Anak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan Anak Pertama, Mitos atau Fakta ya Bunda?

22 November 2019, at 17:00
0
0
Anak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan Anak Pertama, Mitos atau Fakta ya Bunda?

Memiliki buah hati merupakan sebuah kebahagiaan bagi hampir semua pasangan. Meskipun demikian, mengasuh lebih dari satu anak memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Setiap anak diciptakan unik dan istimewa. Begitu pula dengan karakter dan kepribadian masing-masing yang berbeda, bahkan anak kembar sekalipun.

Berbicara mengenai karakter dan kepribadian buah hati, banyak orang mengatakan bahwa anak kedua lebih sulit diatur dibandingkan anak pertama.

anak kedua
telhi.org

Sebagai orang tua, kamu mungkin terkadang juga menyadari bahwa beberapa anak lebih mudah diatur dibandingkan yang lainnya. Namun, benarkah pernyataan di atas?

Baca Juga: Ternyata Jam Kelahiran Memengaruhi Kepribadian Anak Lho Bunda, Yuk Buktikan!

Dilansir dari laman brightside.me, sebuah penelitian telah membuktikan hal tersebut lho. Studi mengonfirmasi bahwa anak kedua memang cenderung lebih sulit untuk ditangani, terutama apabila berjenis kelamin laki-laki.

Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa urutan kelahiran dapat memengaruhi karakter serta kehidupan mereka lho.

kepribadian anak
salonisingh.com

Nggak hanya itu, studi lain yang dilakukan pada tahun 2005 oleh sekelompok peneliti dari University of California juga mengungkapkan hal serupa.

Dipimpin oleh Dr. E. Black, penelitian tersebut menyebutkan sesuatu yang mengejutkan bahwa anak kedua biasanya cenderung kurang berhasil dalam hal sekolah maupun pekerjaan apabila dibandingkan dengan saudaranya yang lebih tua.

Padahal, penelitian ini melibatkan anak-anak yang telah dianalisis asal usul keluarganya dan sudah dipastikan mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama atau seimbang dalam keluarga.

kakak adik
safesitter.org

Menurut seorang psikoterapis sekaligus pendiri The School of Individual Psychology, anak kedua memang biasanya memiliki daya juang yang lebih tinggi, lebih berani, dan banyak bicara.

Sikap ambisius tersebut lah yang dapat membuat anak kedua menjadi sulit diatur apabila nggak ditangani dengan baik.

Meskipun demikian, nggak semua anak kedua terbentuk sebagai pemberontak kok. Pola asuh anak yang tepat bisa membentuk kepribadian si kecil menjadi lebih baik Sobat Qupas!

0 Comment