Alasan Medis di Balik Nabi Muhammad Melarang Minum Sambil Berdiri, Akibatnya Bisa Fatal

28 January 2019, pada 09:00
0
0
Alasan Medis di Balik Nabi Muhammad Melarang Minum Sambil Berdiri, Akibatnya Bisa Fatal

Jika kamu orang muslim, kamu pasti pernah mendengar tentang larangan Nabi Muhammad tentang hukum minum sambil berdiri. Jika tidak, nenek atau orang tuamu pasti pernah memintamu agar tidak melakukan hal tersebut.

Larangan tersebut ternyata bukan tidak memiliki dasar, lho. Terdapat alasan logis yang telah dibuktikan secara medis tentang hal tersebut. Berikut ini bahaya minum sambil berdiri yang harus kamu tahu.

1. Tersedak

minum sambil berdiri menyebabkan tersedak
acprclass.com

Mungkin, tersedak merupakan perkara sepele bagi banyak orang. Kondisi dimana terjadi sumbatan pada trakea karena adanya benda asing, muntah, darah atau cairan lain ini sebenarnya merupakan keadaan darurat medis.

Jika tidak ditangani dengan cepat, tersedak bahkan bisa membuat seseorang meregang nyawa. Ini lah salah satu risiko jika kamu sering minum sambil berdiri.

2. Haus Tidak Mudah Hilang

minum sambil berdiri membuat haus tidak mudah hilang
sstylecraze.com

Jika diberi pertanyaan untuk apa kamu minum, pasti jawabannya adalah sebagai penghilang rasa haus. Namun, tahu kah kamu jika minum sambil berdiri tidak dapat menuntaskan tujuan tersebut?

Hal ini dipengaruhi oleh air yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap ke dengan sempurna. Itulah mengapa minum dengan posisi berdiri justru akan membuatmu terus haus.

Baca Juga: Selalu Merasa Haus? Wah, Jangan-Jangan Kamu Terserang Penyakit Ini

3. Menganggu Pencernaan

minum dengan posisi berdiri mengganggu pencernaan
intoposts.com

Minum sambil berdiri membuat tenggorokan menyempit dan mengerut. Hal ini membuat air langsung masuk ke dalam tubuh tanpa melewati usus atau dinding usus.

Hasilnya, akan ada cipratan air ke dinding perut yang jika terjadi dalam jangka panjang akan menimbulkan kerusakan pencernaan.

Selain itu, efek minum sambil berdiri seperti terhambatnya proses penghancuran makanan juga akan menimbulkan sakit perut, kembung, mual, dan lain sebagainya.

4. Menyebabkan Nyeri Sendi

minum dengan posisi berdiri menyebabkan nyeri sendi
womansweekly.com

Siapa sangka, minum dengan posisi berdiri juga menyebabkan nyeri sendi. Ketika berdiri, sistem urat saraf simpatik akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan.

Alhasil, terjadi penumpukan cairan terutama di area sendi.

5. Merusak Ginjal

bahaya minum sambil berdiri merusak ginjal
doktersehat.com

Sebenarnya, mengapa kebiasaan minum sambil berdiri membahayakan ginjal? Kamu pasti pernah mendengar hal ini sebelumnya. Ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang berfungsi untuk menyaring cairan yang masuk.

Posisi tubuh yang berdiri dapat membuat filter penyaring pada ginjal menjadi tertutup. Kondisi ini menyebabkan kotoran menumpuk di ureter dan lama kelamaan menjadi kerusakan permanen pada ginjal.

Baca Juga: Jangan Langsung Tidur Setelah Makan, Bahaya!

6. Masalah di Paru-Paru

bahaya minum sambil berdiri masalah di paru-paru
artikel.co

Efek minum sambil berdiri juga sangat buruk bagi organ pernapasan. Akan terjadi tekanan yang sangat kuat pada saluran tenggorokan dan pipa makanan. Hal ini kemudian menyebabkan paru-paru menjadi bermasalah.

7. Memicu Arthritis

efek minum sambil berdiri memicu arthritis
medicalnewstoday.com

Arthritis merupakan peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa sakit, bengkak, kaku, dan sulit begerak. Hal ini dapat disebabkan oleh kebiasaan minum sambil berdiri.

Sama seperti nyeri sendi, hal ini dikarenakan oleh air minum yang masuk ke dalam tubuh tidak terserap dan justru menyebar ke berbagai organ.

8. Kesehatan Jantung Terganggu

minum sambil berdiri membuat kesehatan jantung terganggu
medicalnewstoday.com

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa minum sambil berdiri dapat menjadi alasan masalah kesehatan jantung seseorang. Hal ini karena terdapat reakasi tiba-tiba ketika kamu melakukan hal tersebut.

Saat minum sambil berdiri, saraf simpatik akan aktif dan berefleksi dengan saraf kelana. Kondisi ini akan berpengaruh pada detak jantung.

Setelah mengetahui 8 bahaya minum sambil berdiri, kamu masih mau melakukannya? Sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk tersebut dan mulailah membiasakan diri dengan duduk saat minum atau makan.

Hal yang terlihat sepele bisa memiliki dampak yang besar bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan artikel kesehatan lebih banyak, kamu bisa mengunduh aplikasi Qupas secara gratis dari Google Play Store atau Apple App Store.

0 Komentar