi di Balik Hamparan Sawah!

1. Air Terjun Unik di Bali

wisata air terjun di gianyar
instagram.com/aditbendoth

Saat diamati, bentuk air terjun ini sedikit miring. Alirannya pun nggak langsung terjatuh ke dasar sungai.

Di atas air terjun ada beberapa rongga aliran air yang terhalang batu keras. Ada dinding yang terbentuk dari batu berundak.

2. Tempat yang Disucikan

air terjun kanto lampo gianyar
instagram.com/bayuwijaya___

Air terjun di Bali ini juga disucikan atau Beji untuk Mendak Toya Ning alias mencari air suci dari desa. Ini digunakan untuk upacara Dewa Yadnya atau Pitra Yadnya.

Selain itu, ada juga pelingguh yang dikeramatkan. Di sekitar kawasan wisata ini juga ada goa yang konon dulu digunakan oleh pasukan Belanda sebagai tempat rahasia untuk berdiskusi. Panjangnya sekitar 3 meter dan ada di kebun milik Made Suardana.

3. Ada di Kawasan Panas

air terjun kanto lampo
instagram.com/terplanet

Nggak seperti kebanyakan air terjun lain yang ada di kawasan dataran tinggi maupun hutan, destinasi di Gianyar ini justru ada di dataran rendah dan dekat dari pemukiman warga.

Seperti diketahui, kondisi geografis kawasan air terjun ini bersuhu panas mirip area Kota Denpasar, khususnya di siang hari.

4. Sumber Air Terjun Kanto Lampo

air terjun kanto lampo bali
instagram.com/jungsuryaa

Air Terjun Kanto Lampo bersumber dari saluran irigasi dan dalam tanah. Air irigasi ini berfungsi mengaliri subak yang ada di hilir. Tapi seiring berjalannya waktu, saluran jadi tersumbat dan meluap akibat sedimentasi di wilayah hilir.

Menariknya, luapan tersebut kemudian mengalir jadi air terjun. Akhirnya, sekarang area ini jadi salah satu destinasi favorit di kalangan wisatawan.

Baca juga: 7 Museum Seni di Gianyar Ini Bakal Bikin Liburanmu Berkesan!

5. Awal Air Terjun Kanto Lampo Dikenal

wisata air terjun kanto lampo bali
instagram.com/westnawa

Air terjun di Bali dengan ketinggian sekitar 15 meter ini awalnya belum dikenal banyak turis. Hanya penduduk lokal saja yang sering memanfaatkan pasir dan batu di sungai sekitar destinasi ini untuk bahan bangunan.

Sampai sekitar tahun 2015 lalu, ada pemuda desa yang mengambil foto kecantikan wisata di Gianyar ini. Ia juga mengunggahnya ke media sosial. Sejak saat itulah Air Terjun Kanto Lampo mulai populer.

6. Cara ke Air Terjun Kanto Lampo

wisata air terjun kanto lampo
instagram.com/delodtunduh

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo ada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya sekitar 1 kilometer sebelah utara dari Taman Kota Gianyar. Dari tempat parkir, kamu masih perlu menuruni sekitar 500 anak tangga.

Karena jalannya menurun, jadi kamu harus hati-hati. Apalagi saat musim penghujan. Soalnya jalan akan semakin licin.

7. Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo

kanto lampo waterfall
instagram.com/diana__berzina

Tiket masuk ke wisata di Bali ini senilai Rp15.000,00, tapi mungkin masih bisa berubah sewaktu-waktu. Tarif tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas sederhana seperti ruang ganti baju khusus laki-laki maupun perempuan.

Jadi, kapan nih mampir ke Air Terjun Kanto Lampo? Kalau kebetulan jalan-jalan ke Bali dan mampir ke wilayah Gianyar, nggak ada salahnya berkunjung ke destinasi yang juga jadi favoritnya para bule ini.

0 Comment