Qupas Family

Amankah Penggunaan Bedak Tabur untuk Bayi? Ketahui Faktanya Yuk Bunda!

08 February 2020, at 08:00
Amankah Penggunaan Bedak Tabur untuk Bayi? Ketahui Faktanya Yuk Bunda!

Penggunaan bedak tabur untuk bayi memang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan, terutama oleh masyarakat Indonesia. Selain membuat kulit si kecil terasa lebih lembut, menggunakan bedak juga membuat aroma buah hati lebih harum.

Meskipun demikian, sempat muncul pro dan kontra terkait penggunaan bedak untuk bayi lho! Hal tersebut karena bedak tabur dianggap bisa menyebabkan masalah kesehatan untuk si kecil. Lantas, benarkah demikian? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Manfaat Bedak untuk Bayi

Bedak Bayi (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Nyatanya, penggunaan bedak untuk bayi nggak hanya bermanfaat untuk menambahkan aroma wangi. Hal tersebut juga dapat menjaga kelembapan kulit si kecil agar tetap memiliki kadar pH yang normal.

Selain itu, mengaplikasikan bedak tabur pada si kecil juga akan membantu mengurangi risiko iritasi akibat gesekan. Bagaimana pun, bayi memiliki kulit yang masih sensitif sehingga mudah mengalami masalah saat bergerak.

Penggunaan Bedak Bayi (Foto: freepik.com)
freepik.com

Beberapa bedak bayi juga memiliki kandungan yang memberikan efek sejuk serta menenangkan sehingga dapat membuat si kecil nyaman sepanjang hari.

Yang nggak kalah penting, sentuhan lembut Bunda saat mengaplikasikan bedak ke kulit bayi juga bisa menjadi proses bonding yang baik lho!

Baca juga: Fakta Penggunaan Minyak Kayu Putih untuk Bayi, Aman Nggak Ya?

2. Bahaya Penggunaan Bedak untuk Bayi

Penggunaan Bedak untuk Bayi (Foto: enriqueveloz.com)
enriqueveloz.com

Meskipun memiliki beberapa manfaat, namun para ahli mengatakan bahwa penggunaan bedak untuk bayi bukanlah hal yang wajib dilakukan. Bahkan, hal tersebut bisa berbahaya lho!

Menurut The American Academy of Pediatrics, pemakaian badak tabur untuk bayi dapat menyebabkan masalah pada sistem pernapasan dan gangguan serius lainnya apabila si kecil menghirup serbuk bedak.

Selain itu, beberapa produk bedak mungkin mengandung bahan kimia seperti pewangi dan lain sebagainya yang nggak cocok untuk kulit sensitif si kecil. Bukannya mengurangi iritasi dan ruam, penggunaan bedak juga bisa menyebabkan hal tersebut.

3. Tips Aman Penggunaan Bedak untuk Bayi

Tips Penggunaan Bedak Bayi (Foto: parents.com)
parents.com

Apabila kamu ingin memberikan bedak untuk si kecil, sebaiknya perhatikan beberapa tips aman berikut ini.

  • Perhatikan kandungannya, pastikan sudah teruji secara klinis dan nggak ada bahan kimia yang berisiko menyebabkan alergi
  • Tuang di tangan terlebih dahulu dan aplikasikan secara perlahan, jangan langsung ke tubuh bayi karena bisa menyebabkan gangguan pernapasan
  • Bersihkan sisa-sisa bedak dengan teliti agar nggak mengendap dan menyebabkan iritasi

Nah itu dia Sobat Qupas beberapa fakta tentang penggunaan bedak untuk bayi yang perlu kamu ketahui.