Alasan Kamu Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kiri, Manfaatnya Mengejutkan!

19 March 2019, at 07:00
1
1
Alasan Kamu Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kiri, Manfaatnya Mengejutkan!

Posisi tidur ternyata berpengaruh pada kesehatan seseorang. Mungkin kamu sudah banyak mendengar tentang hal tersebut.

Kemungkinan juga kamu mempercayai bahwa tidur menghadap ke kiri adalah sebuah kesalahan besar yang dapat membuat jantung menjadi terbebani.

Namun, Dr. John Douillard, pakar kesehatan ayurveda (tradisi pengobatan kuno) justru menyatakan sebaliknya. Tidur menghadap kiri ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti berikut ini.

Baca Juga: Bahaya Kurang Tidur, Bisa Bikin Mati Muda!

1. Meredakan Sakit Punggung

meredakan sakit punggung
gettyimages.com

Jika memiliki sakit punggung kronis, sebaiknya kamu tidur dengan posisi menghadap ke kiri. Hal tersebut akan mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga kamu lebih nyaman dan dapat mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

2. Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

 menghilangkan kebiasaan mendengkur
honestdocs.id

Posisi tidur menghadap kiri sangat efektif mengurangi kebiasaan mendengkur dari waktu ke waktu. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh terbukanya jalan napas dengan menjaga otot lidah dan tenggorokan berada di posisi netral.

Sebaliknya, tidur terlentang akan membuat otot-otot tersebut tertarik ke belakang, menutupi tenggorokan dan membuatmu sulit bernapas sehingga terbentuk dengkuran.

3. Mencegah Naiknya Asam Lambung bagi Penderita Maag

mencegah naiknya asam lambung bagi penderita maag
beta.dotcomsolution.co.id

Penderita maag sepertinya harus memanfaatkan posisi tidur menghadap kiri untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang beristirahat.

Dengan berbaring ke kiri, gaya gravitasi akan memaksa asam lambung untuk masuk ke dalam lobang perut dan tidak kembali ke kerongkongan.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

meningkatkan sirkuasi darah
firstbeat.com

Posisi tidur menghadap kiri akan menekan vena cava atau pembuluh darah terbesar dalam tubuh yang terletak di sisi kanan. Hal ini akan membuat pasokan darah menjadi lebih banyak ke jantung.

Tidur ke sisi kiri juga baik untuk ibu hamil karena bisa meningkatkan aliran darah ke jantung, janin, rahim, dan ginjal.

Baca Juga: Bukan Hanya Leukimia, Ini Lho Macam-Macam Kanker Darah, Gejala, Serta Penyebabnya

5. Melancarkan Pencernaan

melancarkan pencernaan
rilis.id

Tidur dengan posisi menghadap kiri akan menyebabkan lambung dan pankreas tergantung secara alami dan memiliki ruang untuk melakukan proses pencernaan.

Hal tersebut akan membuat enzim pankreas bekerja secara maksimal sehingga penyerapan sari makanan dan hormon yang dihasilkan akan lebih efisien.

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

meningkatkan kesehatan otak
pexels.com/@daria

Sebuah riset menemukan bahwa tidur menghadap ke kirir dapat meningkatkan kesehatan otak, bahkan membantu mencegah gangguan kesehatan tertentu.

Kondisi serius seperti alzhaimer juga bisa diceah dengan rutin tidur menghadap ke kiri.

7. Sistem Pembuangan Lancar

sistem pembuangan lancar
shutterstock.com

Tidur menghadap kiri memungkinakan gravitasi untuk mendorong makanan berpindah dari usus kecil ke usus besar melalui katup ileocecal (ICV).

Menghadap kiri sepanjang malam akan membuat seseorang menjadi lebih mudah dan lancar buang air besar di pagi harinya.

8. Membersihkan Getah Bening

membersihkan getah bening
pexels.com/@jmark

Menurut John Doulliard, posisi tidur menghadap kiri dapat membantu membersihkan getah bening seseorang. Hal ini disebabkan karena sisi tubuh tersebut merupakan limfatik yang dominan.

Cairan getah bening tubuh mengalir ke saluran toraks di sebelah kiri. Itulah mengapa tidur dengan posisi tersebut dapat mempermudah pembuangan racun dari kelenjar getah bening.

Baca Juga: Gak Hanya Nikmat, Tidur Siang Ternyata Punya Segudang Manfaat

Nah, itu dia manfaat tidur menghadap ke kiri yang jarang diketahui oleh masyarakat. Namun, kebanyakan justru menghindari posisi yang berfungsi bagi kesehatan tersebut.

Setelah mengetahui manfaat posisi tidur menghadap ke kiri, kamu masih ragu untuk melakukannya?

1 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
21/03 - 20:00
Kalau aku sih lebih suka miring ke kanan min, karena katanya biar jantungnya nggak ketekan gitu ?