Alasan Timbulnya Jerawat Sebelum Haid dan Cara Mengatasinya

29 June 2019, at 06:00
0
0
Alasan Timbulnya Jerawat Sebelum Haid dan Cara Mengatasinya

Selain ketidakcocokan dengan produk skincare, menstruasi kerap disalahkan sebagai biang kerok munculnya jerawat. Tapi benarkah demikian adanya?

Anggapan ini nggak sepenuhnya salah memang. Dalam sebuah riset dari Archieve of Dermatology, sebanyak 63% wanita mengalami masalah ini.

Namun yang perlu diluruskan, penyebab yang sebenarnya adalah karena perubahan hormon. Menjelang haid, akan ada ketidakseimbangan hormon yang terjadi di tubuh wanita.

kenapa timbul jerawat sebelum haid
reclaimingthemission.com

Hormon estrogen dan progesteron akan menurun secara drastis. Sedangkan hormon testosteron atau hormon laki-laki yang ada di tubuh wanita dalam jumlah kecil cenderung stabil.

Aktivitas hormon ini kemudian memengaruhi kondisi kulit. Peningkatan hormon progesteron akan merangsang sekresi sebum.

Baca juga: Sederhana, Cara Ini Ternyata Efektif Mengusir Jerawat Hormonal yang Membandel

Tapi tingginya produksi sebum ini juga memberi dampak yang berbeda pada setiap wanita. Ada yang kulitnya jadi glowing dan sehat alami.

kulit berminyak
instagram.com/cosrx

Ada juga yang kemudian timbul jerawat, karena produksi minyak berlebih yang tergabung bersama kotoran dan sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori.

Terlebih lagi, sebum biasanya juga mengundang bakteri penyebab jerawat, p.acnes untuk datang dan berkembang biak.

Sayangnya, timbulnya jerawat sebelum haid ini nggak bisa dihentikan. Tapi jangan khawatir, karena Qupas akan berikan 3 tips supaya kamu bisa meminimalisirnya.

mencuci muka
instagram.com/garnierindonesia

Yang pertama yakni dengan cara membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari untuk melunturkan produksi sebum yang berlebih. Pastikan juga untuk memilih produk face wash terbaik yang sesuai dengan kondisi wajah supaya kulitmu nggak kering.

Kemudian yang kedua, makanan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi perubahan hormon di dalam tubuh. Maka dari itu, diperlukan diet yang tepat supaya jerawat nggak muncul.

Dari sejumlah penelitian, makanan yang mengandung insulin tinggi seperti kudapan manis, minuman bersoda, dan junk food bisa memicu sejumlah hormon untuk memproduksi minyak berlebih. Jadi ada baiknya untuk dihindari.

menghindari stres
instagram.com/wardahbeauty

Dan cara yang terakhir ini juga nggak kalah penting. Yaitu sebisa mungkin menghindari stres.

Profesor Darmatologi dari Wake Forest University School of Medicine, Dr Gil Yosipovich mengatakan bahwa, pemicu tumbuhnya jerawat bisa berasal dari stres.

Hal ini karena saat stres, produksi hormon kortisol yang memicu peradangan akan melonjak naik dan membuat jerawat bermunculan.

Baca juga: Gadget dan Tujuh Kebiasaan Lainnya yang Bikin Jerawatmu Makin Parah, Kok Bisa?

Nah, itulah alasannya kenapa timbul jerawat sebelum haid berikut cara mengatasinya. Selain menjaga kebersihan kulit, pastikan untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan merelaksasi pikiranmu.

0 Comment