Air Terjun Kembang Soka, Wisata Jogja dengan Kolam Alami Hijau Toska

29 April 2019, at 17:00
1
0
Air Terjun Kembang Soka, Wisata Jogja dengan Kolam Alami Hijau Toska

Pariwisata Jogja seakan nggak pernah berhenti memesona para traveler. Banyak destinasi menarik di sini, mulai dari budaya sampai alam.

Salah satu destinasi di Jogja yang cukup menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Air Terjun Kembang Soka yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Lantas apa sih keistimewaan dari air terjun ini? Biar nggak penasaran, yuk simak uraian Qupas berikut!

Baca juga: Deretan Bukit di Kulon Progo Ini Instagenik Banget!

1. Asal Usul Nama Air Terjun Kembang Soka

wisata air terjun kembang soka kulon progo
instagram.com/arif_josselalu

Ada alasan kenapa wisata di Jogja ini dinamai Air Terjun Kembang Soka. Sebut saja karena dulu banyak tanaman bunga soka yang tumbuh di sekitar air terjun. Menarik, ya?

2. Wisata dengan Konsep Alam

jembatan air terjun kembang soka
instagram.com/ciciummy

Bukan tanpa alasan kenapa suasana destinasi ini tampak alami. Ternyata memang pengelola Air Terjun Kembang Soka menerapkan konsep "back to nature".

Pembangunan yang paling kentara adalah adanya jembatan kayu. Bahkan kontruksi beton hanya ada beberapa, seperti di tangga turun, tanggul, warung makan, dan toilet.

3. Ada Kolam Berwarna Hijau Toska

air terjun kembang soka
instagram.com/vhie3845

Sekilas kolam di wisata Kulon Progo ini berwarna hijau toska. Bahkan ada yang bilang punya dua warna. Jadi bukan hal mengherankan kalau kadang tempat ini disebut sebagai Air Terjun Dua Warna.

Sebenarnya warna air terjun ini cuma satu kok, yaitu putih jernih. Alirannya melewati bebatuan nuansa kekuningan, jadi ikut meninggalkan kesan alami.

4. Mata Air dari Perbukitan Menoreh

air terjun kembang soka jogja
instagram.com/ikadesya

Air Terjun Kembang Soka terletak di lembah sungai perbukitan Menoreh. Nggak heran udara di sekitarnya begitu sejuk meski belum sampai di titik lokasi wisata.

Bahkan air di kolam juga berasal dari mata air Perbukitan Menoreh, sehingga terasa segar dan sejuk.

Baca juga: Unik! Wisata Jogja Ini Punya Sangkar Raksasa

5. Wisata untuk Petualang Sejati

wisata air terjun kembang soka
instagram.com/martongging

Sebelum sampai ke lokasi, kamu harus jalan kaki sekitar 200 meter dulu. Selama perjalanan, kamu akan melewati kolam pertama dari tuk atau pancuran jaran, jembatan kayu yang berakhir di Air Terjun Kembang Soka.

Memang akses masuknya nggak terlalu sulit, tapi wisata Jogja ini bisa dibilang cocok untuk petualang sejati. Kenapa? Karena petualang sejati bukan cuma perlu tantangan, tapi mereka juga akan tetap menjaga lingkungan supaya nggak rusak.

6. Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

air terjun kembang soka kulon progo
instagram.com/damar_christyawan

Tiket masuk Air Terjun Kembang Soka cuma sekitar Rp6.000,00 saja kok. Dana ini nantinya digunakan untuk mengembangkan kawasan yang dikelola secara swadaya oleh warga setempat.

Meski murah, fasilitas di destinasi ini cukup lengkap. Mulai dari warung makan, toilet, kamar mandi, sampai musala ada di kawasan wisata Air Terjun Kembang Soka.

7. Cara ke Air Terjun Kembang Soka

wisata air terjun kembang soka jogja
instagram.com/3rwiin99

Lokasi Air Terjun Kembang Soka ada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 32 kilometer. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa melewati Jalan Nanggulan menuju Girimulyo.

Karena ada di kawasan yang sama dengan wisata Taman Air Sungai Mudal, maka nggak akan sulit menemukannya. Bedanya Air Terjun Kembang Soka ini ada di area yang lebih rendah. Perlu kamu ketahui juga, aksesnya memang nggak terlalu jauh. Tapi kondisi jalannya menanjak dan berkelok karena ada di kawasan perbukitan.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Air Terjun Kembang Soka? Kalau kebetulan jalan-jalan ke Kulon Progo, nggak ada salahnya untuk mampir ke destinasi cantik di Jogja ini.

0 Comment