Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Waspadai Gejala Awalnya

05 February 2019, at 07:00
1
0
Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Waspadai Gejala Awalnya

Diabetes merupakan penyakit kronis yang berlangsung lama dan ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini disebabkan oleh kemampuan insulin yang tidak dapat mengolag glukosa menjadi energi.

Penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi dan membuat penderita meregang nyawa apabila tidak ditangani dengan baik.

Diabetes tidak hanya terjadi pada orang tua. Anak muda juga bisa mengalaminya jika melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Apalagi jika penyakit ini sudah ada pada catatan kesehatan keluarganya.

Baca Juga: Tidak Terduga! Kopi Ternyata Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Untuk itu, kamu harus mewaspadai gejala diabetes yang seringkali tidak disadari berikut ini.

1. Mudah Haus dan Sering Buang Air Kecil

mudah haus dan sering buang air kecil gejala diabetes
cosmopolitan.co.id

Peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil merupakan gejala paling umum dari penyakit diabetes. Kondisi ini disebabkan oleh ginjal yang tidak mampu menyerap gula-gula yang berlebih.

Hasilnya, kamu akan buang air lebih banyak dan mudah dehidrasi. Pada umumnya, orang normal buang air kecil sebanyak 6-7 kali sehari. Jumlah 4 sampai 10 kali per hari juga masih termasuk hitungan sehat.

2. Cepat Lapar

mudah lapat tanda tanda penyakit diabetes
hellosehat.com

Apabila rasa haus dan ingin buang air kecil terus-menerus dibarengi dengan rasa lapar yang berlebihan, kamu harus khawatir. Ini merupakan gejala awal diabetes yang perlu diwaspadai.

Kondisi cepat lapar merupakan tanda-tanda penyakit diabetes karena insulin tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi. Itulah sebabnya penderita akan sering dilanda kelaparan, bahkan setelah makan sekalipun.

3. Kelelahan

kelelahan tanda tanda diabetes
hellosehat.com

Sering tidak disadari, kelelahan yang terjadi secara konstan merupakan tanda-tanda diabetes.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, insulin yang tidak dapat mengubah glukosa menjadi sember energi adalah penyebabnya. Maka dari itu, kamu akan menjadi mudah lelah dan mengantuk.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang merasa kelelahan. Namun, jika hal ini dibarengi dengan tanda lainnya maka bisa jadi itu merupakan gejala diabetes.

4. Penglihatan Kabur

penglihatan kabur gejala diabetes
orami.co.id

Siapa sangka, salah satu gejala diabetes adalah penglihatan yang kabur. Ini merupakan tanda awal diabetes jika kamu memiliki mata yang normal dan sudah memeriksanya, namun masih sering mengalami hal tersebut.

Kondisi ini disebabkan oleh pergeseran cairan yang membuat lensa mata bengkak serta berubah bentuk, sehingga mata menjadi kesulitan untuk fokus.

Baca Juga: Pakai Kacamata Bikin Minus Nampah? Begini Faktanya

5. Penurunan Berat Badan Tiba-Tiba

penurunan berat badan tiba tiba tanda tanda penyakit diabetes
hellosehat.com

Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat mengolah glukasi menjadi energi. Hasilnya, tubuh mengolah otot dan lemak sebagai penggantinya.

Itulah mengapa penurunan berat badan yang drastis dan secara tiba-tiba merupakan salah satu gejala awal diabetes.

Selain itu, dehidrasi juga merupakan penyebab dari turunnya berat badanmu. Tubuh menggunakan semua cairan yang tersedia untuk menghasilkan urin.

6. Kulit Gatal

kulit gatal gejala diabetes
thinkstockphotos.com

Kulit gatal merupakan hal sepele dan seringkali tidak dipedulikan oleh beberapa orang. Namun, ternyata hal ini juga bisa menjadi tanda-tanda penyakit diabetes, lho.

Jika sering mengalami hal ini, sebaiknya periksa juga apakah kamu mengalami gejala lainnya. Kulit yang kering karena kehabisan cairan tubuh membuatmu mudah merasakan gatal.

7. Luka Tak Kunjung Sembuh

luka tak kunjung sembuh tanda tanda penyakit diabetes
hellosehat.com

Proses penyembuhan luka yang sangat lama juga termasuk dalam gejala diabetes. Kandungan gula darah yang tinggi dapat meningkatkan peradangan pada luka. Selain itu, hal ini juga menyebabkan sirkulasi darah yang buruk.

Maka, akan sulit bagi darah untuk memperbaiki daerah kulit yang terluka. Hal ini biasanya terjadi pada daerah kaki.

8. Area Lipatan Kulit Menghitam

area lipatan kulit menghitam tanda tanda diabetes
hellosehat.com

Gejala diabetes ternyata juga terlihat dari warna lipatan kulitmu. Jika mengalami masalah kesehatan tersebut, daerah-daerah seperti leher, ketiak, selangkangan, siku, lutut, dan ruas-ruas jadi akan berubah warna atau menghitam.

Selain itu, teksturnya juga berubah menjadi seperti beludru.

Baca Juga: Benarkah Makan Jamur Bisa Kurangi Kadar Gula?

Sebelum terlambat, sebaiknya terapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Apabila kamu sudah merasa ada yang aneh dan mengalami gejala diabetes seperti di atas, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter.

Penanganan yang lebih cepat bisa membuat risiko penyakit kronis menjadi lenbih kecil. Ingin mendapatkan lebih banyak info kesehatan? Unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis!

0 Comment