Anak Muda Juga Berisiko Terserang Batu Ginjal, Apa Saja Penyebabnya?

12 February 2019, pada 06:10
0
0
Anak Muda Juga Berisiko Terserang Batu Ginjal, Apa Saja Penyebabnya?

Penyakit batu ginjal merupakan kondisi terbentuknya endapan kristal dari zat yang ada di air kencing. Kristal tersebut lama kelamaan akan tumbuh menjadi massa yang lebih besar yaitu batu yang dapat menembus saluran kemih.

Kondisi tersebutlah yang membuat seseorang yang menderita penyakit ini menjadi kesakitan saat buang air kecil. Masalah kesehatan ini pada umumnya terjadi pada usia 40 tahun ke atas.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa remaja atau anak muda juga bisa mengalaminya.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele Ini Bikin Anak Muda Terkena Asam Urat!

Hal ini karena gangguan kesehatan tersebut dapat terbentuk melalui pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan-kebiasaan berikut ini merupakan penyebab batu ginjal yang bisa saja menyerangmu.

1. Kebiasaan Kurang Minum Air Putih

kurang minum penyebab batu ginjal
medicalnewstoday.com

Minum air putih mungkin merupakan hal yang sepele bagi sebagian besar orang, namun dampaknya pada kesehatan bisa sangat besar, lho.

Jika kamu jarang mengonsumsi air putih, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut karena bisa membuatmu terserang batu ginjal.

Anak muda juga sangat rentan terhadap kebiasaan yang satu ini. Sibuk bermain dan melakukan hal-hal menyenangkan terkadang membuat kamu lupa untuk minum air putih sesuai takaran yang pas.

kebiasaan kurang minum penyebab anak muda terkena batu ginjal
healthline.com

Apalagi jika kamu lebih memilih untuk minum minuman kekinian yang lebih hits dan populer. Maka, air putih akan tergeser kedudukannya.

Tanpa kamu sadari, kebiasaan tersebut lama-lama akan memunculkan batu di dalam ginjalmu. Sebaiknya konsumsi air sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter.

Dengan demikian, maka zat dalam urin akan cenderung lebih encer dan tidak terjadi pembekuan.

2. Mengonsumsi Banyak Garam

kebanyakan makan garam penyebab penyakit batu ginjal
medicalnewstoday.com

Selain karena jarang mengonsumsi air putih, makan makanan yang terlalu banyak garam juga bisa menjadi salah satu penyebab anak muda terkena batu ginjal.

Kadar garam yang berlebih di dalam tubuh akan meningkatkan jumlah kalsium dalam urin.

konsumsi garam berlebihan penyebab anak muda terkena batu ginjal
npr.org

Kamu disarankan untuk mengonsumsi asupan sodium harian sebanyak 2.000 mg. Namun, ada baiknya jika kamu menekan angka tersebut sampai 1.500 mg untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain memunculkan penyakit batu ginjal atau kencing batu, kebiasaan ini akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan masalah hati.

3. Mengonsumsi Banyak Protein Hewani

konsumsi protein hewani penyebab batu ginjal
nutritionadvance.com

Tanpa kamu sadari, kebiasaan mengasyikkan yang satu ini ternyata berpotensi menjadi penyebab batu ginjal pada anak muda sekalipun.

Makanan seperti seafood, rendang, opor, dan lain sebagainya memang selalu mengundang selera bagi siapapun.

penyebab penyakit batu ginjal protein hewani
bonappetit.com

Padahal, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani juga bisa membuatmu terserang batu ginjal. Hal ini karena makanan-makanan tersebut dapat membuat kadar asam urat menjadi naik.

Kamu harus bijak dalam mengonsumsi berbagai olahan tersebut akan tetap sehat namun juga mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga: Kenali Sebelum Terlambat, Ini Gejala Diabetes pada Anak Muda

4. Obesitas

obesitas penyebab batu ginjal
medicalnewstoday.com

Ternyata, obesitas juga merupakan salah satu faktor penyebab batu ginjal. Masalah kelebihan berat badan ini berhubungan dengan resistensi insulin yang menyebabkan pH urin rendah.

Kondisi ini kemudian memudahkan pembentukan batu asam urat pada ginjal.

penyebab penyakit batu ginjal obesitas
medicalnewstoday.com

Selain itu, obesitas juga akan menambahkan produksi asam urat dalam tubuh. Sedangkan kondisi tersebut sendiri merupakan salah satu faktor utama yang membentuk batu-bati di dalam ginjal manusia.

Itulah sebabnya obesitas juga merupakan salah satu penyebab batu ginjal.

5. Mengonsumsi Obat Antibiotik Tanpa Resep Dokter

antibiotik penyebab batu ginjal
impactethics.ca

Penggunaan antibiotik sembarangan tanpa resep dokter sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini karena mengonsumsinya secara terus-menerus bisa memicu perubahan bakteri yang mendiami saluran kemih dan usus.

penyebab penyaki batu ginjal konsumsi antibiotik sembarangan
hellosehat.com

Akibatnya, proses pengeluaran mineral dan garam sisa pencernaan menjadi terganggu. Akan terbentuk endapan dari dua zat tersebut yang tidak bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin.

Itulah sebabnya mengonsumsi antibiotik tanpa resep dokter bisa menjadi salah satu penyebab batu ginjal.

Berbegai penyakit, termasuk batu ginjal bisa menyerang siapa pun bahkan anak muda terlihat masih kuat dan sehat. Semuanya tergantung pada pola hidup yang diterapkan dan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan.

Hindari 5 kebiasaan di atas agar tidak terkena batu ginjal, ya!

0 Komentar