Qupas Travel

Air Terjun Seganing, Surga Tersembunyi di Bali yang Bermuara di Tepi Lautan

02 April 2020, at 05:00
Air Terjun Seganing, Surga Tersembunyi di Bali yang Bermuara di Tepi Lautan

Air terjun tersembunyi di balik lebatnya hutan mungkin sudah biasa kamu lihat. Tapi gimana kalau yang terletak di dekat samudera?

Nah, Air Terjun Seganing di wilayah Nusa Penida, Bali akan menunjukkan pemandangan berbeda. Dimana panorama lautan yang akan kamu lihat. Bukan view hutan, sawah, ataupun area hijau lainnya.

Sudah mulai penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Wisata sepi di Bali

Air Terjun Seganing (Foto: instagram.com/donny_jambo)
instagram.com/donny_jambo

Bisa dibilang tempat wisata di Bali ini cukup sepi. Letaknya di kawasan terpencil, bahkan di sini juga minim sinyal ponsel.

Wisata yang juga disebut dengan nama Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat ini bisa kamu kunjungi saat musim panas atau kemarau. Karena saat hujan, akses menuju lokasi menjadi licin sehingga akan membahayakanmu.

2. Kenapa disebut Air Terjun Seganing?

Seganing Waterfall Nusa Penida (Foto: instagram.com/vidamolona)
instagram.com/vidamolona

Air Terjun Seganing disebut demikian karena sumbernya berasal dari air yang mengalir melalui batu kapur. Kemudian alirannya jatuh ke lautan lepas.

Kondisi air di destinasi ini masih sangat bersih dengan sensasi menyegarkan. Jadi untukmu yang nantinya berkunjung, tetap jaga kelestariannya ya! Salah satunya dengan nggak buang sampah sembarangan.

3. Bukan sekadar air terjun

Seganing Waterfall (Foto: instagram.com/gui_mmoraes)
instagram.com/gui_mmoraes

Jangankan melihat air mengalir dari tebing. Berada di Seganing Waterfall, kamu juga bisa berendam di jacuzzi alami yang letaknya di tepi lautan.

Hanya saja diperlukan kewaspadaan yang lebih. Apalagi ketika ombak di wilayah ini sedang 'ganas-ganasnya'.

Baca juga: 5 Pantai Terbaik di Bali untuk Taklukkan Ombak, Cocok Buat Peselancar Pemula

4. Wisata di Nusa Penida yang menguji adrenalin

Akses ke Mata Air Seganing (Foto: instagram.com/wanderskyy)
instagram.com/wanderskyy

Air terjun di Bali ini cocok untuk para traveler yang suka tantangan dan nggak punya fobia ketinggian. Untuk mengunjunginya pun diperlukan fisik yang prima juga.

Hal ini karena kamu perlu menuruni tebing yang cukup curam. Kamu akan melalui ratusan anak tangga sederhana yang hanya berupa kayu dan tali.

5. Cara ke Air Terjun Seganing

Seganing Waterfall Bali (Foto: instagram.com/4wd_ben_adventures)
instagram.com/4wd_ben_adventures

Lokasi Air Terjun Seganing berada di Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Kungkung. Letaknya cukup jauh dari pusat Pulau Bali.

Kalau datang dari dermaga di Pantai Sanur, kamu masih perlu naik speed boat menuju dermaga Toya Pakeh selama kurang lebih 40 menit. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Seganing (Foto: instagram.com/katarina.ondrejkova)
instagram.com/katarina.ondrejkova

Selama perjalanan, kamu akan melewati area berbatu dan tampak kering. Baru setelah sampai di tempat parkir, kamu akan menyusuri jalan setapak selama 15 menit. Kemudian tantangan berupa menuruni tebing akan dimulai.

Well, Seganing Waterfall memang bukan destinasi biasa. Terlebih lagi untuk mengunjungi tempat wisata di Pulau Dewata ini diperlukan keberanian dan tenaga yang prima. Untukmu yang suka tantangan, setelah wabah corona berakhir mungkin bisa datang ke air terjun unik di Bali ini.