Aktor Luke Perry Meninggal Karena Stroke, Waspadai Penyebabnya di Usia Muda

05 March 2019, at 09:39
0
0
Aktor Luke Perry Meninggal Karena Stroke, Waspadai Penyebabnya di Usia Muda

Aktor Luke Perry meninggal dunia pada Senin, 4 Februari 2019 waktu setempat pada usianya yang ke-52.

Laki-laki yang terkenal dengan perannya sebagai Dylan McKey pada serial Tv Beverly Hills 90210 ini masih aktif hingga saat ini dan membintangi seriat remaja Riverdale. Ia meregang nyawa di California setelah menderita penyakit stroke selama satu minggu.

Stroke merupakan kondisi ketika terjadi penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan pasokan darah ke otak terganggu. Hasilnya, otak tidak akan mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi sehingga sel-sel di sebagian otak pun mati.

Baca Juga: Hindari Stroke dengan Cara Ini Menurunkan Darah Tinggi Berikut Ini

Kondisi tersebut menyebabkan bagian yang dikendalikan oleh otak yang mati tidak dapat berfungsi dengan baik. Masalah kesehatan ini tidak hanya terjadi pada orang tua saja, melainkan bisa juga menghampiri anak muda.

Berikut ini penyebab stroke di usia muda yang harus kamu waspadai.

1. Anemia Sel Sabit

hellosehat.com

Anemia sel sabit merupakan kondisi darah turunan yang cukup serius. Sel-sel darah merah terus berbentuk bulan sabit, atau seperti huruf C tidak seperti sel darah merah normal yang seperti donat tanpa lubang.

Hal ini dapat menyebabkan penggumpalan darah yang disebabkan oleh proses sickling atau perubahan sel darah merah dalam menanggapi stres fisik seperti infeksi.

Kondisi ini dapat terbentuk dimana saja, termasuk otak yang dapat menimbulkan stroke.

2. Hipertensi

catatanmini.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang tidak umum terjadi pada anak muda. Akan tetapi, tetap ada kemungkinan bahwa usia belia dapat mengalami masalah kesehatan tersebut.

Kondisi ini apabila tidak diatasi dapat menyebabkan terganggunya pembuluh darah. Selain stroke, hal tersebut juga akan memicu penyakit jantung.

3. Kelainan Pembuluh Darah Bawaan

sehatly.com

Kelainan pembuluh darah bawaan, misalnya penyakit aneurisma otak dan malformasi arteri juga merupakan salah satu penyebab stroke pada anak muda.

Aneurisma otak merupakan kondisi pembesaran pembuluh darah pada otak yang disebabkan oleh lemahnya dinding pembuluh darah. Sedangkan malformasi arteri adalah pertumbuhan yang tidak wajar dari pembuluh darah arteri dan vena.

Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gumpalan dan pecahnya pembuluh darah.

4. Penyakit Jantung

medicalnewstoday.com

Penyakit jantung atau malformasi jantung memang bisa terjadi di usia muda atau bisa jadi merupakan penyakit bawaan.

Detak jantung yang tak beraturan, masalah fungsi jantung, dan serangan jantung dapat menyebabkan terjadinya stroke pada tubuh seseorang.

Baca Juga: Pegawai Kantoran Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung, Ini Penyebabnya

5. Infeksi

1health.id

Siapa sangka hal ini juga merupakan salah satu penyebab stroke di usia muda? Adanya infeksi yang berat bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh dan sel-sel darah sehingga dapat menyebabkan penggumpalan darah.

Itulah yang mengakibatkan stroke dapat terjadi pada anak muda.

6. Kolesterol Tinggi

styleabby.com

Kadar kolesterol yang tinggi memang jarang ditemui pada anak muda. Namun, gaya hidup yang tidak sehat dan gangguan metabolisme bawaan bisa menyebabkan kolesterol darah lebih mudah naik.

Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung, serebrovaskular, serta meningkatkan risiko stroke.

7. Trauma Berat

topsimages.com

Selain masalah kesehatan dari dalam tubuh, stroke pada anak muda juga dapat disebabkan oleh adanya trauma berat akibat kecelakaan dan lain sebagainya.

Trauma kepala atau gegar otak misalnya, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh termasuk hambatan atau penyumbatan darah yang menjadi alasan utama stroke.

8. Menjalani Pengobatan Tertentu

medicalnewstoday.com

Menjalani pengobatan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi salah satu penyebab stroke pada anak muda.

Orang yang sedang menjalani pengobatan kanker misalnya, akan mengalami perubahan fisiologis pada tubuh dan berpotensi meneybabkan gumpalan darah.

Baca Juga: Jangan Panik, Benjolan Belum Tentu Indikasi Kanker Payudara

Selain itu, penggunaan rokok atau obat-obatan terlarang juga bisa menjadi penyebab stroke di usia muda.

Meskipun identik dengan orang tua, nyatanya stroke juga bisa menyerang anak muda. Penerapan gaya hidup sehat merupakan cara yang paling tepat untuk mencegahnya.

0 Comment