Alergi Anestesi Seperti Jessica Iskandar, Apa Penyebab dan Efek Sampingnya?

30 August 2019, at 09:00
0
0
Alergi Anestesi Seperti Jessica Iskandar, Apa Penyebab dan Efek Sampingnya?

Baru-baru ini artis cantik Jessica Iskandar membagikan kondisi wajahnya yang dipenuhi dengan kemarahan kepada pengikut media sosial instagramnya.

Presenter beranak satu tersebut mengaku bahwa ia sedang mengalami alergi pasca anestesi yang membuat kulit wajahnya berubah kemerahan. Meskipun demikian, perempuan yang akrab disapa Jedar tersebut nggak menjelaskan lebih lanjut anestesi apa yang ia lakukan.

Akan tetapi, mungkinkah seseorang bisa mengalami reaksi alergi terhadap anestesi atau obat bius? Kira-kira apa ya yang menjadi penyebabnya?

1. Alergi Anestesi atau Obat Bius

jedar alergi
instagram.com/inijedar

Dilansir dari Healthline, munculnya reaksi alergi setelah pemberian anestesi memang mungkin saja terjadi. Gejalanya bisa sangat ringan atau berat.

Meskipun demikian, alergi terhadap obat bius memang bukanlah sesuatu yang umum terjadi. Bahkan British Journal of Anaesthesia memperkirakan bahwa kondisi tersebut hanya terjadi pada 1:10.000 orang.

2. Penyebab Alergi

obat bius
regnum.ru

Masalah kesehatan yang muncul setelah anestesi mungkin saja disebabkan oleh sejumlah obat bius yang digunakan. Dapat dikatakan bahwa sebagian banyak kasus hanya merupakan efek samping dari obat, atau dalam kata lain bukan benar-benar karena alergi.

Reaksi alergi karena anestesi bisa disebabkan oleh paparan dari obat atau zat lain seperti antibiotik, penghambat neuromuskuler, atau antiseptik chlorexidine.

3. Efek Samping Anestesi pada Umumnya

anestesi
hellosehat.com

Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin bisa terjadi berdasarkan jenis anestesinya.

Anestesi umum

Merupakan proses pembiusan total yang membuat pasien nggak sadar selama operasi berlangsung. Hal ini biasanya diterapkan pada operasi besar. Efek sampingnya sebagai berikut.

  • Mual dan muntah
  • Nyeri otot
  • Gatal-gatal

Baca Juga: Apa Saja Sih Tanda-Tanda Alergi Dingin?

  • Kedinginan
  • Susah buang air kecil
  • Merasa bingung

mual
doktersehat.com

Anestesi lokal

Merupakan prosedur anestesi yang membuat pasien mengalami mati rasa pada bagian tubuh tertentu yang membutuhkan operasi. Berikut ini efek sampingnya.

  • Gatal pada daerah yang dibius
  • Nyeri ringan di daerah yang dibius
  • Seperti mengalami kesemutan

gatal
doktersehat.com

Anestesi regional

Merupakan pemberian obat bius pada area tertentu akan tetapi dengan jangkauan yang lebih besar dan luas. Efek sampinya sebagai berikut.

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Selalu mengantuk

Baca Juga: Cukup Tidur Tetapi Masih Sering Mengantuk? Waspadai Penyakit-Penyakit Ini

Nah itu dia Sobat Qupas beberapa fakta tentang anestesi dan kemungkinan alergi yang dialami oleh Jessica Iskandar.

Jika kamu memiliki kondisi alergi yang sama tetapi perlu di operasi, katakan pada dokter keluhan tersebut sehingga obat bius dapat disesuaikan dengan kondisi tubuhmu.

0 Comment