Ajarkan Buah Hati untuk Menghargai Perbedaan dengan Cara Ini

11 August 2019, at 08:00
0
0
Ajarkan Buah Hati untuk Menghargai Perbedaan dengan Cara Ini

Perbedana bukanlah sebuah kejahatan yang harus dihindari dan ditakuti. Meskipun pada kenyataannya, anak-anak cenderung menarik diri dan bertanya-tanya saat dihadapkan pada hal tersebut.

Misalnya, saat anak memiliki rambut lurus biasanya ia akan bertanya kepada orang tua mengapa ada anak lain yang memiliki rambut keriting.

Agar buah hati terbiasa dengan perbedaan dan memiliki sikap toleransi sejak dini, maka orang tua perlu melakukan beberapa hal di bawah ini.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

1. Memberikan Contoh

menghargai perbedaan
closed.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar ungkapan yang mengatakan bahwa anak merupakan peniru ulung. Akan tetapi, hal tersebut memang benar adanya. Oleh sebab itu, berilah contoh yang baik pada si kecil terkait tolransi.

Menurut ahli, sikap toleran dapat membuat anak mampu menghargai perbedaan yang terjadi dalam diri orang lain dan membuka diri terhadap sesuatu yang baru.

Contoh toleransi sederhana namun nyata yang dapat kamu tunjukkan pada buah hati adalah menghormati hari besar agama lain meskipun kalian nggak merayakannya.

2. Hargai Perbedaan di Rumah

hargai perbedaan
casiola.com

Apabila ingin mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan sejak dini, maka mulai lah dari rumah atau keluarga.

Orang tua bisa menunjukkan hal-hal sederhana seperti nggak menghakimi ketika si kecil memilih untuk menggunakan pakaian yang nggak matching, memiliki kebiasaan makan yang berbeda, dan lain sebagainya.

Selama perbedaan tersebut nggak keluar jalur dan nggak membahayakan, tunjukkan bahwa hal yang si kecil lakukan dapat diterima oleh keluarga.

3. Kenalkan dengan Berbagai Budaya

kenalkan dengan berbagai budaya
timeout.com

Orang tua juga perlu mengenalkan si kecil dengan berbagai budaya agar ia semakin memahami dan menghargai adanya perbedaan.

Mengajak anak berkunjung ke taman budaya misalnya, atau melakukan perjalanan ke berbagai daerah saat liburan, merupakan salah satu alternatif yang menyenangkan untuk memberikan pelajaran perbedaan padanya.

Semakin banyak budaya yang buah hati lihat, maka akan semakin banyak pula referensi yang ia dapat. Hal tersebut akan membuat si kecil lebih mudah bertoleransi terhadap perbedaan.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Tahap Pemberian Pendidikan Seks pada Anak

4. Melalui Buku Anak

melalui buku
friendshipcircle.org

Selain melalui contoh nyata, anak juga bisa diajarkan perihal perbedaan melalui buku cerita. Pilihlah buku bergambar agar buah hati lebih bisa memahami yang diceritakan.

Orang tua perlu memilih judul yang cocok untuk si kecil dan kecenderungan yang ia sukai agar lebih bisa dimengerti.

5. Melalui Film Anak

melalui film
twincitieskidsclub.com

Cara lain yang nggak kalah seru untuk membuat si kecil menghargai perbedaan adalah dengan menoton film anak.

Orang tua bisa memilih film yang memiliki budaya berbeda atau memiliki banyak perbedaan di dalamnya. Dampingi buah hati dan bersiaplah untuk menjawab pertanyaannya!

Nah, itu dia Sobat Qupas yang perlu kamu lakukan sebagai orang tua untuk membuat anak menghargai perbedaan sejak dini. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar buah hati memiliki toleransi yang tinggi dan karakter yang baik hati.

0 Comment