Qupas Family

Anak Hilang di Pusat Perbelanjaan atau Tempat Ramai, Apa yang Harus Dilakukan?

06 February 2020, at 12:00
Anak Hilang di Pusat Perbelanjaan atau Tempat Ramai, Apa yang Harus Dilakukan?

Menghabiskan waktu bersama anak memang bisa dilakukan dimana saja. Kegiatannya pun bisa bermacam-macam.

Salah satu aktivitas menyenangkan bersama buah hati adalah jalan-jalan di pusat berbelanjaan. Apalagi, di dalam satu tempat terdapat berbagai macam sarana kebutuhan. Mulai dari area bermain anak-anak, supermarket, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, pusat perbelanjaan yang ramai dan kelalaian orang tua bisa saja membuat anak tiba-tiba menghilang. Apabila hal tersebut terjadi, cepat lakukan hal ini ya Bunda!

1. Perhatikan Area Sekitar

Anak Hilang (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Saat anak menghilang di pusat perbelanjaan atau tempat yang ramai, sebaiknya orang tua jangan panik. Ketika sadar bahwa si kecil hilang, cobalah untuk meneriakkan namanya dengan tenang dan jelas. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan keberadaan buah hati.

Lakukan hal tersebut selama beberapa menit. Anak yang sudah cukup besar biasanya akan kembali ke tempat semula apabila ia sadar sudah terpisah dari orang tuanya.

2. Datang ke Meja Informasi dan Pihak Keamanan

Mencari Anak Hilang (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Apabila anak nggak kembali setelah beberapa menit, cobalah untuk datang ke meja informasi terdekat. Pusat perbelanjaan atau tempat rekreasi biasanya menyediakan fasilitas seperti ini.

Jelaskan secara rinci tentang buah hati, termasuk ciri-ciri, pakaian, dan dimana ia menghilang. Hal tersebut akan membantu pencarian tim keamanan.

3. Cek di Toko Mainan

Mengatasi Anak Hilang (Foto: funchildhood.com)
funchildhood.com

Selain itu, orang tua juga bisa mencari anak di tempat-tempat yang sekiranya membuat si kecil terterik seperti toko mainan, toko kue, toko es krim, dan lain sebagainya.

Pasalnya, anak-anak mudah terdistraksi dengan hal-hal yang disukai sehingga bisa saja ia tiba-tiba menuju ke tempat tersebut dan terpisah denganmu.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu Tentang 4 Pola Asuh dan Pengaruhnya pada Perkembangan Anak

4. Cek di Toilet

Anak Hilang di Tempat Umum (Foto: todaysparent.com)
todaysparent.com

Apabila si kecil sudah bisa buang air sendiri, kamu juga harus mencarinya di toilet. Bisa jadi buah hati nggak sempat meminta diantar dan pergi sendirian.

Jangan lupa untuk mencarinya baik di toilet perempuan maupun laki-laki. Pasalnya, si kecil mungkin belum terlalu paham kalau toilet umum dipisahkan berdasarkan jenis kelamin.

5. Hubungi Polisi

Anak Hilang di Tempat Ramai (Foto: thenextweb.com)
thenextweb.com

Apabila sudah melakukan semua usaha di atas dan anak masih belum ditemukan, menghubungi polisi merupakan salah satu cara yang paling efektif.

Berikan gambaran tentang anak secara jelas dan rinci kepada polisi. Keterangan tersebut akan membantu pencarian.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara mencari anak hilang di tempat umum yang bisa kamu lakukan. Sebagai pencegahan, selalu awasi si kecil saat sedang berada di tempat ramai ya!