Alasan Mengejutkan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi Sebelumnya

01 October 2018, pada 05:36
0
0
Alasan Mengejutkan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi Sebelumnya

Bencana yang ada di Palu adalah duka untuk semua warga yang ada di Indonesia bahkan dunia. Tangisan dan rintihan dari para saudara satu bangsa ini pun mulai terdengar dan langsung tersiar ke penjuru Indonesia.

Sejak hari Jumat (28/09/18), sudah ada 832 orang meninggal akibat goncangan berkekuatan 7.4 SR. Gempa itu kemudian mengakibatkan adanya tsunami setinggi 2 meter yang meratakan hampir seluruh wilayah Donggala, Sulawesi Tengah.

Alasan Mengejutkan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi Sebelumnya
kompas.com

Bencana yang dahsyat itu pun juga mengundang Korea Selatan dan Uni Eropa untuk mengulurkan tangannya dengan memberikan sumbangan sebesar 40,8 miliar rupiah.

Dengan sumbangan itu diharapkan akan ada penyelamatan dan pemulihan secara cepat di wilayah yang terkena dampak gempa dan tsunami.

Jika dilihat dari foto dan video yang viral sangat terlihat jelas bagaimana ratanya bangunan dan jalanan akibat tsunami yang terjadi sesaat setelah gempa besar mengguncang.

Tentu muncul sebuah pertanyaan atas keheranan tentang peringatan dini dan penanganan bencana.

Baca juga: 5 Gempa Paling Mengerikan di Dunia, Semoga Kita Nggak Mengalaminya

“kok bisa tsunami di Palu nggak tahu?” “memang kita nggak punya peta hazard sampai nggak tahu?”.

Ternyata seperti ini tanggapan oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hassanuddin Z Abidin tentang keruwetan masalah gempa Donggala diikuti tsunami Palu.

Alasan Mengejutkan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi Sebelumnya
kompas.com

Sebenarnya seperti ini, BIG mengelola satu stasiun pasang surut di sebuah dermaga kota Palu. Di dalam stasiun terdapat alat ukur pasang surut yang berguna untuk mendeteksi tsunami.

Alat tersebut harus didukung dengan daya listrik. Kemudian akan meneruskan data tentang pasang surut ke bagian BIG dan BMKG.

Stasiunnya berada tepat di pinggir laut. Harus terus dialiri listrik agar bisa online dan mengirimkan sebuah informasi. Namun, karena tsunami terjadi setelah adanya gempa yang mengakibatkan pemadaman listrik.

Bahkan hingga kini, Hasan tak tahu menahu soal nasib stasiun pasang surut. Hancur atau masih berdiri.

Alasan Mengejutkan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi Sebelumnya
kicknews.today

“yang jelas begitu listik mati, data berhenti mengalir. Inilah tantangannya kalau alat bergantungan dengan aliran listrik. Kita hanya bisa mengandalkan baterai cadangan tetapi ternyata tidak berfungsi”, penjelasannya.

Itulah alasannya mengapa tsunami Palu tak terdeteksi sebelumnya. Kejadian luputnya satu informasi penting yang terjadi ini, memberikan pelajaran penting soal infrastruktur peringatan dini gempa dan tsunami.

Baca juga: Sedang Di Gunung dan Terjadi Gempa? Lakukan ini Agar Selamat

Seperti yang dilansir di Kompas.com, Hasan pun mengatakan bahwa “kita pun harus berpikir soal listrik yang tahan gempa. Setiap kali gempa listrik mati”.

Tentu hal itu yang akan menghambat adanya informasi yang seharusnya dikirimkan dari stasiun yang ada.

Alasan Mengejutkan Kenapa Tsunami Palu Tak Terdeteksi Sebelumnya
atmago.com

Mungkin sudah banyak video atau foto yang sudah sobat Qupas lihat di ponselmu. Terlihat ada banyak orang yang menyelamatkan diri dengan naik ke atap rumah.

Hal itu tentu merupakan penyelamatan pertama yang bisa dilakukan.

Kemudian, coba untuk menjahui reruntuhan di dalam air. Agar tim penyelamat tidak kesulitan saat menyelamatkan korban selamat. Yang terpenting selalu utamakan keselamatan diri sendiri.

Lalu, percayakan semuanya kepada tim evakuasi dan pihak berwenang agar tidak semakin banyak korban meninggal yang bertambah.

0 Komentar