Alergi Makanan bisa Dihilangkan, Mitos atau Fakta?

28 November 2018, at 09:00
1
0
Alergi Makanan bisa Dihilangkan, Mitos atau Fakta?

Alergi makanan adalah reaksi yang muncul ketika sistem kekebalan tubuh salah merespon protein dari makanan dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. Oleh sebab itu, biasanya akan timbul rasa gatal atau ruam pada kulit.

Kasus ini sebenarnya relatif jarang. Hanya sekitar 8 persen anak-anak dan 3 persen orang dewasa yang mengalaminya.

Meski demikian, alergi makanan tak bisa dianggap sepele lho. Karena gejalanya cukup beragam, mulai dari yang ringan sampai yang membahayakan nyawa.

Mungkin kamu juga penasaran, bisakah alergi makanan dihilangkan? Nah sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu.

1. Faktor yang Meningkatkan Risiko Alergi Makanan

ilustrasi tes alergi
medicalnewstoday.com

Peluang untuk terkena alergi makanan biasanya lebih tinggi apabila ada anggota keluarga yang mengidap asma, eksim, atau biduran. Sebab berbagai alergi tersebut biasanya timbul secara bersamaan.

ilustrasi bayi yang alergi makanan
momjunction.com

Faktor lain yang bisa memicu alergi adalah usia. Bayi atau balita lebih berisiko terkena alergi makanan dibandingkan dengan orang dewasa, karena selektivitas penyerapan makanan mereka yang masih rendah.

2. Makanan Penyebab Alergi

makanan penyebab alergi
amazingscience.news

Sebenarnya, semua makanan mempunyai potensi untuk menyebabkan alergi. Tetapi makanan yang tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, susu, ikan, udang, lobster, kepiting, dan gandum sering kali menjadi penyebabnya.

ilustrasi anak-anak yang alergi telur
squarespace.com

Alergi yang disebabkan oleh telur, kacang-kacangan, dan susu umumnya dialami oleh anak-anak. Gejala yang muncul biasanya adalah pembengkakan, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Baca juga: Bersin Karena Pilek Atau Tanda Alergi, Apa Ya Bedanya?

3. Gejala Alergi Makanan

ilustrasi gejala alergi makanan
allenallergy.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gejala alergi bisa beragam. Misalnya saja yang ringan mulai dari ruam merah, gatal, pusing, sakit perut, diare, bahkan pembengkakan di sekitar mulut dan wajah.

sesak nafas sebagai gejala alergi
artikel.co

Pada kasus tertentu, alergi yang parah bisa menimbulkan detak jantung jadi lebih cepat, sesak nafas, munculnya rasa cemas, penurunan tekanan darah, hingga pingsan. Bila reaksi ini tak segera mendapatkan penanganan, maka bisa membahayakan nyawa.

4. Bisakah Alergi Makanan Dihilangkan?

ilustrasi wanita yang menderita alergi makanan
telegraph.co.uk

Alergi makanan bisa dilawan, diatasi, dan diobati untuk meredakan gejala yang muncul. Namun sayangnya tidak bisa dihilangkan.

Meski kondisi ini akan cenderung hilang saat seseorang beranjak dewasa, namun ada juga yang tiba-tiba muncul meski sudah lama tak pernah kambuh.

Sedangkan bagi yang mengalami reaksi yang sangat parah, alergi makanan biasanya akan menetap seumur hidup.

ilustrasi pria yang membaca label makanan
squarespace.com

Oleh sebab itu, bila kamu memiliki alergi makanan, bisa diatasi dengan cara berikut:

  • Mengetahui makanan apa saja yang menyebabkan alergi
  • Menghindari makanan pemicu alergi
  • Membaca komposisi makanan sebelum membeli
  • Berkonsultasi dengan ahli gizi

Nah selain cara tersebut, kamu bisa pergi menemui dokter apabila mengalami gejala alergi yang parah. Karena akan lebih baik bila didiagnosis langsung oleh ahli medis untuk dapatkan penanganan yang tepat.

0 Comment