Anak Sulit Memahami Pelajaran di Sekolah, Orang Tua Bisa Lakukan Ini untuk Membantunya

26 November 2019, at 17:00
0
0
Anak Sulit Memahami Pelajaran di Sekolah, Orang Tua Bisa Lakukan Ini untuk Membantunya

Beberapa anak terlahir berbakat dan mudah memahami segala sesuatu hal, bahkan tanpa perlu banyak dijelaskan. Akan tetapi, ada juga anak yang membutuhkan waktu cukup lama hanya untuk memahami persoalan sederhana.

Perbedaan tersebut memang merupakan hal yang wajar. Meskipun demikian, pendidikan anak adalah sesuatu yang penting dan perlu diprioritaskan.

Apabila buah hati merupakan anak yang sulit memahami pelajaran di sekolah, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk membantunya.

1. Kenali Gaya Belajar Anak

gaya belajar anak
eresmama.com

Hal pertama yang perlu orang tua lakukan untuk membantu buah hati agar lebih mudah memahami pelajaran adalah mengenali gaya belajar anak secara tepat.

Pasalnya, anak sulit memahami pelajaran mungkin saja disebabkan oleh metode belajar yang kurang tepat. Berikut ini 3 gaya belajar anak yang perlu diketahui.

macam macam gaya belajar anak
procontent.me
  • Gaya belajar auditori, lebih mudah memahami sesuatu dengan cara mendengarkan.
  • Gaya belajar visual, lebih mudah memahami sesuatu dengan cara melihat.
  • Gaya belajar kinestetik, lebih mudah memahami sesuatu dengan cara melibatkan fisik atau gerakan tubuh.

2. Menarapkan Metode Khusus

metode belajar anak
parenting.firstcry.com

Setelah mengetahui gaya belajar anak, orang tua dapat membuat metode khusus yang sesuai dan menerapkannya untuk membantu si kecil belajar di rumah.

Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga anak nggak merasa tertekan dan lebih mudah memahami pelajaran.

3. Ajak Anak Berdiskusi

membantu anak belajar
liveabout.com

Selain itu, orang tua juga perlu lho mengajak anak berdiskusi untuk mengetahui penyebab buah hati sulit memahami pelajaran di sekolah.

Dari sini, kamu akan tahu apa yang salah. Entah karena si kecil yang kurang bisa fokus, mendapatkan tekanan dari pihak lain seperti teman atau guru, dan lain sebagainya yang membuat konsentrasi belajarnya menurun sehingga sulit memahami pelajaran.

Baca Juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

4. Sabar dan Telaten Mendapingi Anak Belajar

anak sulit memahami pelajaran
gettyimages.com

Beberapa orang tua mungkin akan emosi saat mendampingi anak belajar namun nggak kunjung paham. Padahal, menghadapi buah hati yang seperti ini dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra lho.

Marah kepada si kecil nggak akan mengubah keadaan dan justru memperburuknya. Proses belajar akan menjadi nggak menyenangkan dan materi nggak akan bisa diterima olehnya.

5. Berikan Asupan Nutrisi yang Tepat

asupan gizi anak
shutterstock.com

Untuk membantu anak yang sulit memahami pelajaran di sekolah, orang tua juga perlu memberikan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang.

Makanan yang bergizi akan meningkatkan daya ingat, kecerdasan, konsentrasi, dan lain sebagainya yang mendukung proses belajar si kecil.

6. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

anak tidur
gettyimages.com

Kebanyakan orang tua akan memberikan les tambahan kepada anaknya yang sulit memahami pelajaran di sekolah.

Padahal, orang tua perlu memastikan bahwa buah hati memiliki waktu istirahat yang cukup lho. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan anak termasuk otak.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu anak yang sulit memahami pelajaran di sekolah. Yuk terapkan!

0 Comment