Anak Nggak Suka dengan Gurunya, Orang Tua Harus Bagaimana?

29 October 2019, at 17:00
0
0
Anak Nggak Suka dengan Gurunya, Orang Tua Harus Bagaimana?

Mendapati anak mengeluh tentang gurunya yang galak atau menyebalkan mungkin merupakan salah satu hal yang pasti dialami oleh orang tua. Meskipun demikian, kebanyakan orang tua mengalami kesulitan dalam menanggapi hal tersebut.

Dilansir dari Health Cleveland Clinic, psikolog anak bernama Vanessa Jensen mengatakan bahwa hal pertama yang harus dimiliki oleh orang tua adalah kemauan untuk mendengarkan.

Biarkan buah hati menceritakan apa yang terjadi dan mengungkapkan bagaimana perasaannya, tanpa menghakimi si kecil atau gurunya. Selain membuat nyaman, hal ini juga diklaim dapat membantu si kecil meningkatkan kemampuan memecahkan masalah lho.

pendidikan
theworldnews.net

Orang tua bisa memberikan komentar-komentar netral seperti “Hmm” dan lain sebagainya saat anak bercerita. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan seperti “Apa yang terjadi kemudian?”.

Baca Juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

Hindari pernyataan yang provokatif seperti “Dia sangat jahat!” dan lain sebagainya karena hal tersebut justru akan menambah rasa benci anak kepada gurunya. Terkadang, sama seperti orang dewasa, anak-anak hanya ingin mengeluh dan didengarkan.

mendengarkan anak
istockphoto.com

Orang tua sebaiknya mendengarkan keluh-kesah anak dengan tulus agar si kecil merasa di sayang dan nggak sendirian. Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa langsung mengambil kesimpulan dan memastikan terlebih dahulu apa yang sebenarnya terjadi.

Kamu bisa mencari tahu atau meminta klarifikasi dari guru yang bersangkutan. Apabila tindak lanjut diperlukan atas masalah tersebut, orang tua dapat memutuskan apakah perlu duduk bersama dengan semua pihak untuk menyelesaikan masalah.

anak sekolah
tammymum.com

Pasalnya, anak usia dini bisa jadi salah paham terhadap apa yang sedang dialami, apalagi kalau si kecil termasuk anak yang sensitif.

Meskipun demikian, jangan pernah mengabaikan kekhawatiran anak ya! Terutama apabila masalah tersebut terus terjadi dan semakin serius. Orang tua perlu mengambil tindakan yang lebih tegas terhadap guru dengan pihak sekolah.

Nah, jadi begitu Sobat Qupas, cara bijak menanggapi anak yang benci dengan gurunya. Jadilah lebih peka dan pengertian ya!

0 Comment