Ampuh! 8 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Wajah Kering dan Bersisik

24 January 2019, at 13:07
0
0
Ampuh! 8 Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Wajah Kering dan Bersisik

Kondisi wajah kering umumnya terjadi akibat kulit kekurangan cairan atau kehilangan kelembabannya. Seperti persoalan kecantikan lainnya, hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan maupun penampilan.

Bahkan bila masalah kulit ini tak ditangani dengan tepat, wajah akan terasa kasar, terlihat kusam, dan bersisik. Untuk mengatasi masalah ini, produk perawatan wajah khusus untuk kulit kering bisa diandalkan.

Tapi selain itu, masih ada alternatif lain yang bisa dicoba untuk mengatasi wajah kering dan bersisik lho. Yakni dengan bantuan bahan alami.

Nah, kira-kira bahan alami apa saja ya yang bagus untuk merawat kulit kering? Biar nggak penasaran, yuk langsung simak berikut ini.

1. Minyak Esensial

minyak esensial
exhalenow.com

Minyak esensial atau essential oil adalah salah satu bahan alami yang difavoritkan para wanita untuk merawat kecantikan wajah. Dari sekian banyak jenisnya, beberapa diantaranya sudah terkenal manfaatnya dalam melembabkan kulit.

Misalnya saja olive oil, avocado oil, dan coconut oil. Ketiga minyak esensial tersebut memiliki berbagai vitamin dan kandungan lainnya yang bisa mengunci kelembaban dalam waktu yang lama.

Itulah mengapa deretan essential oil tersebut sangat cocok untuk pemilik kulit kering dan berisisik.

2. Alpukat

alpukat untuk mengatasi kulit kering
wholefully.com

Resep selanjutnya untuk mengatasi kulit kering dan bersisik adalah menggunakan masker alpukat ditambah madu. Campuran dua bahan alami ini diklaim sebagai sumber sterolin dan humektan yang ampuh untuk menutrisi kulit yang kering.

Cara membuat masker untuk kulit kering ini juga sangat mudah. Haluskan buah alpukat, lalu aduk rata bersama dengan madu. Setelah adonan menjadi pasta, langsung aplikasikan secara merata pada wajah.

Diamkan masker campuran alpukat dan madu ini selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Pisang

masker pisang untuk wajah kering
girlterest.com

Pernah menjumpai pisang sebagai komposisi utama dalam produk kecantikan? Ya, hal itu karena buah berwarna kuning ini kaya akan vitamin A, B, dan E yang baik untuk melembabkan kulit.

Bahkan pernah dibuktikan pula dalam sebuah penelitian, kalau pisang ternyata juga bisa menjaga elastisitas kulit. Nah, bila ingin membuatnya sebagai masker untuk mengatasi kulit kering, kamu tinggal menghaluskannya saja.

Kemudian tambahkan plain yoghurt supaya hasilnya lebih efektif. Balurkan masker yang telah kamu buat ke wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

4. Pepaya

pepaya untuk mengatasi kulit kering
shopify.com

Selain berperan dalam mengatasi masalah pencernaan, pepaya juga bagus untuk merawat kulit kering. Khasiatnya ini didapatkan dari kandungan vitamin A dan C di dalamnya yang mampu meningkatkan hidrasi pada kulit.

Kabar baiknya lagi, vitamin C yang dimiliki pepaya juga akan mencerahkan kulit yang kusam. Kamu tinggal haluskan buah pepaya dan aplikasikan pada wajah yang bermasalah.

Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Menghilangkan Wajah Kusam Agar Kembali Cerah Bercahaya

5. Mentimun

mentimun untuk mengatasi kulit kering
shopify.com

Sering menggunakan irisan mentimun untuk mengusir tampilan mata panda? Bila iya, sebaiknya kamu juga mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

Sebab, buah yang tinggi akan kandungan air ini bisa menenangkan sekaligus melembabkan kulit yang kering dengan efek yang menyegarkan.

6. Lidah buaya

lidah buaya untuk mengatasi kulit kering
stylecraze.com

Bila produk aloe vera gel khasiatnya begitu juara dalam mengatasi berbagai masalah kulit, kamu pun bisa meracik tanaman lidah buaya sendiri untuk mengatasi wajahmu yang kering.

Caranya juga sederhana, tinggal kupas lidah buaya segar dan keluarkan gel-nya. Setelah itu oleskan ke wajah yang kering selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Bila ritual ini kamu lakukan secara teratur, kandungan antiseptik, anti-inflamasi dan sesasi dingin yang dimiliki lidah buaya dijamin akan mengusir kulit kering dan berisisik secara cepat.

7. Kunyit

masker kunyit untuk mengatasi kulit kering
201wellness.com

Siapa sangka, rempah-rempah yang berwarna kuning pekat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering. Kunyit mengandung banyak minyak atsiri yang ampuh untuk melembabkan wajah sekaligus berfungsi sebagai anti-oksidan.

Hebatnya lagi, bila kamu rajin memakai kunyit sebagai masker wajah, kulitmu akan tampak lebih cerah. Hal ini karena kurkumin sangat efektif untuk mengurangi produksi melamin dan mencegah perubahan warna kulit menjadi gelap.

Baca juga: Wow! Ternyata Bumbu-Bumbu Dapur Ini Bisa Bikin Wajahmu 'Kinclong'

8. Susu

susu untuk mengatasi kulit kering
cloudfront.net

Selain membantu mencerahkan kulit, lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu murni telah terbukti efektif untuk mengangkat sel kulit mati serta memberi kelembaban ekstra pada wajah.

Untuk perawatan kulit kering, sediakan semangkuk kecil susu murni. Kemudian celupkan kapas dan usapkan secara merata pada wajah.

Tunggu selama 10 menit lalu bilas dengan air sembari memijat wajah dengan lembut.

Nah, itulah sederet bahan alami yang ampuh untuk mengatasi kulit kering dan bersisik. Gimana, caranya sangat sederhana dan mudah bukan?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment