Anak Sering Rewel? Ajak Si Kecil Lakukan 5 Permainan Seru Ini Yuk, Bun!

14 October 2019, at 20:00
0
0
Anak Sering Rewel? Ajak Si Kecil Lakukan 5 Permainan Seru Ini Yuk, Bun!

Rewel memang bagian alami dari tumbuh kembang anak. Tapi hal ini juga sering memancing emosi Bunda.

Saat usianya masih di bawah 3 tahun, si kecil mulai mengeksplorasi lingkungannya. Sementara kemampuan berkomunikasi dan fisiknya belum memadai. Di fase inilah orangtua akan dipusingkan dengan mood swing-nya, tantrum, hingga rewel. Seperti diketahui, kondisi ini dikenal dengan istilah terrible two.

Lalu, apa sih yang bisa dilakukan agar sikap rewel si kecil berkurang? Tenang, Bunda bisa melakukan permainan-permainan seru berikut ini bersama buah hati. Scroll ke bawah ya!

1. Ajak si kecil main petak umpet

main petak umpet
parenting.orami.co.id

Tahu nggak sih, Bun? Ternyata main petak umpet atau hide and seek kemungkinan bisa mengurangi sikap rewel si kecil, lho.

Mintalah ia untuk menutup mata, hitung sekira 5 sampai 7 detik, kemudian sembunyilah di tempat yang mudah dicari. Kemudian, gantilah posisi. Si kecil bersembunyi, sedangkan Bunda yang mencari. Ketika ia menemukan Bunda, atau sebaliknya, pasti si kecil bakal tertawa riang.

Siapa sangka, permainan sederhana ini ternyata mengandung manfaat buat tumbuh kembang anak, baik itu kecerdasan intelektual, emosional, maupun sosialnya.

2. Permainan 'detektif'

anak bermain detektif
androidkidsgames.blogspot.com

Selain petak umpet, coba juga permainan 'detektif'. Maksudnya, ajak si kecil untuk menemukan barang yang sudah Bunda sembunyikan.

Di usia kurang dari 3 tahun, ia lagi senang-senangnya mengeksplorasi lingkungan, sehingga si kecil pasti tertarik untuk mencari barang yang disembunyikan. Supaya lebih seru, sebut juga ciri-ciri barang tersebut untuk merangsang imajinasi dan daya konsentrasinya.

3. Permainan susun balok

anak bermain balok
tripsavvy.com

Permainan yang juga bisa mengurangi rewel pada anak adalah menyusun balok. Siapkan beberapa balok mainan yang berukuran sedang. Tujuannya supaya ia nggak kesulitan saat memindahkannya.

Sama seperti puzzle yang termasuk permainan konstruktif, hal ini akan melatih kesabarannya. Selain itu, susun balok juga merupakan sarana untuk mengenalkan kemampuannya dalam memecahkan masalah.

Baca juga: Ini Dia Bun, Mainan untuk Tumbuh Kembang Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

4. Main pasir kinetik

main pasir kinetik
tts-group.co.uk

Nggak perlu marah-marah ketika anak mulai rewel. Ajak juga ia main pasir kinetik. Berikan suasana menyenangkan dan seru pada anak saat ia sedang main pasir, sehingga si kecil bisa lebih aktif dan mudah mengeksplor kemampuannya.

Saat si kecil bermain pasir, khususnya dengan metode floor time, Bunda bisa mengajarkan dan melatih kesabaran buah hati. Terlebih lagi saat melakukannya secara rutin, yaitu 30 menit setiap harinya.

Bukan cuma membuat anak menjadi sabar, bermain pasir kinetik juga bisa melatih otot dan perkembangan saraf di jari anak. Hal ini karena ia akan mengangkat pasir, memindahkannya untuk dicetak, hingga mencubit pasir untuk membentuknya sesuai kreasi.

5. Ajak anak menggambar

anak menggambar
projectnursery.com

Bun, jangan larang anak ketika ia mulai ingin mencoret ya! Kalau takut tembok atau meja yang jadi korban, coba deh beri kertas gambar dan pencil atau krayon warna-warni.

Biarkan ia berkreasi di kertas gambar polosnya. Dengan menggambar, maka hal tersebt dapat merangsang perkembangan emosionalnya dan mengekspresikan apa yang ia rasakan. 

Itu dia Bunda, aneka permainan yang bisa mengurangi rewel pada anak. Daripada marah-marah, coba deh terapkan pada si kecil biar ia ceria lagi!

0 Comment