Air Terjun Wai Marang dan 4 Wisata Serupa di Sumba Timur ini Bak Surga Tersembunyi

11 December 2018, at 04:00
2
0
Air Terjun Wai Marang dan 4 Wisata Serupa di Sumba Timur ini Bak Surga Tersembunyi

Belakangan ini, nama Air Terjun Wai Marang sedang ramai diperbincangkan di sosial media. Semua itu nggak mengherankan mengingat wisata di Sumba Timur ini memiliki pesona yang menakjubkan.

Mungkin ketika mendengar soal Sumba, kamu akan menginat soal savana di sana. Tapi wisata di wilayah satu ini bukan melulu soal hamparan padang rumput yang memanjakan mata.

Yap! Selain Air Terjun Wai Marang, ada beberapa wisata serupa yang panoramanya begitu memikat. Bahkan bisa di bilang sebagai surga tersembunyi.

Mau tahu dimana saja lokasinya? Yuk langsung simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Air Terjun Wai Marang

air terjun wai marang
instagram.com/will_jonatan

Wisata di Sumba Timur ini ditemukan oleh Erikson dan keluarganya pada tahun 2015 ketika mereka berburu babi. Gagal mendapat hewan buruan, mereka justru menemukan air terjun yang super cantik.

Ketika ada wisatawan datang, Erik atau ayahnya lah yang memandu mereka untuk bisa sampai di destinasi liburan keren ini.

Sekilas dari parkiran mobil memang nggak terlihat kalau ada tempat yang eksotis ini. Tapi begitu sampai di lokasi, kamu akan menyaksikan air terjun yang dilindungi tebing sehingga tampak tersembunyi.

Tebing kapurnya melingkar dan seolah melindungi kolam alami berwarna biru tosca dengan kedalaman sampai 8 meter.

Untuk kamu yang takut akan kedalaman, ada juga aliran yang membentuk kolam kecil dengan kedalaman hanya sekitar 1,5-2 meter saja. Hmm, jadi ingin cepat liburan ke sana ya?

air terjun wai marang sumba timur
instagram.com/rezha_patty

Wisata satu ini letaknya memang cukup jauh dari Kota Waingapu. Estimasi waktu perjalanannya pun kurang lebih selama 2 jam berkendara.

Agar bisa sampai di lokasi, kamu bisa menyewa mobil dengan tarif sekitar 800 ribu-900 ribu rupiah per harinya. Biaya ini pun sudah temasuk dengan sopir, sehingga kamu nggak perlu susah-susah mencari kawasan wisatanya.

Kamu memang nggak perlu lagi membayar tiket masuk. Tapi perlu menyediakan budget untuk parkir mobil dan sewa jasa pemandu (tarif biasanya sekitar lima puluh ribu rupiah)

Nggak ingin terlalu ribet? Bisa saja kamu menggunakan jasa open trip dengan harga mulai dari 2 juga sampai 3 juta rupiah per 4-5 hari.

Tapi pastikan kalau jasa tersebut menyediakan perjalanan ke Air Terjun Wai Marang ya!

Lokasi: Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Jam buka: Sabtu-Kamis (08.00-17.00 WITA); Jumat (tutup)

Tiket masuk: Gratis, tapi perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan (sepuluh ribu sampai dua puluh ribu rupiah)

2. Air Terjun Hirumanu

air terjun hirumanu
instagram.com/kholishotusyahidah

Wisata air terjun satu ini memiliki tinggi sekitar 70 meter. Panorama di sekitarnya pun sungguh memikat.

Udara sejuk akan kamu rasakan begitu sampai di sini. Ditambah lagi dengan panorama beragam tumbuhan hijau yang tumbuh di sekitarnya kian memanjakan mata.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata ini nggak terlalu sulit. Kamu pun sudah bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, yakni bus.

air terjun hirumanu sumba timur
instagram.com/rexycb

Nggak ingin ribet dan langsung sampai di Air Terjun Hirumanu tanpa tersesat? Lebih baik sewa mobil sekaligus sopirnya.

Selama kurang lebih 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 121 kilometer dari Kota Waingapu, kamu baru akan tiba di destinasi liburan ini.

Memang perjalanan cukup melelahkan. Tapi semua ini akan terbayar begitu kamu tiba di Air Terjun Hirumanu.

Lokasi:  Desa Kananggar, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Jam buka:

Tiket masuk:

3. Air Terjun Gunung Meja

air terjun gunung meja
instagram.com/natalie_miller_design

Bukan hanya Air Terjun Wai Marang. Kamu juga bisa menemukan wisata serupa yang masih asri dan cukup tersembunyi.

Sebut saja Air Terjun Gunung Meja yang nggak kalah hits di Sumba Timur. Keindahan kolam alami berwarna biru pun bisa kamu saksikan saat berada di wisata satu ini.

Nggak hanya bisa bermain air saja saat berada di sini. Tentu saja kamu bisa menikmati udara bersih tanpa polusi dan menyaksikan flora dan fauna endemik di sekitarnya.

Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer dari ibukota Sumba Timur, Waingapu. Tapi untuk mencapai destinasi wisata cantik ini memang sangat menantang.

air terjun gunung meja sumba timur
instagram.com/moferz_ankara

Kamu perlu menyewa mobil dari Waingapu untuk bisa sampai di lokasi. Medan untuk menuju air terjun ini pun cukup menantang karena jalan nggak mulus.

Kamu pun perlu membawa bekal makanan dan minuman saat akan berkunjung ke Air Terjun Gunung Meja. Sebab fasilitas memadai belum tersedia di sini.

Lokasi: Kuta, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Jam buka: -

Tiket masuk: -

Baca juga: 6 Bukti Keindahan Sumba yang Bikin Kamu Melupakan Lombok

4. Air Terjun Laputi

air terjun laputi
instagram.com/mariaqmar

Air terjun satu ini punya aliran air yang bertingkat-tingkat di hamparan bebatuan. Tepat di puncaknya, terdapat pula danau keramat.

Disebut danau keramat karena masyarakat setempat percaya kalau di sana ada binatang belut yang nggak boleh ditangkap. Apabila melanggarnya, maka orang tersebut akan meninggal.

Terlepas dari cerita mistis tersebut, pada kenyataannya Air Terjun Laputi masih memiliki daya pikat tersendiri. Terlebih lagi kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas outdoor menyenangkan, yakni hiking hingga hunting foto.

Jarak wisata satu ini dari Kota Waingapu sendiri adalah sekitar 115 kilometer. Medan yang akan kamu tempuh pun cukup menantang.

air terjun laputi sumba timur
instagram.com/merliafillayati

Jadi pastikan fisikmu kuat saat akan berkunjung ke Air Terjun Laputi. Meski begitu, kamu nggak akan menyesal begitu tiba di lokasi wisata satu ini.

Terlebih lagi aliran air bak tirai ditambah lagi dengan panorama alam di sekitarnya akan tersaji secara langsung di hadapanmu.

Lokasi: Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Jam buka: -

Tiket masuk: -

5. Air Terjun Kanabu Wai

air terjun kanabu wai
instagram.com/ewinarmo

Aliran air di wisata satu ini memang nggak terlalu deras. Tapi tebing menjulang tinggi serta tanaman hijau yang tumbuh di sekitarnya seolah menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Kamu pun nggak hanya bisa menikmati kesegaran dari percikan air saat berada di tempat ini. Lalu ada apa saja di tempat wisata Sumba ini?

Aktifitas lain seperti hunting foto hingga menyaksikan flora dan fauna di kawasan Taman Nasional Laiwanggi Wanggameti juga bisa kamu nikmati di sini.

Jarak Air Terjun Kanabu Wai dengan Kota Waingapu sendiri sekitar 130 kilometer. Jalur terdekat untuk bisa sampai ke lokasi adalah melalui Desa Mahaniwa, Kecamatan Pinupahar.

air terjun kanabu wai sumba timur
instagram.com/gilang_boban

Kamu pun masih perlu melakukan trekking selama kurang lebih 4 jam dengan jalan kaki melewati hutan belantara.

Kamu suka tantangan? Tentu bisa coba untuk mampir ke wisata air terjun ini.

Lokasi: Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: -

Wah, ternyata selain Air Terjun Wai Marang, masih ada beberapa wisata serupa yang panoramanya nggak kalah memikat. Bahkan juga tersembunyi dan belum banyak diketahui banyak orang.

Tapi jangan salah soal pemandangan di sekitarnya karena masih benar-benar asri. Untuk Sahabat Qupas yang suka tantangan, bisa coba mampir ke wisata air terjun yang sudah direkomendasikan.

0 Comment