Anak Ingin Bunuh Diri, Bagaimana Orang Tua Harus Menyikapinya?

31 October 2019, at 20:00
0
0
Anak Ingin Bunuh Diri, Bagaimana Orang Tua Harus Menyikapinya?

Stres atau depresi bukanlah sesuatu yang hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa saja. Anak usia remaja juga sangat rentan terhadap masalah-masalah tersebut.

Banyaknya tekanan yang muncul, entah dari keluarga, sekolah, teman-teman, dan lingkungan lainnya berpotensi menyebabkan depresi dan keinginan untuk bunuh diri pada buah hati.

Sebagai orang tua, tentu saja kamu nggak ingin hal ini terjadi kan? Akan tetapi, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan apabila anak ingin bunuh diri.

1. Jangan Meremehkan Masalah Anak

anak depresi
thenational.scot

Hal pertama yang perlu orang tua lakukan untuk mengatasi rasa ingin bunuh diri anak adalah dengan nggak meremehkan masalah yang sedang dihadapinya. Untuk memahami buah hati, kamu perlu memposisikan diri sebagai teman seusianya, bukan orang dewasa.

Buatlah anak menjadi nyaman dan mintalah ia untuk menceritakan segala keluh-kesahnya. Dengarkan ceritanya dengan tulus agar buah hati bisa melepaskan segala beban dan menjadi merasa lebih dicintai.

2. Bantu Anak Menghadapi Masalah

anak stres
mylatherapy.com

Setelah mengetahui permasalahan atau penyebab buah hati ingin bunuh diri, orang tua sebaiknya membantu anak menghadapi hal tersebut.

Sesuaikan solusi dengan masalah yang sedang dihadapi oleh buah hati. Kalau bisa, jauhkan anak dari hal-hal yang bisa memperburuk keinginannya untuk bunuh diri.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak Kesepian, Orang Tua Harus Peka Ya!

3. Jaga Kesehatan Fisik Anak

kesehatan anak
pinterest.ca/parenting

Bagaimana pun, kesehatan fisik dan mental memiliki kaitan yang sangat erat. Oleh sebab itu, kamu bisa menjaga kesehatan fisik anak untuk membantu meringankan stres atau depresinya.

Memberikan makanan yang bergizi dan dapat meningkatakan suasana hati. Selain itu, mengatur jadwal tidur yang cukup bagi buah hati juga sangat penting lho!

4. Gunakan Bantuan Profesional

kesehatan mental anak
inquirer.com

Apabila kondisi anak sudah mengkhawatirkan, lebih baik kamu meminta bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari atau mengatasi rasa ingin bunuh diri anak.

Kamu perlu melibatkan anak dalam mencari bantuan profesional yang tepat karena kenyamanan buah hati sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan tersebut.

Sebagai orang tua, kamu memang dituntut untuk menjadi lebih peka terhadap anak sehingga dapat lebih memahami perasannya. Apabila ada yang aneh dengan si kecil, segera tanyakan hal tersebut ya Sobat Qupas!

0 Comment