Aktivitas Pantangan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran, Awas Jangan Dilanggar!

29 January 2019, at 09:00
0
0
Aktivitas Pantangan Ibu Hamil Muda Agar Tidak Keguguran, Awas Jangan Dilanggar!

Keguguran adalah hal yang paling dihindari oleh para ibu hamil muda. Wanita berbadan dua pun senantiasa calon buah hati yang dikandungnya dengan baik.

Mereka juga pasti siap mematuhi pantangan ibu hamil muda agar tidak keguguran. Dalam hal ini juga berkaitan dengan aktivitas yang tidak boleh dilakukan selama mengandung.

Siapa sangka, beberapa aktivitas yang dianggap sepele ternyata juga menjadi penyebab gugurnya kandungan.

Baca juga: Dianggap Sepele, Ternyata Ini Penyebab Keguguran yang Sesungguhnya

Bunda tidak ingin keguguran? Maka jangan lakukan aktivitas-aktivitas seperti yang akan Qupas ulas di bawah ini!

1. Mengecat Tembok

gambar ibu hamil mengecat tembok
thespruce.com

Ibu hamil muda sebaiknya tidak mengecat atau mempolitur. Sebab hal ini akan membahayakan kesehatan janin.

Risiko tersebut berkaitan dengan bahan kimia yang terkandung di dalam cat. Apalagi ketika terjadi kontak langsung, maka hal ini lebih berbahaya.

Jadi sebaiknya hindari dua pekerjaan tersebut dan mintalah suami atau orang-orang terdekat untuk melakukannya.

2. Berdiri Terlalu Lama

gambar ibu hamil muda berdiri terlalu lama
stocksy.com

Penyebab keguguran terkadang datang dari hal-hal sepele. Misalnya saja ketika melakukan aktivitas yang melelahkan seperti berdiri terlalu lama.

Hal ini karena ketika berdiri terlalu lama, maka tekanan pada kaki dan punggung akan bertambah. Tentu saja kondisi tersebut tidak baik untuk ibu hamil.

Jadi sebaiknya lakukan segala aktivitas seperti memasak maupun mempersiapkan bahan dengan posisi duduk. Boleh berdiri, asalkan tidak terlalu lama.

3. Membersihkan lantai

ilustrasi ibu hamil membersihkan lantai
health.clevelandclinic.org

Bolehkah mengepel lantai dilakukan ibu hamil muda? Mungkin pertanyaan ini kerap menghantui Bunda. Sebenarnya boleh saja melakukannya, tapi tetap harus hati-hati.

Bahkan lebih baik lagi jika dihindari karena kegiatan ini dapat menimbulkan linu pinggul dan peradangan saraf siatik. Hal ini mengingat posisi saat mengepel akan memberikan tekanan pada janin.

Alhasil, kondisi tersebut bisa membuat kehamilan lebih berisiko. Terlebih lagi ketika lantai dalam keadaan licin yang dapat membuat ibu hamil tergelincir dan jatuh.

4. Memindahkan Barang Berat

ilustrasi ibu hamil angkat barang berat
amazon.com

Pantangan ibu hamil muda agar tidak keguguran yang perlu ditaati selanjutnya adalah memindahkan maupun mengangkat barang berat.

Selain menjadi penyebab keguguran, kegiatan ini dapat berisiko bayi lahir prematur dan berat badan si kecil bisa rendah.

Beberapa studi pun menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengangkat maupun memindahkan beban berat cenderung berisiko mengalami preeklamsia dan komplikasi ketika masa kehamilan.

Jadi lebih baik minta tolong pada orang terdekat ketika ingin mengangkat barang yang terlalu berat untuk mengurangi risiko-risiko yang tidak diinginkan.

5. Mencuci Baju

ilustrasi ibu hamil mencuci baju
bhg.com

Kenapa mencuci baju dinilai berbahaya bagi seorang ibu yang tengah hamil muda? Alasan pertama adalah karena deterjen dengan pewangi akan membuat indera penciuman jadi sensitif.

Selanjutnya ketika ibu hamil alias bumil mengangkat keranjang dengan isi terlalu berat, maka hal ini dapat membahayakan rahim.

Meskipun menggunakan mesin cuci, gerakan membungkuk dan tegak bisa membuat saraf siatik bumil terganggu. Terlebih lagi ketika membersihkan pakaian tanpa mesin. Hal ini jauh lebih berisiko bayi lahir secara prematur.

Baca juga: Bahaya! Jangan Lakukan Ini Kalau Ingin Bayi Lahir dengan Sehat

6. Membersihkan Toilet

ilustrasi ibu hamil membersihkan toilet
rd.com

Ketika wanita tengah mengandung, maka indera penciumannya bisa lebih tajam. Bau apapun, termasuk yang ada di dalam kamar mandi membuat perutnya jadi mual.

Belum lagi jamur di kamar mandi yang juga dapat membahayakan kulit sensitif para bumil. Nah, cara untuk membersihkan organisme tersebut adalah menggunakan cairan kimiawi yang belum tentu aman untuk janin.

Ketika toilet licin dan berlumut, bumil juga harus lebih waspada ketika melangkah. Hal yang ditakutkan tentu ketika Bunda terjatuh dari kamar mandi. Sebab hal ini akan membahayakan Bunda dan janin.

7. Membersihkan Kandang Hewan

ilustrasi ibu hamil membersihkan kandang hewan
youtube.com/ASPCApro

Lebih baik lagi jika ibu hamil menghindari aktivitas seperti membersihkan kandang hewan peliharaan. Seperti anjing maupun kucing misalnya.

Sebab kandang binatang dapat menyebabkan janin terkena bakteri penyebab toksoplasma. Jika sudah terkena infeksi ini, maka perkembangan janin bisa lambat.

Bahkan kondisi lebih parah, ibu hamil dapat mengalami keguguran atau terjadi kematian janin di dalam kandungan.

Ngeri kan? Jadi ketika tidak ada seorang pun yang membantu Bunda membersihkan kandang, maka pastikan untuk selalu menggunakan masker, sarung tangan dan mensterilkan diri setelah melakukan aktivitas tersebut.

8. Tips Melakukan Pekerjaan Rumah Saat Hamil Muda

gambar ibu hamil muda
mlovesm.com

Demi menjaga kandungan tetap sehat, ibu hamil bukan hanya harus menghindari pekerjaan yang terlalu berat. Ada juga hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan aktivitas, seperti:

  • Memastikan ruangan yang akan dibersihkan memiliki ventilasi dan sirkulasi udara baik.
  • menggunakan sarung tangan dan pakaian yang dapat melindungi kulit ketika membersihkan rumah.
  • Senantiasa membaca keterangan produk pembersih terlebih dahulu.
  • Lebih baik menggunakan produk pembersih yang lebih aman dan tanpa bahan kimia berbahaya.
  • Hentikan aktivitas apabila merasa kondisi tubuh kurang nyaman. Misalnya ketika Bunda merasakan gejala seperti lelah, pusing, penglihatan kabur, suhu tubuh berubah dan kram.

Baca juga: Wah! Ternyata Makanan-Makanan Ini Wajib Dikonsumsi untuk Ibu Hamil Muda

Nah, itulah aktivitas pantangan ibu hamil muda agar tidak keguguran. Demi si kecil dalam rahim, tentu Bunda akan melakukan yang terbaik, kan? Oleh karenanya, hindari pantangan tersebut ya!

Ingin baca artikel seputar ibu dan bayi yang lainnya dengan cara lebih mudah? Bunda bisa download aplikasi Qupas melalui Play Store dan App Store. Gratis kok!

0 Comment